5 Cara Mencari Mitra Usaha Untuk Mengembangkan Usahamu - Smartertech

5 Cara Mencari Mitra Usaha Untuk Mengembangkan Usahamu

Mitra Usaha

Pengusaha yang sedang mengembangkan usahanya cenderung memilih untuk menjalankan segala urusan usahanya sendiri. Di awal, hal ini mungkin akan terdengar masuk akal, karena seorang pengusaha ingin memastikan segala aspek usaha berjalan dengan baik tanpa kurang suatu apapun. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya usaha, akan tiba waktu dimana Anda tidak akan sanggup atau sempat terjun secara langsung untuk menangani usaha. 

Sebelum kondisi ini terjadi untuk usaha Anda, ada baiknya Anda mempertimbangkan memiliki seorang mitra usaha. Selain membantu meringankan beban Anda dalam menjalankan usaha, adanya seorang mitra dapat membantu Anda dalam berbagai cara, seperti pertukaran ide, skill set tambahan, dan jika Anda beruntung, Anda dapat memperoleh mitra usaha yang sangat bersungguh-sungguh menjalankan usaha seperti Anda. 

Namun, bagaimana cara menemukan mitra usaha yang baik? Sebagian pengusaha mungkin beruntung menemukan mitra usaha yang baik, namun mayoritas pengusaha akan perlu mengerahkan usaha ekstra untuk menemukan mitra usaha yang baik. Di artikel ini, kita akan bahas cara-cara mencari mitra usaha yang baik, yang telah dilakukan oleh pengusaha-pengusaha sukses di masa lalu dan masa kini. 

BACA JUGA : 7 Aplikasi Pembayaran Digital Terpopuler Tahun 2022

1. Akrabi rekan kerja Anda

Salah satu cara paling sederhana untuk mencari mitra usaha adalah dengan memilihnya dari rekan kerja Anda, baik di pekerjaan masa lalu atau di pekerjaan saat ini. Memilih seseorang untuk jadi mitra usaha tentu akan lebih mudah apabila Anda telah memiliki pengalaman bekerja langsung dengan orang tersebut. 

Mengapa begitu? Anda sudah tahu bagaimana rekan kerja Anda menjalankan pekerjaannya. Anda dapat dengan mudah menilai kemampuan dia dalam menjalankan usaha bersama Anda dari kesehariannya: apakah dia seorang pekerja keras yang jujur dan terpercaya? Atau dia seorang yang tidak pernah menyelesaikan pekerjaan dan selalu membuat masalah? 

Dengan mengetahui hal seperti ini, Anda dapat mengambil keputusan dengan pengetahuan lebih baik.

2. Berbisnis dengan teman Anda

Salah satu cara lain yang umum ditempuh pengusaha dalam memilih mitra usahanya adalah dengan merekrut teman baik mereka. Sudah banyak bisnis yang muncul dan tumbuh besar karena ada lingkar pertemanan yang memutuskan untuk menumbuhkan sebuah usaha bersama-sama. 

Sebagaimana halnya berusaha bersama rekan kerja, Anda mempunyai keuntungan berupa pengetahuan yang baik akan etos kerja teman baik Anda. Akan tetapi, akan ada risiko tersendiri jika Anda menempuh cara ini: ketika usaha Anda surut atau bahkan bangkrut, ada kemungkinan hal tersebut berdampak juga kepada pertemanan Anda. Tetapi, jangan khawatir, hal ini tentu dapat Anda hindari dengan komunikasi yang baik dan pikiran yang dewasa. 

3. Manfaatkan networking

Tentu Anda semua sudah banyak mendengar istilah “networking” dan manfaatnya. Sudah banyak orang yang memperoleh pekerjaan baru, hidup baru, bahkan pasangan baru melalui networking yang dimilikinya. Tidak hanya itu, mitra usaha pun dapat Anda peroleh jika Anda memanfaatkan networking Anda dengan baik!

Tidak merasa punya networking? Jangan khawatir, di era digital ini Anda dapat mencarinya sendiri! Umumnya akan selalu ada grup khusus yang berisi orang-orang dengan minat yang sama, pekerjaan yang sama, dan ketertarikan yang sama, yang dapat Anda lacak di media sosial. Anda dapat bergabung dengan grup semacam itu, dan kemudian berinteraksilah dengan anggota lain di dalamnya. Siapa tahu mitra usaha Anda juga aktif di grup yang sama!

4. Ajak saudara atau anggota keluarga

Cara ini cukup mirip dengan cara pertama atau kedua, dimana orang yang akan Anda ajak menjadi mitra usaha mungkin adalah orang yang sudah cukup Anda kenal perangainya. Secara khusus, cara ini juga mirip dengan cara kedua, dimana hubungan profesional mungkin dapat mempengaruhi hubungan personal, sehingga diperlukan kedewasaan dan komunikasi yang baik dari kedua belah pihak.

Akan tetapi, jika Anda memilih orang yang tepat, usaha yang akan Anda jalankan tentu akan berkembang dengan pesat. Beberapa pengusaha memilih bekerja dengan saudara kandungnya karena mereka dibesarkan dengan cara didik yang sama, dan sebagai hasilnya mempunyai etos kerja yang sebanding. Hal ini akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis, karena Anda dapat memastikan mitra usaha Anda adalah seseorang yang sama sungguh-sungguhnya dalam membangun usaha dengan Anda!

5. Ikuti pelatihan bisnis atau industri

Dewasa ini, semakin banyak pihak yang menawarkan pelatihan khusus secara online untuk orang-orang yang ingin mengembangkan skill di bidang tertentu. Mungkin ada rekan kerja Anda yang rutin mengikuti pelatihan seperti ini juga di luar jam kantor, atau mungkin Anda sendiri adalah salah satu peserta aktif pelatihan tersebut. Anda tentu dapat memperoleh pengetahuan dan insight berharga dengan mengikuti pelatihan tersebut. Tetapi tidak hanya itu, Anda juga dapat memperoleh mitra usaha yang baik untuk usaha Anda!

Sama seperti cara ketiga, Anda dapat memperlakukan peserta pelatihan yang Anda ikuti sebagai bagian dari jejaring profesional baru Anda. Peserta pelatihan semacam itu tentu adalah orang-orang yang memiliki kesamaan minat atau keinginan dengan Anda, sehingga peluang mereka tertarik mengembangkan usaha bersama Anda tentu akan lebih besar. Di samping itu, seseorang yang mengikuti pelatihan sebagaimana yang Anda ikuti tentu adalah seseorang yang menyadari pentingnya mengembangkan skill set yang dimilikinya, atau yang dikenal sebagai growth mindset. Pasti akan sangat baik jika mitra usaha Anda adalah seseorang yang terus mengembangkan diri, bukan?

Demikianlah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mencari mitra usaha Anda. Tentu kelima cara ini hanyalah awal, dan Anda sendirilah yang mampu menilai apakah seseorang akan cocok bekerja bersama Anda dalam lingkup profesional. Semoga berhasil menemukannya, ya!

Leave a Reply