10 Ide Bisnis Waralaba Modal Kecil Paling Menguntungkan - Smartertech

10 Ide Bisnis Waralaba Modal Kecil Paling Menguntungkan

Bisnis Waralaba

Pada era sekarang, menjalankan bisnis sendiri banyak diminati orang, termasuk bisnis waralaba. Bisnis waralaba sendiri merupakan bentuk usaha yang memberikan lisensi kepada pihak lain untuk menggunakan atau memanfaatkan hak kekayaan intelektual suatu produk. Sederhananya, waralaba merupakan bentuk usaha yang dijalankan orang dengan membeli lisensi tersebut dari si pemegang merek, sehingga bisa menjalankan bisnis dengan sistem yang sudah tersedia. Jenis bisnis seperti ini memang terbilang mudah, karena pemodal tidak perlu memikirkan nama produk.

Para pemodal tinggal membayar ke pemilik waralaba untuk mendapatkan hak usaha. Hak usaha yang dibayarkan pemodal ke pemilik bisnis waralaba ini bermacam-macam, termasuk biaya pengadaan bahan baku, peralatan pendukung, hingga biaya royalti. Karena sudah banyak waralaba yang ada di Indonesia, pemilik waralaba biasanya menawarkan usaha seperti ini dengan harga bermacam-macam.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Aplikasi Pinjam Uang Resmi & Tanpa Jaminan

Banyak orang ingin memulai bisnis waralaba, namun seringkali ragu karena terkendala modal. Memang ada bisnis waralaba dengan modal awal yang terbilang fantastis hingga miliaran rupiah, namun juga tidak sedikit berbagai ide bisnis waralaba dengan modal yang relatif kecil dengan keuntungan besar.

Contoh Ide Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil

1. Ayam Geprek

Salah satu contoh bisnis yang modalnya kecil namun menguntungkan adalah ayam geprek. Olahan ayam satu ini cukup bertahan lama dalam daftar favorit masyarakat Indonesia. Ayam dengan baluran tepung crispy disajikan dengan olahan sambal khas geprek menjadi salah satu alternatif bisnis waralaba yang bisa kamu pilih. Contoh: dari sekian banyak waralaba ayam geprek yang ada di Indonesia, Geprek Bensu merupakan salah satu waralaba ayam geprek yang sudah ada di mana-mana. Dalam menjalankan usaha ayam geprek ini, biasanya ada dua sistem yang diterapkan yaitu kerja sama bagi hasil dan murni waralaba. Jika kamu ingin menjalankan waralaba ayam geprek, kamu bisa memilih nama usaha dalam kelas menengah untuk modal yang relatif kecil.

2. Minuman Boba

Minuman boba dengan berbagai varian rasa merupakan salah satu bisnis waralaba dari banyaknya minuman kekinian yang digandrungi anak muda. Contoh: HAUS, Xing Fu Tang, dan lainnya. Bisnis yang satu ini juga menjadi incaran banyak orang karena rasanya yang nikmat serta dapat meredakan dahaga. Tipe booth menjadi yang paling murah jika ingin membuka bisnis minuman boba Dengan ukuran 4-6 meter serta mencakup 15 jenis minuman ini diberi harga investment sebesar Rp. 70.000.000. Kamu bisa memilih lokasi yang strategis untuk mendirikan bisnis waralaba ini. 

3. Seblak

Makanan khas Jawa Barat yang berbahan aci ini umumnya diberi topping yang bermacam-macam dan dengan rasa pedas yang beragam pula tingkatannya. Awalnya usaha seblak ini hanya tersedia di Jawa Barat saja, namun seblak sekarang sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha seblak ini juga terbilang kecil, yaitu mulai dari Rp. 2.000.000 sampai Rp. 4.000.000. Lokasi dekat kampus atau perkantoran bisa kamu pilih untuk bisnis waralaba seblak.

4. Minuman Sari Tebu

Siapa yang pernah lihat angkringan penjual es sari tebu di pinggir jalanan raya? Pasti pemandangan seperti tidak jarang kita temukan. Bisnis waralaba sari tebu bisa jadi salah satu rekomendasi kamu lho! Salah satu hal yang membuat usaha ini bisa naik daun adalah pengolahan tebu yang langsung diolah di tempat kemudian digiling dengan mesin khusus. Biasanya untuk satu cup minuman sari tebu ini berada di kisaran Rp. 5.000. Harga tersebut bisa dibilang sangat murah untuk sebuah minuman. Kamu juga tidak butuh outlet luas, sepetak tempat bisa cukup untuk berjualan es sari tebu ini.

5. Kebab

Outlet kebab seringkali kita temukan di pinggir jalan, di dalam mall, maupun di depan swalayan. Tidak hanya makanan khas Indonesia saja yang digemari masyarakat, kebab yang merupakan makanan khas Timur Tengah ini juga digemari masyarakat dan bisa dijadikan bisnis waralaba loh. Roti yang diberi isian daging dan sayuran ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Contoh franchise kebab yang ada di Indonesia adalah Kebab Baba Rafi. Mulai dari harga Rp. 3.000.000, para pebisnis bisa menjalankan usaha franchise kebab. Kamu juga bisa memilih nama usaha waralaba kebab lain yang sesuai dengan modal kamu tentunya.

6. Kedai Kopi

Kedai kopi seolah menjadi primadona bisnis waralaba di Indonesia. Menjadi minuman yang disukai berbagai kalangan membuat kedai kopi sendiri menjadi sebuah bisnis waralaba yang cukup menjanjikan. Bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Surabaya, dan lain-lain bisa ditemui kedai kopi susu di tiap-tiap wilayah. Dari modal miliaran hingga jutaan rupiah bisa kamu pilih sebagai bisnis waralaba yang kamu jalankan.

7. Air Isi Ulang

Siapa yang tidak membutuhkan air setiap harinya? Usaha air isi ulang juga menjadi salah satu franchise yang dicari banyak orang. Mengingat kebutuhan air minum yang dirasa menyehatkan bagi tubuh ini membuat orang berlomba-lomba untuk membuka bisnis waralaba air isi ulang. Bahkan kamu bisa membuka bisnis ini di perkampungan warga maupun di kota besar.

8. Pertamini

Tidak hanya usaha air isi ulang saja yang digeluti banyak orang, pertamini atau yang juga bisa disebut dengan pom mini ini juga diminati. Karena jauhnya perkampungan dari pom bensin membuat usaha pertamini bisa menguntungkan warga sekitar.

9. Crepes dan Waffle

Cemilan kesukaan anak-anak maupun dewasa seperti crepes dan waffle bisa jadi ide bisnis waralaba kamu lho! Usaha waralaba semacam ini biasanya berlokasi di mall. Mengingat populernya makanan ini di Indonesia, tak heran jika sudah banyak brand yang sukses mengembangkan bisnis ini dengan sistem waralaba. Mungkin dengan nama usaha yang sudah besar akan membutuhkan modal yang besar pula, belum lagi lokasi seperti di pusat perbelanjaan akan menambah biaya operasional kamu. Nama usaha berkembang dengan lokasi di pemukiman warga bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin menjalankan bisnis waralaba ini.

10. Es Krim

Tentu kalian sering melihat freezer box es krim berbagai brand di toko atau pusat perbelanjaan. Usaha es krim ini cukup menguntungkan karena minat masyarakat yang tinggi terhadap es krim. Es krim bisa meredakan rasa haus saat cuaca panas. Bisa juga dijadikan camilan ringan saat waktu luang. Kamu bisa mencari beberapa nama besar yang memang menjual waralabanya untuk bisa menjadi bisnis potensial-mu

Itulah 10 ide bisnis waralaba yang bisa Anda coba. Dari ulasan diatas, kiranya bisa Anda jadikan referensi untuk mencari pendapatan sampingan ataupun untuk mulai membangun pasif income!

1 Comment
Leave a Reply