12 Ide Bisnis Berbasis Teknologi yang Perlu Anda Coba - Smartertech

12 Ide Bisnis Berbasis Teknologi yang Perlu Anda Coba

Bisnis Berbasis Teknologi

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat sekarang ini, untuk memulai bisnis berbasis teknologi cukup mudah untuk dilakukan. Alasannya, saat ini internet sudah menjadi kebutuhan primer sehingga untuk mendapatkan aksesnya sangatlah mudah.

Selain itu, masyarakat pun sudah melek akan teknologi, sehingga pangsa pasar akan menjadi luas, dan bisnis berbasis teknologi Informasi yang Anda buat akan lebih mudah diterima. Berikut ini beberapa ide bisnis berbasis teknologi yang patut Anda coba.

Contoh Ide Bisnis Berbasis Teknologi

  1. Toko Online

Toko online adalah ide bisnis berbasis teknologi pertama yang patut Anda coba. Toko online sendiri adalah toko yang penjualannya mengandalkan internet, baik itu melalui marketplace maupun media sosial.

Untuk memulai bisnis toko online di marketplace, tentu Anda harus memilih marketplace yang akan menjadi tempat berjualan. Silakan pilih marketplace yang menurut Anda mudah digunakan, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, atau Bukalapak. Lakukan pendaftaran, verifikasi data, kemudian Anda sudah bisa mulai berjualan.

BACA JUGA : Optimalkan Roda Bisnismu Dengan Aplikasi ERP

Adapun membuat toko online di media sosial, Anda bisa menggunakan Facebook atau Instagram. Namun, lebih baik Anda menggunakan Instagram, karena media sosial tersebut lebih banyak digunakan di Indonesia dan lebih mengedepankan konten visual.

Jika sudah membuat akun Instagram, memverifikasi data, hingga memperbaiki profil akun, Anda sudah bisa berjualan. Baik berjualan di marketplace maupun media sosial, peluang untuk meraih cuan sangat besar sekali. Kunci utamanya adalah fokus, fast response, memberikan kualitas pada barang yang dijual, serta memiliki harga yang kompetitif.

  1. Bisnis Dropship

Dropship dikenal sebagai bisnis tanpa modal, karena seseorang yang menjalankan model bisnis ini tidak harus stok barang, melainkan hanya perlu memasang foto produk yang dijual di media sosial atau marketplace.

Namun sebelum menjalankan dropship, Anda harus mendatangi produsen atau pemilik barang terlebih dahulu bahwasanya Anda ingin menjalankan bisnis dengan sang pemilik tersebut dengan sistem dropship.

Ketika sang pemilik sudah setuju, maka Anda sudah bisa langsung berjualan. Adapun untuk alurnya, maka sang pembeli harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Setelah itu, Anda menghubungi pemilik produk untuk mengirimkan barangnya kepada konsumen atas nama Anda.

Meski bisnis dropship mudah dilakukan, berbisnis dengan metode yang satu ini tetap memiliki nilai minus, yaitu Anda tidak akan mengetahui berapa jumlah stok produk yang tersedia di produsen, apalagi jika pelaku dropship bukan hanya Anda saja. Untuk mensiasati kehabisan stok, Anda harus mengajak kerja sama pengusaha lain yang memiliki produk serupa.

  1. Konsultan IT

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi, maka Anda bisa menjadi konsultan IT. Dengan menjadi konsultan IT, peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah besar sangat terbuka sekali, karena bayaran konsultan IT berada di kisaran Rp6 juta hingga Rp11 juta.

Apa tugas konsultan IT? Konsultan IT menjadi penengah atau jembatan bagi tim teknis dengan anggota staf untuk mengetahui kebutuhan klien. Di Indonesia sendiri, jasa konsultan IT sudah tersebar di banyak tempat di seluruh wilayah Indonesia.

Apabila Anda tertarik untuk menjalani bisnis berbasis teknologi dengan menjadi konsultan IT, sebaiknya Anda mulai membukanya di kota-kota besar. Dengan membuka jasa konsultan IT di kota-kota besar, peluang untuk mendapatkan klien sangat besar sekali.

Seperti yang sudah diketahui bersama, kebanyakan perusahaan besar terpusat di satu titik, yaitu kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, dan Jogja. Oleh karenanya, merintis bisnis jasa konsultan IT dari sana merupakan pilihan yang tepat.

  1. Konsultan SEO atau Media Sosial

Selain menjadi konsultan IT, Anda juga bisa menjadi konsultan SEO atau media sosial. Jasa tersebut juga memiliki pangsa pasarnya tersendiri apalagi saat ini merupakan eranya internet di mana jasa SEO dan media sosial sangat dibutuhkan.

Pangsa pasar dari jasa SEO dan media sosial adalah perusahaan-perusahaan yang mencari pembeli atau menjual produknya secara online. Jika Anda memiliki keahlian di bidang SEO dan media sosial, maka silakan tawarkan jasa Anda tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, mencari pembeli atau menjual produk secara online tidak akan bisa maksimal tanpa adanya SEO. SEO dibutuhkan agar situs resmi yang dimiliki oleh perusahaan mampu bersaing dengan situs perusahaan lain.

Pun demikian dengan media sosial, media sosial perusahaan yang notabene menjadi tempat untuk mencari pembeli dan berjualan produk juga memerlukan SEO agar mampu bersaing dengan media sosial lain yang memiliki follower lebih banyak.

  1. Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis berbasis teknologi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah jasa pembuatan website. Saat ini, sudah ada banyak usaha yang terjun ke dunia online, dan salah satu strategi mereka untuk mendapatkan pembeli adalah dengan membuat website perusahaan.

Dengan membuat website perusahaan, diharapkan para pembeli makin percaya terhadap produk yang dijual, karena bisnis yang sudah memiliki website resmi memang lebih kredibel di mata pembeli.

Mengingat saat ini ada banyak usaha yang sudah go online, tentu Anda harus memanfaatkan peluang tersebut dengan menawarkan jasa pembuatan website kepada mereka. Menawarkan jasa pembuatan website sendiri bisa dilakukan secara langsung dan juga tidak langsung, seperti melalui media sosial.

Prospek jasa pembuatan website sendiri juga cukup bagus , karena jasa ini memang sangat dibutuhkan. Jadi apabila di tempat Anda berdomisili belum ada pelaku bisnis yang merambah jasa pembuatan website, maka sudah seharusnya Anda yang merambahnya.

  1. Content Writer

Apabila Anda suka menulis, maka jadikan hobi Anda itu sebagai ladang penghasilan. Untuk mulai mendapatkan penghasilan, Anda bisa menjadi content writer di situs-situs freelance seperti Sribulancer atau Projects.co.id. Dengan menjadi freelancer, Anda bisa mengumpulkan pelanggan terlebih dahulu.

Ketika jasa content writer yang Anda jalani itu menunjukkan perkembangan yang bagus, Anda bisa membuka kantor sendiri agar jangkauan bisnis bisa semakin melebar dan memiliki banyak pelanggan.

Meski content writer dianggap sebelah mata, pekerjaan ini tetaplah menghasilkan. Hanya saja memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mendapatkan penghasilan besar mengingat jasa tersebut juga sudah ada banyak yang merambahnya.

Meskipun begitu, ide bisnis berbasis teknologi yang satu ini tetap memiliki prospek. Alasannya, kualitas konten yang dihasilkan masing-masing individu itu pasti berbeda-beda, dan bisa jadi konten yang Anda buat itu lebih baik ketimbang jasa content writer yang sebelumnya sudah ada.

  1. Youtuber

Ide bisnis yang ke-7 ini merupakan ide bisnis yang kemungkinan besar banyak diminati oleh publik. Alasannya, menjadi seorang youtuber memang lebih menjanjikan, baik itu dari segi finansial maupun popularitas.

Untuk menjadi youtuber pun juga mudah untuk dilakukan, yaitu Anda hanya perlu membuat akun Gmail, kemudian membuka Youtube dan membuat channel. Setelah channel berhasil dibuat, Anda tinggal mengunggah video buatan sendiri di saluran Youtube Anda itu.

Hanya saja, ketika Anda sudah mengunggah video, tidak serta-merta pundi-pundi rupiah langsung didapatkan, karena Anda harus memenuhi syarat Youtube terlebih dahulu, yaitu channel harus memiliki 4.000 waktu tonton dan 1.000 subscriber.

Untuk mencapai persyaratan tersebut, tentu Anda harus sering membuat konten. Ide pembuatan konten sendiri ada banyak, di antaranya adalah vlog, kuliner, tutorial, hingga berita. Dengan konsisten membuat video, maka persyaratan dari Youtube akan bisa terpenuhi dan channel pun akan segera menghasilkan.

  1. Blogger

Menjadi blogger masih sangat menjanjikan untuk saat ini, dan peminatnya juga masih banyak. Jika Anda ingin memiliki bisnis yang berbasis teknologi, maka Anda bisa memasukkan blogger ke dalam daftar.

Adapun untuk menjadi blogger, Anda bisa menggunakan platform blogspot atau wordpress. Namun, platform wordpress lebih direkomendasikan, karena platform ini lebih banyak keunggulannya, di antaranya memiliki banyak tema menarik yang bisa dipilih.

Sedangkan untuk mendapatkan uang, Anda bisa mendapatkannya dari Google Adsense, iklan mandiri, hingga jasa content placement. Dan ketika website yang Anda kelola itu sudah besar, maka Anda bisa merekrut beberapa orang penulis agar website selalu update.

Meski pendapatan dari menjadi blogger cukup besar, untuk memulainya juga tidak mudah, karena Anda harus membuat website terlebih dahulu, menulis artikel, hingga menerapkan SEO. Namun, masa-masa sulit hanya diawal, karena setelah semuanya sudah berjalan, Anda akan bisa mengaturnya dengan mudah.

  1. Podcaster

Saat ini podcast sedang naik daun. Oleh karena itu, tidak mengherankan sekali apabila ada banyak pemain baru yang terus bermunculan. Podcast sendiri merupakan rekaman audio yang membahas topik tertentu, seperti pendidikan, bisnis, hingga politik.

Untuk membuat podcast, Anda bisa membuatnya di Spotify atau iTunes. Namun saking booming-nya, sekarang podcast mulai menjadi konten Youtube. Jika Anda tertarik menjadi podcaster, tentu Anda harus menentukan topik yang ingin dibahas. Topik sendiri tidak harus mengulas satu bahasan saja, namun juga bisa random.

Ketika topik apa yang dibahas sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah memilih platform podcast. Saat ini sendiri ada banyak platform podcast, di antaranya adalah iTunes, Spotify, hingga Anchor.

Jika ingin memonetisasi podcast yang sudah dibuat, Anda bisa memilih platform Anchor. Adapun cara lainnya, Anda bisa membuka kerja sama iklan, konten eksklusif, hingga menjual podcast ke radio-radio. Dengan menerapkan strategi monetisasi yang sudah disebutkan, peluang menghasilkan rupiah dengan podcast sangat besar sekali.

  1. Instagram Influencer

Instagram adalah salah satu media yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk memulai bisnis berbasis teknologi dengan menjadi influencer. Apa itu influencer? Influencer adalah orang-orang yang memiliki banyak follower di Instagram. Dan banyaknya follower inilah yang kemudian membuat mereka berhasil menjadi Instagram Influencer.

Ketika sudah menjadi influencer di Instagram, maka Anda pun akan mudah untuk mendapatkan uang melalui endorsement. Endorsement sendiri biasanya datang dari perusahaan kecil, sedang, maupun besar. Tarif endorsement ini akan semakin besar jika jumlah follower juga semakin banyak.

Jadi, kunci utama untuk menjadi influencer di Instagram adalah memiliki follower yang banyak. Namun untuk mendapatkan follower tentu tidak mudah, karena Anda harus sering membuat konten.

Tanpa adanya konsistensi dalam pembuatan konten, tentu akan sulit untuk mendapatkan follower. Kalaupun sulit untuk membuat konten setiap hari, maka Anda bisa mengaturnya dengan membuat konten selama 2 atau 3 hari sekali agar follower yang sudah ada tidak beranjak pergi.

  1. Pengajar Online

Berkat pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, peluang bisnis berbasis teknologi dengan menjadi pengajar online terbuka lebar. Jika dulu pengajar hanya bisa memberikan materi secara tatap langsung atau offline, kini semuanya berbeda di mana materi juga bisa diberikan secara online.

Adapun untuk menjadi pengajar online, Anda bisa mendaftarkan diri di platform pembelajaran, seperti ruangguru. Dengan menjadi pengajar di platform pembelajaran, Anda bisa menambah pengalaman mengajar sehingga ketika membuka layanan secara pribadi, Anda bisa mengatur segala sesuatunya dengan mudah, dimulai dari materi pembelajaran, cara belajar, hingga kurikulum yang digunakan.

Sejauh ini, pengajar online memang cukup diminati, namun kebanyakannya belum terlalu fokus pada profesi tersebut. Agar profesi pengajar online bisa memberikan hasil maksimal, tentu Anda harus fokus pada profesi tersebut.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, peluang untuk fokus menjadi pengajar online sangat terbuka sekali, karena ada banyak siswa yang memang mengandalkan pembelajaran online. Jadi, segera tawarkan jasa Anda agar bisnis berbasis teknologi dengan menjadi pengajar online bisa segera terealisasi.

  1. Mobile Apps Developer

Pesatnya perkembangan teknologi tidak hanya memunculkan toko online dan pengajar online. Namun, pesatnya perkembangan teknologi juga memunculkan mobile apps developer. Mobile apps developer adalah salah satu profesi di bidang IT yang cukup populer yang fokus pada pembuatan aplikasi mobile.

Menjadi mobile apps developer di era seperti sekarang ini sangat menguntungkan, karena jasa Anda akan selalu dicari mengingat ada banyak perusahaan yang ingin memiliki aplikasi mobile sendiri.

Kalaupun jasa Anda belum dilirik oleh klien, maka Anda bisa membuat aplikasi sendiri, kemudian diunggah ke Google Play Store dan dimonetisasi. Ketika aplikasi disetujui oleh pihak Google, Anda pun bisa mendapatkan uang dari iklan Google.

Jadi ketika Anda memutuskan untuk menjadi mobile apps developer, ada banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, yaitu dengan menawarkan jasa ke perusahaan-perusahaan atau membuat aplikasi sendiri untuk dimonetisasi.

Itulah ke-12 ide bisnis berbasis teknologi yang bisa Anda coba. Namun apabila sebelumnya Anda sudah terjun ke bisnis offline, seperti restoran, Anda tetap bisa menambahkan sentuhan teknologi di dalamnya.

Dengan menambahkan sentuhan teknologi di restoran yang Anda kelola, maka para pengunjung pun bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Adapun untuk sentuhan teknologi yang bisa diberikan kepada usaha restoran yang Anda kelola, seperti pemesanan melalui QR code.

Apabila ingin restoran yang Anda kelola memiliki teknologi yang canggih, maka Anda bisa menggunakan teknologi yang ditawarkan oleh ESB. ESB siap menjadikan restoran Anda menjadi restoran pintar sehingga Anda dan para pengunjung bisa mendapatkan kemudahan ketika memesan hingga melakukan pembayaran.

1 Comment
  • ide bisnis

    I’ve been browsing on-line more than three hours nowadays,
    yet I by no means found any fascinating article like yours.
    It’s beautiful worth enough for me. Personally, if all site owners and bloggers made good content as you did,
    the web will probably be a lot more useful than ever before.

Leave a Reply