10 Cara Bisnis Online Dari Nol, Minim Modal! - Smartertech

10 Cara Bisnis Online Dari Nol, Minim Modal!

Cara Bisnis Online

Masa iya bisa buka bisnis tanpa mengeluarkan modal? Tentu bisa, berbisnis tidak melulu berbicara modal yang besar, seperti kita harus punya aset, modal uang, dll. Pada zaman yang sudah canggih ini dan perkembangan yang begitu cepat, tentu banyak hal yang bisa kita explore.

Dari rumah sambil rebahan bisa saja menghasilkan bisnis yang mencetak pendapatan untuk Anda. Dengan begini Anda hanya perlu memanfaatkan alat yang Anda miliki, tanpa harus menambah modal lain. Gunakan smartphone, laptop, jaringan internet untuk hal yang bermanfaat. Kunci yang paling penting dalam memulai usaha online ini adalah dengan memiliki kreatifitas yang tinggi. Tidak hanya selalu mengikuti sistem yang sudah ada saja, namun mampu juga membuat inovasi terbaru yang lebih memungkinkan.

BACA JUGA : 5 Kompetisi Game Online Berhadiah Menarik yang Bikin Nagih!

Berikut Cara Bisnis Online Yang Bisa Anda Terapkan Tanpa Harus Mengeluarkan Modal

  1. Menjadi Seorang Dropshipper

Menjadi Seorang Dropshippersumber : freepik

Cara pertama berbisnis online tanpa harus mengeluarkan modal adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Apa itu dropshipper, adalah seorang yang tidak perlu membeli produk, Anda cukup menawarkan produk melalui media sosial, website, atau secara langsung kepada teman, saat ada pembeli Anda tinggal menghubungi pihak supplier untuk mengirimkan barang.

Menjadi seorang dropshipper berbeda dengan menjadi reseller, kalau reseller membeli barang dahulu dan bisa dalam skala besar sehingga mendapat harga lebih murah, beda dengan dropshipper yang datang ke supplier jika ada calon pembeli, dengan seperti ini, margin keuntungan yang didapat dari seorang dropshipper tidak lebih banyak dari seorang  reseller.

  1. Makelar Online

Makelar Onlinesumber : freepik

Makelar online apa itu? Secara singkatnya adalah seorang atau kelompok yang menjual barang orang lain yang telah disepakati kedua belah pihak. Barang yang sering dijual oleh makelar online, yaitu kendaraan bermotor, mobil, kontrakan, rumah atau tanah.

Skema besarnya komisi makelar properti sudah diatur dalam Permendag No 33/2008. Untuk harga properti di diatas Rp 3 miliar mendapatkan komisi 1%, Rp 500 juta – Rp 3 miliar mendapatkan 1,5-2,5% dan dibawah Rp 500 juta mendapatkan komisi 3%.

Contoh saja Anda bisa menjual properti seharga Rp 500 juta maka komisi yang didapatkan sebesar Rp 15 juta. Tentu saja ini ketentuan yang diatur, tetapi bisa saja Anda membuat kesepakatan kepada pemilik aset atas komisi, sehingga harga yang ditawarkan kepada calon pembeli bisa lebih cocok.

  1. Menjadi Blogger

Menjadi Bloggersumber : freepik

Sekarang ini mungkin sudah banyak yang mengetahui apa itu Blogger. Menjadi Blogger ternyata bisa mencetak uang dalam jumlah yang tidak sedikit, hanya bermodalkan aset yang telah Anda miliki, hanya menggunakan smartphone atau laptop, jaringan internet, dan hosting.

Hosting adalah sebuah layanan online yang digunakan untuk mengelola data situs atau aplikasi web oleh pengguna dan ditampilkan melalui via internet. Anda bisa memanfaatkannya dengan cara membuat website yang ramai pengunjung. Anda bisa melakukan monetize paling mudah dengan mendaftarkan program PPC dari Google AdSense.

Selain AdSense Anda juga bisa melakukan penjualan barang atau jasa melalui website yang sudah dibuat, jangan lupakan teknik SEO untuk mengoptimalkan website pada mesin pencarian Google.

  1. Youtuber

Menjadi Youtubersumber : freepik

Siapa yang tidak tahu youtube, menurut laporan Digital 2021, sebanyak 93.8% dari 170 juta internet user Indonesia adalah pengguna youtube. Tidak hanya masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Dengan begitu, banyak sekali jalan yang bisa dimonetisasi dari jumlah penonton sebesar itu, mulai dari Google Adsense, bahkan sponsor produk. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk menghasilkan video, tetapi manfaatkan smartphone Anda.

  1. Content Writer

Content Writersumber : freepik

Kalau kamu hobi menulis, selain menjadi Blogger cobalah dengan membuka jasa layanan penulisan artikel secara online.

Cukup dengan modal laptop dan koneksi internet saja Anda sudah bisa memulai kerja dari rumah tanpa modal. Untuk menawarkan jasa tulisan yang Anda buat cobalah mendaftar di freelancer.co.id, fastwork.id, sribulancer.com, projects.co.id, fiverr.com dan masih banyak lagi.

  1. Designer

Menjadi Designersumber : freepik

Selain jasa tulis yang bisa Anda tawarkan, Anda juga bisa menawarkan keahlian desain. Ada berbagai kategori desain yang bisa menjadi peluang seperti jasa desain logo, jasa desain kartu nama, jasa desain undangan, jasa desain produk, jasa desain banner, jasa desain poster, jasa desain brosur, jasa desain sertifikat, jasa desain arsitek, jasa desain merchandise dan masih banyak lagi. Tinggal Anda membuat promosi dan portofolio yang menarik minat para client.

  1. Menjadi Seorang Translator

Menjadi Seorang Translatorsumber : freepik

Untuk bisa bekerja dari rumah menjadi seorang translator, setidaknya Anda perlu menguasai satu bahasa.

Pastikan memiliki ketertarikan dengan membaca dan memiliki kemampuan menulis yang mumpuni.

Selanjutnya Anda tinggal membuat portfolio skill penerjemah bahasa asing. Agar mudah ditemukan oleh para klien cobalah bergabung dengan website pencarian kerja online seperti freelancer.com, fiverr.com dan sejenisnya.

  1. Menjual Foto Online

Menjual Foto Onlinesumber : freepik

Anda suka motret? Jadikan hobi sebagai pendapatan Anda, jual foto hasil memotret Anda di internet. Sekarang ini dengan suksesnya media sosial, pelaku usaha sudah mengembangkan bisnisnya melalui online, dan tidak sedikit perusahaan yang menggunakan jasa online untuk mendapat sebuah content.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan hobi motret menjadi pendapatan. Sudah banyak platform online yang bisa menjadi tempat Anda menjual stok hasil motret Anda, seperti Shutterstock.com, Adobestock.com, iStockphoto.com, dan masih banyak lagi.

  1. Menjadi Seorang Konsultan

Menjadi Seorang Konsultansumber : freepik

Buka jasa konsultan online saja, misalnya kamu seorang arsitek, kamu bisa membuka jasa konsultasi terkait desain eksterior sebuah hunian.

Contoh lainnya, misalnya kamu pakar SEO, kamu bisa membagikan ilmu yang kamu miliki ke perusahaan-perusahaan yang baru merintis dan ingin meningkatkan brand mereka di dunia maya. Modal untuk membuka bisnis konsultan ini tidak mahal kok, cuma butuh laptop dan jaringan internet saja. Terus gimana cara promosinya?

Promosikan keahlian Anda di media sosial, dan jangan lupa cantumkan portfolio klien-klien yang sukses Anda berikan arahan. Untuk dunia profesional ini, Anda bisa mencantumkan daftar kesuksesanmu itu di LinkedIn.

  1. Menjadi Joki Game

Menjadi Joki Gamesumber : freepik

Perkembangan zaman memang begitu pesat, ada saja profesi baru yang bisa menghasilkan pendapatan padahal dahulu dipandang sebelah mata, seperti menjadi ahli di sebuah game. Hari ini sudah cukup banyak permainan yang dibuatkan kompetisi bahkan sampai menjadi kompetisi tingkat internasional, seperti di ASIAN Games 2018 kemarin, adanya E-Sport.

Dengan begitu, banyak orang atau gamers yang ingin profil gamenya menjadi kuat dan bisa dipamerkan, peran menjadi joki dalam sebuah game bisa memanfaatkan ini. Anda bisa mematok harga untuk setiap akun yang ingin Anda joki-kan, selain itu Anda juga bisa memasarkan hasil Anda melalui media sosial. Hanya cukup dengan smartphone, semua bisa Anda lakukan.

Itulah cara bisnis online yang dapat Anda terapkan tanpa harus keluar modal. Pada masa seperti sekarang ini kita dituntut tidak hanya cepat tapi juga kreatif. Setelah membaca artikel ini semoga menjadi bahan referensi Anda untuk memulai bisnis dan pendapatan lebih ya!

Leave a Reply