10 Peluang Usaha Makanan yang Cocok Untuk Millennials - Smartertech

10 Peluang Usaha Makanan yang Cocok Untuk Millennials

Peluang Usaha Makanan

Pada era sekarang, menjalankan bisnis sendiri diminati banyak orang, termasuk generasi millenials. Keinginan mandiri secara finansial menjadi motivasi para anak muda untuk memulai bisnisnya sendiri. Salah satu bisnis yang banyak digeluti adalah usaha makanan. Banyak millenials yang ingin memulai usaha makanan,  namun seringkali ragu karena terkendala modal yang cukup besar. Memang ada bisnis makanan dengan modal awal yang terbilang fantastis hingga miliaran rupiah, namun juga tidak sedikit berbagai ide bisnis makanan dengan modal yang relatif kecil dengan keuntungan besar.

Berikut Beberapa Contoh Bisnis Makanan yang Berpeluang Untuk Anda Jalankan

1. Ayam Geprek

Salah satu contoh bisnis yang modalnya kecil namun menguntungkan adalah ayam geprek. Olahan ayam satu ini cukup bertahan lama dalam daftar favorit masyarakat Indonesia. Ayam dengan taburan tepung crispy disajikan dengan olahan sambal khas geprek menjadi salah satu alternatif bisnis waralaba yang bisa Anda pilih. Contoh: dari sekian banyak waralaba ayam geprek yang ada di Indonesia, Geprek Bensu merupakan salah satu waralaba ayam geprek yang sudah ada di mana-mana. Dalam menjalankan usaha ayam geprek ini, biasanya ada dua sistem yang diterapkan yaitu kerja sama bagi hasil dan murni waralaba. Jika Anda ingin menjalankan waralaba ayam geprek, Anda bisa memilih nama usaha dalam kelas menengah untuk modal yang relatif kecil. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini dengan menyewa tempat, bisa mencapai Rp22.000.000.

2. Seblak

Makanan khas Jawa Barat yang berbahan aci ini umumnya diberi topping yang bermacam-macam dan dengan rasa pedas yang beragam pula tingkatannya. Awalnya usaha seblak ini hanya tersedia di Jawa Barat saja, namun seblak sekarang sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha seblak ini juga terbilang kecil, yaitu mulai dari Rp2.000.000 sampai Rp4.000.000. Lokasi dekat kampus atau perkantoran bisa Anda pilih untuk bisnis waralaba seblak.

3. Kebab

Outlet kebab seringkali kita temukan di pinggir jalan, di dalam mall, maupun di depan swalayan. Tidak hanya makanan khas Indonesia saja yang digemari masyarakat, kebab yang merupakan makanan khas Timur Tengah ini juga digemari masyarakat dan bisa dijadikan bisnis waralaba loh. Roti yang diberi isian daging dan sayuran ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Contoh franchise kebab yang ada di Indonesia adalah Kebab Baba Rafi. Mulai dari harga Rp3.000.000, para pebisnis bisa menjalankan usaha franchise kebab. Anda juga bisa memilih nama usaha waralaba kebab lain yang sesuai dengan modal Anda tentunya.

4. Tahu Jeletot

Variasi tahu satu ini berhasil menggemparkan penduduk Indonesia, tidak hanya gurih, isi dari tahu ini yang membuat dicintai masyarakat luas, ya betul, pedas. Peluang usaha satu ini begitu bagus, karena sebagian besar masyarakat Indonesia mencintai cita rasa pedas, selain itu membuka usaha ini tidak butuh modal yang cukup besar, Anda cukup menyiapkan adonan untuk tahu dan cabai, selain itu Anda juga bisa membuat variasi jualan dengan ala ala kontainer kecil. Jika dihitung Anda butuh modal sekitar Rp8.000.000.

5. Crepes dan Waffle

Cemilan kesukaan anak-anak maupun dewasa seperti crepes dan waffle bisa jadi ide bisnis waralaba Anda lho! Usaha waralaba semacam ini biasanya berlokasi di mall. Mengingat populernya makanan ini di Indonesia, tak heran jika sudah banyak brand yang sukses mengembangkan bisnis ini dengan sistem waralaba. Mungkin dengan nama usaha yang sudah besar akan membutuhkan modal yang besar pula, belum lagi lokasi seperti di pusat perbelanjaan akan menambah biaya operasional Anda. Nama usaha berkembang dengan lokasi di pemukiman warga bisa jadi alternatif buat Anda yang ingin menjalankan bisnis waralaba ini. Modal untuk membuat usaha ini sekitar Rp10.000.000.

6. Es Krim

Tentu kalian sering melihat freezer box es krim berbagai brand di toko atau pusat perbelanjaan. Usaha es krim ini cukup menguntungkan karena minat masyarakat yang tinggi terhadap es krim. Es krim bisa meredakan rasa haus saat cuaca panas. Bisa juga dijadikan camilan ringan saat waktu luang. Anda bisa mencari beberapa nama besar yang memang menjual waralabanya untuk bisa menjadi bisnis potensial Anda. Modal untuk membuka usaha es krim mencapai Rp15.000.000.

7. Makanan Sehat

Sudah waktunya generasi milenial menjadi pioner dalam aksi hidup sehat, salah satunya dengan menjual makanan-makanan sehat. Saat ini, tren hidup sehat sudah banyak digandrungi anak muda maupun usia lanjut. Hal ini menjadikan usaha makanan sehat berpotensi dan berpeluang besar untuk dikembangkan.

8. Toast

Siapa yang tidak tahu jenis makanan semacam roti bakar dengan varian isi yang beraneka ragam? Makanan ini banyak mencuri perhatian karena berbagai varian isi-isian yang unik dan memiliki cita rasa menarik. Mulai dari mayonaise hingga saus mentai bisa dijadikan isian toast. Usaha ini patut Anda coba dengan kemasan yang menarik. Jangan lupa tambahkan menu-menu yang tidak umum untuk menarik perhatian masyarakat. Modal untuk membuat usaha ini sekitar Rp7.000.000.

9. Makaroni

Makanan ringan makaroni juga menjadi pilihan yang cocok untuk generasi millenials. Makaroni yang ramai diperbincangkan dan banyak sekali peminatnya, yaitu makaroni ngehe, makaroni yang dicampuri dengan bubuk cabai, sampai terasa pedas. Walau pedas seperti itu, masyarakat Indonesia menikmati sekali dengan makanan-makanan pedas, seperti rendang, mie pedas, dll. Selain makaroni ngehe, ada juga makaroni schotel, atau terkadang disebut sebagai makaroni schaal adalah sebuah hidangan kaserol makaroni Indonesia yang terbuat dari pasta, keju, susu, mentega, daging (terutama daging asap atau ayam), sosis, tuna, telur, bawang bombay, jamu dan terkadang kentang. Modal untuk membuat usaha ini sekitar Rp4.500.000.

10. Pecel Lele

Makanan satu ini mungkin terlihat murahan, jangan salah kalau Anda membuka bisnis pecel lele pastinya Anda akan heran, karena secara omzet bisa dibilang bagus. Peluang usaha pecel lele masih kurang dilirik oleh anak muda dan millenials, jika ada pastinya kaum millenials akan memberikan sentuhan atau inovasi yang modern. Olahan pecel lele yang mungkin bisa kaum millenials jadikan, yaitu pecel lele salted egg, pecel lele bumbu rendang, dan masih banyak lagi. Modal untuk membuat usaha ini sekitar Rp10.000.000.

Itulah 10 ide usaha makanan yang bisa Anda coba di usia muda. Dari ulasan diatas, kiranya bisa Anda jadikan referensi untuk memulai bisnis sendiri. Jika Anda siap untuk memulai bisnis Anda sendiri, pastikan Anda juga sudah menyiapkan teknologi yang dapat membantu Anda dalam bisnis kuliner Anda. Sehingga Anda bisa fokus untuk membangun bisnis Anda tanpa ribet memikirkan operasional. Anda bisa menggunakan ESB sebagai aplikasi kasir. Dengan ESB, Anda bisa mencatat semua transaksi bisnis dengan mudah, selain itu Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan analisa laporan penjualan secara berkala. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website ESB.

1 Comment
Leave a Reply