5 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Dengan Budget Minim - Smartertech

5 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Dengan Budget Minim

Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Cara memulai bisnis makanan online sekarang ini tengah menjadi salah satu jenis usaha yang digandrungi oleh berbagai kalangan. Bisa dikatakan, bisnis kuliner merupakan lahan basah untuk para pemula bisnis.

Semua orang pasti membutuhkan makan, ditambah lagi masyarakat Indonesia yang menyukai wisata kuliner.

Bisa dikatakan, wisata kuliner bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokok yang mengenyangkan perut bagi masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, wisata kuliner kini sudah bisa menjadi salah satu opsi refreshing untuk menghilangkan penat.

Tetapi, meskipun memang tampak menjanjikan, kemungkinan gagal dalam menjalankan bisnis kuliner pun cukup besar.

Cara Memulai Bisnis Makanan Online Untuk Pemula

BACA JUGA : Contoh Perjanjian Surat Hutang Piutang Dalam Bisnis

Ternyata masih banyak orang yang memulai merintis bisnis tanpa didasari ilmu, tidak ada perencanaan yang matang, perhitungan yang sembarangan, serta hanya mengandalkan prinsip jalani saja usaha tersebut, hal ini pastinya sangat berbahaya sekali.

Supaya terhindari dari segala macam permasalahan di atas, Anda harus tahu cara memulai bisnis makanan online. Anda selaku pengusaha pun mesti membuat rencana usaha dengan cukup matang. Di antaranya seperti konsep bisnis, produk yang ditawarkan, target pasar, SDM yang memadai, media promosi dan masih banyak lagi yang lainnya.

1. Keunikan Produk Usaha Yang Anda Tawarkan

Langkah pertama untuk cara memulai bisnis makanan online ialah dengan menyakinkan diri sendiri untuk menjual produk makanan atau minuman. Untuk makanan seperti halnya nasi goreng, ayam geprek, atau soto. Sementara untuk minuman bisa semacam Thai tea, kopi hitam atau kopi susu, atau mungkin juga aneka macam cemilan.

Apapun ide tersebut tentu saja harus direalisasikan. Pebisnis juga mesti melanjutkan untuk cari apa saja keunikan dari produk yang akan dijual. Tanpa adanya keunikan produk tersebut, pastinya usaha kuliner yang Anda jalankan bakalan kalah saing dengan lainnya.

Dari keunikan produk inilah, yang nantinya akan membuat calon konsumen tertarik untuk segera membeli dan mencoba produk yang telah Anda tawarkan. Agar dapat menemukan nilai keunikan tersebut, Anda bisa melakukan langkah seperti ini :

  •       Tulis seluruh fitur dan juga kelebihan dari produk yang dijual. Fokus saja pada kelebihan produk yang telah Anda miliki, semisalnya lebih enak dan harga terjangkau.
  •       Tuliskan kelebihan dari produk Anda yang bisa menjawab kebutuhan tiap pelanggan. Posisikan saja diri Anda sebagai seorang pembeli. Lalu, jawab pertanyaan tersebut.
  •       Tuliskan hal mengenai produk yang tidak dimiliki oleh para pesaing atau kompetitor. Untuk yang satu ini, Anda juga harus melihat bisnis kuliner para pesaing. Coba saja untuk cari tahu kelemahan produk ataupun sesuatu yang tidak dilakukan oleh pesaing. Kemudian, gunakan hal tersebut untuk memperbaiki produk milik Anda.

Setelah Anda berhasil menerapkan sejumlah langkah di atas, harapannya adalah mampu menemukan keunikan dari produk yang ditawarkan. Namun, Anda tidak boleh berhenti di sini saja, masih banyak lagi yang perlu dilakukan guna memperkenalkan keunikan produk yang dimiliki.

2. Pahami Target Market

Cara memulai bisnis makanan online, Anda sebagai pelaku usaha memang wajib paham dengan target market yang diincar. Dengan cara tersebut, pebisnis dapat mengetahui apa saja yang mesti dilakukan supaya bisnisnya dapat berkembang dengan pesat.

Agar dapat memahami target pasar yang sesuai, Anda bisa langsung menerapkan beberapa hal di bawah ini untuk cara memulai bisnis makanan online:

  •       Buat daftar siapa saja yang membutuhkan produk Anda. Untuk melakukan cara satu ini memang tidak ada rumus atau pun strategi khusus. Anda hanya perlu memperkirakan produk apa yang Anda tawarkan yang lebih disukai oleh kalangan atau kelompok tertentu saja, atau mungkin bisa untuk semua orang.
  •       Pengawasan pada bisnis usaha kompetitor. Langkah berikut ini sebenarnya sangat penting dilakukan supaya mengetahui segmen pasar yang ditargetkan oleh pesaing.
  •       Perhatikan review konsumen dari pesaing usaha. Untuk dapat pemahaman mengenai target pasar, Anda bisa mencari tahu bagaimana penilaian konsumen terhadap usaha miliki kompetitor.
  •       Jalin komunikasi dengan calon konsumen. Cara yang cukup efektif demi mengenali target market adalah dengan berbicara secara langsung dengan calon konsumen. Untuk itulah, coba Anda menggali wawasan seputar dunia kuliner dari para kerabat, teman saudara, rekan bisnis dan yang lainnya.
  •       Pesona untuk pembeli. Maksudnya ialah memberikan gambaran yang ideal dari target market yang Anda tuju. Gambaran inilah yang dibuat berdasarkan pada riset dan juga informasi yang telah dikumpulkan. Berbekal dari buyer persona inilah, Anda akan jauh lebih leluasa dalam mengembangkan produk lebih tepat serta promosi produk juga jadi lebih terarah.

3. Buat Konsep Usaha Secara Matang

Sesudah Anda mendapatkan ide membangun bisnis kuliner, saatnya untuk merealisasikan ide tersebut. Caranya pun dengan Anda membuat konsep bisnis atau dikenal dengan istilah business plan.

Selain bisa menjalankan usaha, adanya konsep tersebut ternyata bisa membantu Anda untuk menjadi pusat perhatian para investor untuk bisa mendapatkan dukungan. Oleh sebab itu, Anda juga perlu untuk membuat rencana usaha dengan sangat matang.

4. Desain Produk Menarik

Desain produk merupakan cara tepat yang tidak boleh dianggap remeh. Langkah tersebut juga bisa menentukan banyaknya aspek penting di dalam perjalanan usaha kuliner, mulai dari pemilihan bahan baku makanan, harga pokok penjualan produk, kualitas dan cita rasa, serta masih banyak lagi yang lainnya.

5. Menentukan Lokasi Yang Sesuai Untuk Usaha Kuliner

Lokasi menjadi hal yang sangat penting dalam membangun segala macam jenis usaha, termasuk juga bisnis kuliner. Lokasi pun memiliki peran yang begitu penting sebab bila tidak mau salah sasaran dan usaha jadi sepi, maka pemilihan lokasi wajib diperhatikan.

Berikut ini, kami sudah mengumpulkan sejumlah cara yang mungkin dapat membantu Anda untuk menentukan pemilihan lokasi membuka usaha bisnis kuliner, antara lain :

  •       Pemilihan lokasi yang mudah ditemukan. Umumnya, lokasi bisnis kuliner pastinya harus mudah dilihat dan ditemukan oleh pelanggan. Jika semakin dekat jalan raya atau pun lokasi strategis dari usaha kuliner yang Anda jalankan, pastinya bisa mendatangkan keuntungan sebab lebih mudah ditemukan oleh banyak orang.
  •       Menentukan ukuran lokasi bisnis. Anda juga harus paham seberapa luas lokasi bisnis yang akan dipergunakan. Pemilihan dari ukuran lokasi usaha tersebut nantinya bisa Anda tentukan mengusung konsep indoor atau outdoor sesuai dengan tempat yang dimiliki.

Cara memulai bisnis makanan online bisa dilakukan dengan berbagai macam langkah penuh diperhitungan di atas agar memperoleh keuntungan bisnis berlipat ganda dan terus berkembang sampai kapan pun. 

1 Comment
Leave a Reply