10 Variasi Pilihan Makanan untuk Diet yang Efektif Bikin Kamu Lebih Cepat Turun Berat Badan - Smartertech
Thu. Feb 9th, 2023
Makanan untuk Diet

Memiliki badan ideal menjadi impian bagi sebagian besar orang. Berbagai cara pun ditempuh untuk mencapai definisi berat badan ideal. Biasanya para penderita obesitas akan melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Rangkaian upaya ini bisa berupa olahraga teratur, menjaga makan rendah kalori sebagai asupan makanan untuk diet, dan pola hidup sehat lainnya.

Memang apa yang masuk dalam tubuh kita akan mempengaruhi kesehatan tubuh, seperti halnya makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap harinya. Dalam menjalankan diet, ada beberapa menu makanan untuk diet yang bisa kamu sediakan di rumah untuk daftar menu harian. Makanan-makanan ini dinilai kaya nutrisi tapi rendah kalori. Sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian kamu, namun tidak menumpuk lemak jenuh secara berlebihan.

Makanan untuk Diet

Makanan untuk Diet

Jika kamu ingin mulai menjalankan hidup sehat agar berat badan turun, ada beberapa makanan untuk diet yang bisa kamu coba. Berikut adalah beberapa contohnya!

1. Makanan untuk Diet Telur Ayam

Makanan untuk Diet

Makanan untuk diet yang pertama adalah telur ayam. Telur kaya akan kandungan protein dan lemak sehat yang dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, makanan ini merupakan salah satu yang sangat disarankan untuk diet. Namun perlu dicatat, penyajian terbaik telur adalah dengan merebusnya. Bukan menggorengnya dengan menambahkan banyak garam atau gula. Jika ingin menggorengnya, kamu bisa coba mengganti minyak goreng dengan sedikit air. Sebagai penambah cita rasa, kamu bisa menaburkan sedikit lada bubuk untuk meminimalisir kesan amis dari telur ayam.

2. Makanan untuk Diet Sayuran Hijau

Makanan untuk Diet

Makanan untuk diet berikutnya yang sangat disarankan adalah sayuran hijau. Pasalnya, sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk tubuh. Sementara kandungan karbohidrat di dalamnya tergolong sangat rendah. Ini meliputi kangkung, sawi, bayam, kailan, pakcoy (bok choy), brokoli, dan lainnya. Selain dimasak, kamu juga bisa mencampurnya dengan buah dan mengolahnya menjadi jus buah sehat.

3. Makanan untuk Diet Buah Apel

Makanan untuk Diet

Selanjutnya ada dari deretan buah, yaitu buah apel. Kamu bisa menjadikannya sebagai kudapan jika merasa lapar tengah malam. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan untuk diet satu ini di pagi hari sebelum sarapan untuk membantumu merasa kenyang lebih cepat. Ini karena di dalam apel ada banyak kandungan pektin dan serat. Bagi sebagian orang, sebuah apel dan segelas susu putih bahkan sudah cukup untuk sarapan.

4. Sayur Sop

Sayur Sop

Kamu pasti ada kalanya bosan mengonsumsi makanan diet yang itu-itu saja? Sebagai variasi, kamu bisa memasak sayur sop yang terdiri dari beberapa macam sayur seperti wortel, kentang, kubis, dan kacang-kacangan. Dikutip dari The American Journal of Clinical Nutrition, makan makanan dengan kadar air yang tinggi efektif untuk mengurangi asupan energi lain. Kaldu ayam atau daging asli juga bisa menjadi sumber lemak sehat dan protein harian kamu, lho!

5. Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan diet  yang mengandung probiotik baik. Oleh sebab itu, konsumsinya bisa membantumu menjaga kesehatan usus agar terhindar dari peradangan dan resistensi leptin. Pasalnya kedua kondisi tersebut dapat mendorong hormon yang menjadi penyebab obesitas. Pilih yoghurt plain agar kadar gulanya lebih rendah, ya! Saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan yoghurt sehat di supermarket maupun toko lainnya.

6. Buah Alpukat

Makanan untuk Diet

Selain buah apel, buah alpukat menjadi salah satu rekomendasi makanan diet yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Alpukat merupakan makanan sehat karena kaya akan lemak sehat. Tak hanya itu, di dalamnya terdapat asam oleat tak jenuh tunggal yang biasa ditemukan dalam buah zaitun. Kamu bisa memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi salad agar terasa lebih nikmat.

7. Kacang Kenari & Almond

Makanan untuk Diet

Kacang-kacangan juga sangat disarankan sebagai makanan diet. Misalnya saja kacang kenari atau kacang almond. Tak hanya dikonsumsi langsung, kamu bahkan bisa mengolah almond menjadi susu. Kandungan kacang ini kaya akan serat, protein, dan lemak baik sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh. Biasanya menu kacang-kacangan bisa dijadikan salah satu varian topping salad.

8. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan laut yang kaya akan asam lemak Omega-3 seperti salmon juga baik untuk diet. Tak hanya itu, ikan satu ini dapat memasuk yodium untuk tubuh. Kamu bisa memanggang ataupun merebus salmon untuk mengkonsumsinya. Namun ingat, salmon liar yang segar seharusnya dagingnya berwarna pink kemerahan. Sementara salmon ternak warna dagingnya cenderung putih keabuan.

9. Dada Ayam

Dada Ayam

Dada ayam sangat terkenal sebagai salah satu makanan diet yang direkomendasikan. Mengapa dada, karena bagian ini konon mengandung protein lebih tinggi dibanding bagian ayam lainnya. Oleh sebab itu konsumsinya efektif menurunkan keinginan makan dan membakar kalori dalam tubuh. Agar lebih cepat mencapai berat badan ideal, olah bahan ini dengan cara dipanggang atau direbus, ya! Jangan digoreng karena ini akan meningkatkan kalorinya, justru menjadi makanan yang kurang tepat untuk diet.

10. Pisang

Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang kaya serat maupun vitamin. Pisang juga bisa memperlancar metabolisme tubuh sehingga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan manusia. Istilah “diet pisang” mungkin sudah tak asing lagi di kalangan penderita obesitas yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Jadi, pisang bisa kamu pilih sebagai salah satu rekomendasi makanan diet yang sehat dan enak!

Itulah 10 variasi pilihan makanan untuk diet yang efektif bikin kamu lebih cepat turun berat badan. Ingat, menjalankan diet tidak boleh asal-asalan! Bukan hanya fokus menurunkan berat badan namun juga harus memperhatikan kandungan nutrisi yang masuk ke tubuh. Bisa simak juga disini artikel lainnya tentang perkembangan teknologi informasi lainnya.

By Sekar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *