10 Ide Usaha Kuliner Rumahan dengan Modal Minim - Smartertech

10 Ide Usaha Kuliner Rumahan dengan Modal Minim

Usaha Kuliner Rumahan

Usaha kuliner rumahan adalah salah satu bisnis skala rumah yang cukup sering kita jumpai. Contohnya bisa kita lihat pada warung makan atau jajanan yang menggunakan rumahnya sebagai usaha kuliner. Jika dilihat dari konsumennya, usaha kuliner rumahan ini cukup menjanjikan dari segi hasilnya.

Ditambah lagi, usaha kuliner rumahan di Indonesia sangat beragam dengan variasi harga yang berbeda-beda.

Ide Usaha Kuliner Rumahan dengan Modal yang Minim

BACA JUGA : Pentingnya Jurnal Manajeman Keuangan dalam Perusahaan

1. Gorengan

Kuliner satu ini sangat sering kita jumpai di Indonesia baik dalam warung maupun di pinggir jalan. Usaha ini tidak perlu keahlian khusus maupun modal besar yang perlu Anda lakukan adalah menjual makanan ringan yang banyak diminati masyarakat.

Untuk menjual gorengan, Anda butuh variasi makanan, rasa hingga cara penyajian agar bisa menambah nilai jual. Ditambah lagi, pastikan harga yang diberikan sangat relevan dengan lainnya agar usaha ini bisa laku terjual.

2. Kedai Kopi

Kopi merupakan minuman yang sangat difavoritkan masyarakat Indonesia. Hal itu bisa terlihat dengan banyaknya variasi kopi yang dijual baik dalam bentuk sachet maupun sekelas cafe. Untuk kedai kopi sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan modal kecil seperti pada penjual angkringan.

Pada jenis angkringan, tentu modal yang dibutuhkan tidaklah besar namun dari sisi prospeknya sangat menjanjikan. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau saat ini banyak kedai kopi angkringan yang tumbuh subur di Indonesia.

3. Minuman dingin

Minuman dingin termasuk usaha kuliner rumahan yang banyak disukai orang, khususnya anak-anak dan remaja. Usaha seperti ini sangat cocok dilakukan pada siang hari, daerah yang panas, sepanjang jalan, atau bahkan di taman. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk membuat minuman dingin tidak begitu tinggi sehingga memiliki prospek yang cerah.

4. Minuman Jus

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, minuman jus juga termasuk salah satu minuman yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa daerah menyediakan minuman jus dengan rasa yang bermacam-macam sehingga peluang menggaet konsumen sangat tinggi.

Untuk membuka usaha minuman jus ini, lebih lebih efektif antara siang hingga sore hari karena pada saat malam hari tiba, konsumen jus cenderung jarang ada.

5. Bubur Kacang Hijau

Kuliner satu ini juga termasuk usaha yang menjadi favorit dan banyak pelanggan di Indonesia. Apalagi bubur kacang hijau saat ini sudah banyak variasinya sehingga peluang mendapatkan konsumen sangat besar.

Untuk membuat bubur kacang hijau juga cukup mudah tinggal seperti apa variasi yang sekiranya diminati oleh calon konsumen.

6. Roti bakar

Saat malam hari tiba, biasanya kita bisa menemukan penjual roti bakar dengan beraneka ragam rasa. Bisnis yang satu ini bisa dijalankan hanya dengan modal kecil dan lokasinya bisa dilakukan di rumah, pinggir jalan, kedai, atau tempat keramaian lainnya.

Tidak  jauh berbeda dengan poin sebelumnya, bahwa  roti bakar memiliki banyak variasi rasa sehingga bisa mendatangkan calon konsumen dengan mudah.

7. Martabak

Selain roti bakar, martabak juga salah satu kuliner yang laku di Indonesia, khususnya pada malam hari. Martabak sendiri biasanya ada beragam jenis, yakni martabak telur, martabak manis, hingga martabak mini yang bisa dilakukan inovasi rasa berbeda.

Masih sama dengan roti bakar, pembuatan martabak bisa dikatakan memiliki prospek tinggi dan dapat dijual dengan mudah di tempat keramaian hingga rumah sendiri.

8. Singkong Keju

Jenis usaha yang satu ini cukup jarang ditemukan jika dibandingkan dengan gorengan sebelumnya. Meskipun begitu, pelanggan singkong keju bisa dikatakan cukup banyak dan bisa dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan. Apalagi bahan pembuatannya sangat mudah dan sederhana.

Anda tinggal berikan saja variasi rasa untuk singkong keju seperti singkong keju pedas, keju cokelat, atau berbagai variasi rasa lainnya.

9. Jenis makanan pedas

Warga Indonesia rata-rata sangat suka dengan makanan pedas sehingga tidak mengherankan kalau usaha kuliner rumahan cukup banyak yang menggunakan bumbu pedas. Hal tersebut bisa menjadi peluang usaha lainnya dengan modal yang sangat minim.

Contohnya bisa dengan keripik pedas, bakso pedas, dan berbagai kuliner pedas lainnya. Meskipun secara persaingan lebih banyak, namun Anda bisa memberikan perbedaan dengan inovasi menarik sehingga pelanggan mau membelinya.

10. Sosis bakar atau Bakso Bakar

Ide usaha kuliner lainnya yang bisa Anda coba adalah sosis bakar maupun bakso bakar. Kedua makanan ini juga cukup laku keras dan bisa Anda temukan di pinggir jalan, tempat keramaian, hingga beberapa rumahan.

Karena persaingannya yang cukup banyak, tidak jarang ada beberapa sosis dan bakso bakar yang memiliki varian rasa seperti rasa pedas asin, atau variasi lainnya. Ditambah lagi secara modal pun tidak begitu besar sehingga bisa Anda jajakan dengan mudah dengan keuntungan besar.

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa ide usaha kuliner rumahan saat ini sangat mudah. Cobalah Anda cari mana usaha yang sekiranya mampu dilakukan dan tentunya jagalah konsistensi agar bisa mendapatkan pelanggan setia.

Leave a Reply