3 Alasan Pentingnya Memaksimalkan Fungsi Laporan Keuangan Bagi Bisnis F&B - Smartertech

3 Alasan Pentingnya Memaksimalkan Fungsi Laporan Keuangan Bagi Bisnis F&B

Fungsi Laporan Keuangan

Laporan keuangan kerap kali dipandang sebagai hal sekunder dalam melaksanakan bisnis F&B, dan dikerjakan setengah-setengah semata demi memenuhi persyaratan pajak. Padahal, jika Anda membuat laporan keuangan dengan baik, Anda dapat memperoleh insight berharga yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan bisnis Anda.

Artikel ini akan membahas 3 alasan mengapa Anda perlu memaksimalkan fungsi laporan keuangan untuk bisnis F&B Anda. Mari simak ke-3 alasan tersebut beserta penjelasannya di bawah ini.

1. Memperlihatkan kesehatan finansial bisnis

Jika Anda ingin mewujudkan bisnis dengan aspek finansial yang sehat dan berkelanjutan, laporan keuangan menjadi sangat penting untuk Anda susun dengan baik. Angka-angka dalam laporan keuangan akan menjadi informasi berharga yang dapat memberikan gambaran riil mengenai kondisi bisnis Anda. Bagaimana kondisi pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda? Apakah bisnis Anda dapat menghasilkan cukup uang untuk melunasi hutang usaha? Pertanyaan seperti ini dapat dijawab dengan mudah jika Anda mempunyai laporan keuangan yang lengkap.

Angka-angka besar yang seringkali muncul dalam ranah bisnis terkadang sulit diproses dengan cepat oleh kepala. Dengan mencatatkan semua angka tersebut dalam satu kesatuan laporan keuangan, Anda dapat menyederhanakan angka-angka tersebut menjadi rasio sederhana yang lebih mudah dipahami. Tentu hal seperti ini akan memudahkan Anda untuk memahami kondisi bisnis dan mengambil tindakan yang sesuai, bukan?

2. Mengidentifikasi tren pasar

Bisnis F&B adalah bisnis yang sangat dinamis, dengan berbagai tren pada berbagai aspek yang datang silih berganti. Harga bahan baku akan terus berubah, begitu pula selera pengunjung restoran Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan semua tren tersebut dengan amat teliti supaya keuntungan dapat dimaksimalkan. 

Keberadaan laporan keuangan yang komprehensif tentu akan memudahkan Anda dalam mengidentifikasi tren yang sedang berlaku di pasar. Misalnya, ketika Anda mengidentifikasi kenaikan harga bahan baku tertentu seperti telur, Anda akan dapat melakukan penyesuaian, baik berupa pengurangan kuantitas telur, kenaikan harga menu, atau diversifikasi menu supaya perusahaan Anda tidak terlalu dirugikan. Di sisi lain, apabila laporan keuangan Anda mengindikasikan adanya kenaikan ketertarikan pelanggan terhadap menu tertentu, Anda tentu akan bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan keuntungan!

3. Pemantauan real-time

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu memahami bahwa situasi pasar dapat berubah dengan sangat cepat, terkadang dalam hitungan hari atau bahkan jam. Oleh karena itu, akan sangat membantu jika Anda mempunyai laporan keuangan yang sangat teliti dan dapat memberikan rekap dengan cepat. Waktu adalah uang, dan tentu Anda tidak ingin lambat dalam menanggapi perubahan pada pasar, bukan?

Untuk ini, tentunya akan sangat sulit jika Anda masih mengandalkan tenaga manusia untuk mengelola laporan keuangan. Tetapi, kini teknologi sudah hadir untuk memudahkan Anda menyusun laporan keuangan dengan cepat! Teknologi untuk mengelola sistem ERP restoran, seperti yang ditawarkan oleh ESB Core, mampu menyusun laporan keuangan secara lebih efisien. Sehingga, Anda tidak perlu mengerahkan tenaga besar untuk menyusun laporan keuangan, dan bisa mengambil tindakan yang sesuai atas perubahan yang terjadi pada bisnis.

Leave a Reply