5 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Keuangan yang Lebih Terkendali - Smartertech

5 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Keuangan yang Lebih Terkendali

Aplikasi Pencatatan Keuangan

Pixabay/@freepik

Aplikasi pencatatan keuangan dibutuhkan oleh setiap individu, karena keberadaan aplikasi tersebut bisa membantu keuangan agar lebih terkendali.  

Jika belum menggunakannya, pasti kamu merasa kerepotan dan kesulitan untuk mengurus keuangan karena menghabiskan waktu dan pikiran. Jadi, sudah seharusnya kamu menggunakannya dan berikut ini lima aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu gunakan.

  • Sribuu

Sribuu adalah aplikasi catatan keuangan yang bisa kamu unduh di perangkat ponsel Android maupun iOS. Aplikasi ini merupakan karya anak bangsa dengan fitur pencatatan keuangan yang super lengkap dan tampilan yang simple sehingga mudah untuk dioperasikan. 

Dengan menggunakan Sribuu, kamu bisa mengatur budget bulanan hingga menyambungkan ke rekening bank untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis. 

Setelah catatan keuangan kamu tercatat dengan rapi, Sribuu akan memberikan analisis terkait kondisi keuangan yang kemudian bisa kamu konsultasikan secara langsung ke financial planner melalui fitur chat. 

BACA JUGA : 3 Alasan Pentingnya Memaksimalkan Fungsi Laporan Keuangan Bagi Bisnis F&B

  • Finansialku 

Aplikasi yang satu ini bisa membantu penggunanya dalam membuat perencanaan dan pengelolaan keuangan. Selain itu, Finansialku juga dilengkapi dengan informasi yang berupa artikel, video, hingga podcast seputar keuangan untuk para penggunanya.   

Finansialku merupakan satu-satunya aplikasi keuangan dari Indonesia yang menghadirkan layanan jasa konsultasi via online dengan perencana keuangan yang bersertifikat CFP (Certified Financial Planner).

Jadi apabila ingin keuangan lebih terkendali dengan menggunakan Finansialku, kamu bisa menggunakan jasa konsultasi online yang sudah ada di aplikasi tersebut.

  • 1Money

Aplikasi keuangan selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah 1Money. Aplikasi ini memiliki program pelacakan yang memungkinkan para penggunanya untuk mengecek pengeluaran dengan cepat.

1Money memiliki desain user interface sederhana yang membuat para pengguna bisa mengoperasikannya dengan mudah. Meski dari segi desain user interface sangat sederhana, fitur yang dimiliki sudah mumpuni.   

  • Monefy

Monefy menyediakan dua versi aplikasi kepada para penggunanya, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Untuk versi berbayar, biaya yang dipatok juga tidak terlalu mahal, yaitu Rp39.000 per bulan.

Monefy memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah:

  • Aplikasi mudah digunakan
  • Menambahkan catatan baru bisa dilakukan dengan cepat
  • Mendukung mata uang asing
  • Data bisa disinkronisasikan dengan Google Drive dan Dropbox
  • Menyediakan perlindungan kode sandi
  • Multi akun
  • Tersedia kalkulator bawaan

Sebelum menggunakan Monefy versi berbayar, kamu bisa menggunakan Monefy versi gratis terlebih dahulu untuk mempelajari fitur yang ada di dalamnya agar semakin mahir ketika menggunakan versi pro.     

  • ESB Core

Aplikasi pencatatan keuangan terakhir yang bisa kamu gunakan adalah ESB Core salah satu produk ERP yang diperkenalkan oleh ESB. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengecek pengeluaran harian, menghemat uang, mengelola utang, dan melacak tagihan pada bisnis F&B yang sedang kamu jalankan. 

ESB Core bisa memasukkan setiap pengeluaran harian yang ada pada bisnis F&B kamu. Nantinya kamu bisa untuk memonitor berdasarkan data grafik mendetail tentang keuangan kamu agar bisa dievaluasi.

Itulah beberapa aplikasi pencatatan keuangan yang mungkin bisa membuat keuangan kamu menjadi lebih terkendali. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin mengendalikan kondisi finansial kamu.

Leave a Reply