10 Tugas Kasir Beserta Penjelasannya, Kamu Wajib Tau - Smartertech
Fri. Feb 3rd, 2023
Tugas Kasir

Kamu tentu sering menjumpai kasir di berbagai tempat, mulai dari toko swalayan, mall, tempat laundry, dan berbagai tempat bisnis lainnya. Mungkin dalam benakmu, kasir adalah seseorang yang bertugas untuk menerima orderan, menghitung pembayaran, menerima uang, lalu memberikan kembalian kepada pembeli. Benarkah tugas kasir hanya sebatas itu?

Tentu anggapan tugas kasir di atas sangatlah salah. Kasir memiliki peran yang sangat penting dalam aktivitas transaksi bisnis, tak hanya sekedar menerima pembayaran dan memberi kembalian, tugas kasir lebih dari itu, lho!

Tugas Kasir yang Wajib Diketahui

Tugas Kasir

Agar tidak lagi salah kaprah tentang tugas kasir, maka kamu wajib menyimak penjelasan berikut ini. Yuk, simak ulasan lengkap terkait tugas kasir berikut ini!

1. Tugas Kasir Melakukan Proses Transaksi Penjualan

Tugas Kasir

Kasir tentulah bertanggung jawab dalam proses transaksi penjualan. Di meja kasir, biasanya seorang kasir akan memasukkan kode barang yang dibeli oleh pelanggan ke dalam sistem. Setelah itu, kasir akan menghitung biaya total belanjaan yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Kasir juga wajib memberikan uang kembalian jika pembeli tidak membayar dengan uang pas. Jadi kasir harus teliti dan cermat, ya!

2. Tugas Kasir Melakukan Packing Barang Belanjaan Pembeli

Tugas Kasir

Setelah transaksi dilakukan, barang-barang akan dibawa pulang oleh pelanggan. Dalam hal ini, kasir bertugas untuk memasukkan barang-barang belanjaan tersebut ke dalam kantong plastik. Kasir juga perlu cermat dalam melakukan hal ini, seperti harus memisahkan kantong plastik berisi deterjen dengan makanan, misalnya. Selain itu, kasir juga perlu berhati-hati dengan barang-barang yang mudah pecah seperti piring, gelas, hingga telur. Namun, pada beberapa tempat sekarang sudah menerapkan “tanpa plastik” sehingga pembeli tinggal membawa barang belanjaannya begitu saja.

3. Melakukan Pengecekan Barang

Melakukan Pengecekan Barang

Ini merupakan salah satu tugas kasir yang tak boleh diremehkan. Barang-barang yang telah dikemas kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik. Namun, sebelum itu, kasir harus melakukan pengecekan yang teliti soal jumlah barang yang dibeli hingga harga produk. Uang kembalian pun harus diperhatikan baik-baik. Kemudian kasir juga tak boleh lupa melakukan input data penjualan. Jika hal ini terlewat, akan menyulitkan rekapan data di akhir waktu nantinya.

4. Tugas Kasir Mencatat Data Penjualan

Tugas Kasir

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kasir bertugas untuk mencatat setiap barang yang dijual. Pencatatan harus teliti dan terperinci. Pencatatan ini nantinya juga akan berguna sebagai laporan.  Dengan begitu, ketelitian adalah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh kasir. Seluruh angka, nama, hingga jumlah barang harus dicatat secermat mungkin. Ini juga dapat digunakan untuk analisis bisnis sesuai dengan minat masyarakat.

5. Memberi Informasi Mengenai Produk Kepada Pembeli

Memberi Informasi Mengenai Produk Kepada Pembeli

Siapa bilang kasir hanya berurusan dengan pembayaran? Ada kalanya kasir juga memegang peran marketing produk, lho! Karena kasir adalah salah satu ujung tombak toko yang berada di depan untuk melayani pelanggan, tak heran jika terkadang ada beberapa pelanggan yang bertanya mengenai suatu produk kepada kasir. Biasanya pembeli bertanya tentang ketersediaan barang, jenis, varian, hingga tanggal kadaluarsa suatu produk. Apalagi kalau toko kamu sedang mengadakan program promo dan diskon. Kasir wajib tahu detail promo produk apa saja yang sedang berlangsung. Dalam penyampaiannya pun kasir harus menggunakan bahasa yang menarik tapi tetap ramah dan sopan sehingga pelanggan pun merasa nyaman. Skill ini akan menjadi nilai lebih bagi seorang kasir.

6. Tugas Kasir Membuat Laporan Rutin

Tugas Kasir

Tugas kasir tak berhenti di atas meja kasir saja. Membuat laporan rutin yang berisi laporan omzet juga merupakan tugas kasir. Data ini tentu saja akan sangat berguna bagi perusahaan sehingga pengerjaannya harus teliti dan benar. Laporan ini diberikan kepada atasan atau senior kasir dengan tujuan agar petugas kasir tidak mengalami kerugian atau kesalahan fatal.

7. Merekap Laporan Transaksi Penjualan

Transaksi Penjualan

Tugas kasir yang lain adalah merekap seluruh transaksi penjualan dan menyetorkan uang tunai kepada bagian senior kasir. Hal ini dikerjakan setelah kasir selesai melakukan kerja shift. Seluruh penjualan dan penerimaan direkap menjadi satu kesatuan. Setor tunai juga biasa dilakukan apalagi terjadi pergantian shift karyawan.

8. Menjaga Kebersihan dan Kerapian Area Kasir

Menjaga Kebersihan dan Kerapian Area Kasir

Yang terakhir mungkin terkesan remeh namun tak boleh diabaikan. Seorang kasir juga harus membersihkan area kasirnya. Apalagi ini merupakan “citra” pertama dari seorang pembeli yang datang. Dengan begitu, pelanggan pun akan merasa nyaman dan merasa terlayani dengan baik. Pada akhirnya, ini akan menimbulkan kesan profesional di mata pelanggan. Sediakan lap dan cairan pembersih di dekat area kasir jika diperlukan.

9. Menyebutkan Uang Diterima dan Uang Kembali ke Pelanggan

Menyebutkan Uang Diterima dan Uang Kembali ke Pelanggan

Tugas kasir yang satu ini mungkin terlihat sepele, namun hal ini sangatlah penting agar tidak ada kesalahpahaman antara kasir dan pelanggan. Seorang kasir harus menyebut nominal uang yang ia terima dari pelanggan, total pembelanjaan dan uang kembalian yang diberikan kepada pelanggan.

Satu hal yang perlu diperhatikan juga oleh kasir di sini adalah kasir harus memastikan keaslian uang yang ia terima. Jangan sampai ada oknum yang berbelanja dengan uang palsu dan lolos begitu saja karena akan berdampak buruk kepada perusahaan maupun kasir itu sendiri.

10. Memastikan Area Kasir Bersih dan Rapi

Memastikan Area Kasir Bersih dan Rapi

Tugas kasir yang terakhir tentu saja menjaga area kerjanya agar selalu bersih dan rapi. Hal ini agar para pelanggan merasa nyaman saat bertransaksi. Dengan kebersihan dan kerapihan yang terjaga, maka kasir dan toko akan terlihat lebih profesional.

Nah, setelah memahami tugas kasir dalam bisnis kamu, sebagai pemilik usaha kini saatnya kamu memberikan dukungan dan memikirkan hal apa sajakah yang bisa kamu berikan untuk menunjang pekerjaan kasir. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan aplikasi kasir terbaik yang ada di Indonesia, yakni ESB POS yang pastinya bisa kamu andalkan sebagai partner bisnis kamu. Aplikasi web based ini merupakan teknologi restoran yang memudahkan kamu mengelola bisnis F&B.

Integrasi yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini akan memudahkan pemilik maupun karyawan untuk bisa mengelola seluruh operasional restoran hanya dalam satu sistem. Dengan menggunakan ESB POS seluruh pesanan tak hanya terotomasi, namun alur kerja pada bisnismu bisa terintegrasi dengan cerdas mulai dari kasir, bagian dapur, pelayan, serta food runner. ESB POS menjamin kemudahan manajemen bisnismu, seperti manajemen karyawan, manajemen transaksi, laporan keuangan, manajemen stok, hingga marketplace B2B. Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan aplikasi kasir?

By Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *