10 Keuntungan Menggunakan Program Stok Barang dan Cara Memanfaatkannya - Smartertech

10 Keuntungan Menggunakan Program Stok Barang dan Cara Memanfaatkannya

Program Stok Barang

Stok Barang Cara paling sederhana dalam mengelola stok adalah dengan membuat pencatatan. Dengan Program Stok Barang hal detail pencatatan yang dilakukan pun berbeda-beda kategori maupun jumlahnya—misal kode barang, tanggal masuk, harga modal, harga jual, dan kuantitas. Tentunya, hal sesederhana ini saja membutuhkan kejelian yang tinggi agar tidak sampai salah dan menimbulkan isu di kemudian hari.

Bagi para pengusaha, mengelola stok barang harus dilakukan dengan hati-hati, sebab, jika ada satu kesalahan dalam pengecekan stok barang, bisa memberikan kesulitan dalam menjaga anggaran bisnis secara efisien. Walaupun terlihat mudah, namun pengecekan harus mencapai hasil yang benar dan juga sangat detail.

Untungnya saat ini kita sudah memasuki era digital yang salah satunya muncul aplikasi stok barang seperti yang dilakukan perusahaan ESB. Untuk Anda yang belum tahu, ESB merupakan sebuah perusahaan penyedia software dengan ekosistem yang dibuat khusus pada industri F&B (Food & Beverage). Di dalamnya banyak fungsi yang tidak terdapat pada penyedia software manapun, termasuk software stok barang. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan kunjungi website ESB.

Keuntungan Menggunakan Software Pengontrol Stok Barang dan Cara Memanfaatkannya

BACA JUGA : Pentingnya Memiliki Manajemen Operasional Yang Baik Dalam Bisnis Restoran

1. Program Stok Barang Terbukti Dapat Meningkatkan Produktivitas Pada Bisnis Anda

Bagi sebuah perusahaan F&B, stok barang merupakan aset yang tak ternilai. Menjaga stok suatu barang sama halnya dengan menjaga uang Anda pada nilai inventory. Maka dari itu, keberadaan program stok barang bisa meningkatkan produktivitas bisnis, khususnya dari sisi efisiensinya.

2. Dapat Membantu Efektivitas Produk Agar Dapat Terjual Lebih Cepat

Pada program stok barang memiliki sistem analisis dan laporan yang sederhana sehingga pebisnis bisa mengetahui barang mana yang bisa dijual dengan cepat meskipun sama dalam sistem penjualannya. Hal tersebut bisa membantu pebisnis membuat keputusan pembelian yang lebih efektif untuk jangka panjang. Bahkan, para pebisnis pun bisa melakukan prediksi tren yang akan dihadapi pada tahapan selanjutnya.

3. Program Stok Barang Menghemat Waktu dengan Program Stok Barang

Keberadaan program stok barang juga bisa menghemat waktu para pebisnis sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan juga efisiensi sambil tetap berfokus memaksimalkan perkembangan bisnisnya. Dengan begitu, para pebisnis dapat mengelola stok barang, memproses, mengirim pesanan, mencetak label pengiriman dan juga membuat hingga memperbaharui daftar hanya dalam satu perangkat saja.

4. Program Stok Barang Dapat mengurangi biaya operasional

Perlu Anda ketahui kontrol pada inventaris cukup penting apabila Anda ingin mengurangi biaya penyimpanan stok. Hal itu karena stok barang membutuhkan tempat penyimpanan dan biayanya tidaklah sedikit. Itu pun belum termasuk faktor lainnya seperti biaya penyimpanan, asuransi, atau pajak yang berpotensi memakan biaya lagi.

Program stok barang bisa memenuhi tugas secara akurat dan efisien seperti mengelola stok barang hingga memperbaharui stoknya. Dengan begitu, pebisnis dapat mengurangi biaya keseluruhan dan bisa memaksimalkan tingkat profitabilitas suatu perusahaan.

5. Program Stok Barang Memudahkan Sistem Operasional Perusahaan

Keberadaan program stok barang dapat memberikan kemudahan dalam sistem operasional suatu perusahaan. Misalnya pada program stok barang memiliki fungsi pengaturan pengguna sehingga pebisnis dapat membuat akun setiap staf di perusahaan dengan departemen berbeda-beda.

Apalagi dalam program stok barang mempunyai fungsi tasks and notes sehingga memberikan kesempatan adanya kolaborasi setiap anggota tim. Jadi, para staf bisa berbagi informasi dengan lancar pada pelanggan, supplier, dan lainnya dengan sangat cepat. Hal tersebut membuat tim operasional bisa membuat pengiriman dan pengemasan barang jauh lebih mudah dan sesuai dengan kuantitas.

6. Pencatatan Data Transaksi Bisa Dilakukan Secara Otomatis

Keberadaan program stok barang bisa melakukan pencatatan data transaksi secara otomatis. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi memasukan data secara manual yang sangat rumit dan memakan banyak waktu.

Ditambah lagi, program stok barang saat ini mempunyai fitur kirim data melalui email sehingga pebisnis dapat mengetahui datanya meskipun sedang bepergian.

7. Memiliki Fitur Kemungkinan Adanya Overselling

Pada Program stok barang memiliki fitur menarik agar level stok bisa disesuaikan saat terjadi penjualan. Lalu, datanya secara otomatis akan terjadi sinkronisasi pada semua jalur penjualan seperti toko online, situs, dan sejenisnya. Hal ini dilakukan agar mengurangi adanya overselling.

8. Dapat Memegang Kendali Terhadap Kuantitas Persediaan Barang

Program stok barang bisa melacak tingkat persediaan yang rendah dan juga mengatur pemesanan ulang secara otomatis pada setiap produk. Dengan begitu, bisa mengurangi adanya resiko pemesanan stok yang lebih banyak dari target seharusnya.

9. Memberikan Solusi Terbaik Dalam Bisnis F&B

Seperti yang sudah disebutkan bahwa program stok barang sangat lengkap untuk menjawab kebutuhan pebisnis, khususnya jenis F&B. Mulai dari manajemen pengiriman, pencatatan, pemesanan, hingga yang sangat khusus dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui program stok barang.

10. Memberikan Kepuasan pada Pelanggan

Keuntungan yang terakhir saat menggunakan program stok barang adalah memberikan kepuasan pada pelanggan. Selain meringankan beban pada perusahaan, tentunya program stok barang bisa memuaskan pelanggan karena barang yang dibutuhkan masih ada.

Apalagi waktu untuk memproses pemesanan dan pengiriman barang bisa lebih cepat dengan adanya program stok barang.

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa program stok barang memberikan banyak manfaat bagi pemilik toko dan juga konsumen. Oleh sebab itu, tidak perlu meragukan kelebihan program stok barang seperti yang ada dalam ESB. Anda juga tidak perlu khawatir karena biaya instalasi hingga cara menggunakan program stok barang milik ESB. Sebab, biaya langganan ESB sangat terjangkau dan para pebisnis akan langsung diajarkan oleh ahlinya. Yuk segera pasang program stok barang ESB di toko Anda!

1 Comment
Leave a Reply