10 Invoice Online Gratis Untuk Freelancer - Smartertech

10 Invoice Online Gratis Untuk Freelancer

Invoice Online

Dalam dunia freelancing mencari sebuah proyek adalah kewajiban untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Tanpa ada proyek, freelancer atau bisa juga disebut tenaga lepas pasti sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Walaupun tenaga lepas sesekali bisa mendapat proyek dengan angka yang terbilang besar, tidak sedikit klien juga yang terlambat membayarkan jasa dari tenaga lepas ini.

Salah satu cara untuk meminimalisir keterlambatan bayar adalah dengan menerapkan penggunaan invoice. Invoice secara tidak langsung bisa menjadi dokumen “pengingat” bagi klien-klien yang semacam ini. Yap, dengan adanya invoice, membuat Anda sebagai freelance menjadi lebih mudah meminta hak atas jasa Anda. 

Akan tetapi dalam dunia freelancing, tidak jarang seorang freelancer menemukan kendala, baik dalam membuat sebuah invoice, ataupun bahkan banyak juga yang enggan untuk mengurus/mendalami perihal sistem administrasi. Oleh karena itu era teknologi bisa menjadi solusi bagi permasalahan diatas. Banyak situs-situs yang bisa digunakan untuk membuat sebuah invoice secara online.

Berikut 10 Situs Untuk Membuat Invoice Secara Online dan Gratis

1. Invoice Simple

Invoice online gratis yang pertama, Anda bisa mencoba menggunakan Invoice Simple. Dari namanya saja sudah terlihat mudah, ya memang mudah sekali untuk membuat invoice dengan aplikasi web yang satu ini.

Cara membuat invoice online di Invoice Simple Anda hanya perlu mengisi informasi yang dibutuhkan di kolom yang telah disediakan seperti informasi tentang Anda sebagai freelancer yang menagih pembayaran, meng-upload logo, mengisi informasi klien yang tertagih, hingga mengisi detail proyek yang telah Anda kerjakan beserta harganya.

2. Invoice Generator

Invoice Generator tidak berbeda jauh dengan aplikasi web pembuat invoice yang lainnya. Anda bisa langsung membuat invoice di browser Anda dengan mengisi beberapa kolom yang dibutuhkan saja, tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu, dan bisa langsung Anda download dalam bentuk PDF. Dalam hal invoice online, Invoice Generator bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling senior dan populer bagi freelancer di seluruh dunia.

3. Invoice Maker

Cara membuat invoice online lewat Invoice Maker terbilang sederhana dan mudah. Anda hanya perlu memasukkan informasi di kolom yang telah disediakan. Selain itu, Anda bisa memilih template tertentu yang cocok untuk Anda, terjemahan, hingga kebutuhan lainnya. Invoice online gratis yang satu ini juga bisa Anda integrasikan dengan berbagai metode pembayaran seperti Paypal, kartu kredit, Stripe, eWay, 2CheckOut, hingga Authorize.Net. Anda juga bisa mengunduh invoice yang telah Anda buat ke dalam bentuk PDF dan mengirimkannya ke klien lewat email.

4. AND.CO Invoice Generator

AND.CO adalah aplikasi online dari Fiverr yang digunakan khusus untuk freelancer. Dengan AND.CO Invoice Generator, Anda bisa membentuk invoice langsung secara online tanpa perlu mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu. Layout yang diberikan juga sangat minimalis dan tentunya terlihat profesional di mata klien. Fitur lain yang ditawarkan oleh AND.CO Invoice Generator, antara lain membuat invoice online gratis tanpa batasan jumlah, sehingga Anda bisa terus menggunakan AND.CO untuk membuat invoice online tanpa perlu membayar, fitur lainnya dapat men-download invoice dalam bentuk PDF untuk dikirimkan ke klien.

5. Invoice Quick

Invoice Quick memungkinkan Anda untuk membuat invoice online secara gratis hanya dalam hitungan menit saja. Tampilan dari user interface yang minimalis membuat Anda dengan mudah bisa langsung membuat invoice. Hanya mengisi kolom yang telah disediakan. Fitur gratisnya juga memungkinkan Anda untuk memonitor detail transaksi, informasi tentang klien, hingga data pemasukan Anda.

6. Wave Financial

Wave Financial menyediakan fitur untuk membuat invoice gratis secara online, tetapi tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengurus berbagai macam hal yang berkaitan dengan profesi Anda sebagai seorang freelancer maupun pemilik bisnis UKM. Mulai dari mencatat daftar klien yang pernah bekerja sama dengan Anda, pembukuan, mengumpulkan bukti pembayaran, hingga tentu saja membuat invoice dan mengirimkannya ke klien, dengan Wave Apps Financial, Anda bisa melakukan semuanya dalam satu tempat. Yang membuatnya semakin menarik adalah karena Anda bisa memanfaatkan semua fiturnya secara gratis, 100% gratis!

7. Duet Invoicing APP

Duet menyediakan berbagai tool yang bisa memenuhi kebutuhan harian freelancer, mulai dari project management, accounting, hingga tentu saja invoicing. Duet bisa Anda download dan install di server sendiri, sehingga Anda bisa punya aplikasi web independen di server/website sendiri dan mengelolanya sesuka Anda. Meski pada dasarnya berbayar, namun aplikasi web pembuat invoice di Duet tersedia secara gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja.

8. Slim Voice

Slim Voice menyediakan fitur pembuatan invoicing yang cukup sederhana dengan tampilan yang minimalis. Lewat aplikasi ini, Anda bisa membuat, mengelola, hingga mengirimkan invoice dalam jumlah yang tak terbatas langsung dari satu tempat. Bila Anda lebih suka mengirimkan invoice ke klien secara manual lewat email, Anda juga bisa mengunduh invoice buatan Anda dalam bentuk PDF.

9. ZOHO : Invoice Generator

ZOHO pada dasarnya merupakan perusahaan penyedia berbagai aplikasi web yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM online hingga freelancer, mulai dari email bisnis, pembukuan, project management, CRM, akuntansi, hingga invoice. Meski fitur-fitur yang ada umumnya berbayar lewat skema berlangganan, tapi Anda bisa membuat invoice online gratis dengan Zoho Invoice Generator. Dengannya, Anda bisa menyimpan invoice tersebut di dalam akun ZOHO Anda agar mudah dimonitor di kemudian hari, mencetak, hingga mengunduhnya dalam bentuk PDF.

10. Odoo

Untuk yang terakhir, ada yang namanya Odoo, aplikasi web ini juga memungkinkan Anda untuk membuat invoice atau faktur secara online dan tentunya gratis. Tetapi gratis dari Odoo terbatas, ketika Anda telah membuat invoice beberapa kali. Odoo akan memberikan versi full nya untuk Anda subscribe, tetapi Anda tetap bisa memaksimalkan membuat invoice secara gratis di Odoo.

Demikianlah beberapa rekomendasi situs-situs yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah dalam pembuatan invoice secara online dan gratis. Selamat mencoba! Pastikan jasa yang telah Anda keluarkan terbayar tepat waktu oleh klien-klien ya!.

1 Comment
Leave a Reply