5 Contoh Bisnis Daring dan Pemasaran - Smartertech

5 Contoh Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran

Pandemi yang telah berjalan selama dua tahun ini menjadikan berubahnya gaya hidup secara drastis. Mulai dari pekerjaan, birokrasi, penjualan hingga sekolah pun terdampak pandemi ini. Mau tidak mau, bisnis daring dan pemasaran internet pun digunakan sebagai solusi dalam permasalahan yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut.

Pergeseran gaya hidup ini pun tak sepenuhnya berdampak buruk. Kini mulai muncul beraneka macam bisnis yang memanfaatkan adanya teknologi internet, atau disebut juga daring (dalam jaringan). Baik bisnis maupun pemasaran yang dilakukan dapat dilakukan di manapun, kapanpun dan oleh siapapun. Hanya bermodalkan smartphone atau perangkat lain dan tentunya koneksi internet. Sehingga, bisnis inipun cocok dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga (IRT), pelajar, maupun karyawan.

BACA JUGA : Cara Gampang Input Menu Restoran di Aplikasi Kasir

Adapun contoh bisnis daring dan pemasaran yang dapat dilakukan dengan mudah adalah sebagai berikut:

1. Dropship

Untuk kamu yang ingin menambah penghasilan namun sama sekali tidak memiliki modal, Bisnis daring dan pemasaran dropship adalah solusi yang paling tepat. Hanya bermodalkan smartphone, koneksi internet, foto, dan informasi produk, kamu pun dapat menjalankan bisnis dropship ini.

Kamu cukup mengambil foto produk milik supplier, kemudian membagikan foto tersebut di berbagai media sosial. Jangan sampai lupa mengenai informasi detail produk dan harga jual setelah laba yang kamu ambil. Kunci kesuksesan bisnis dropship ini adalah harus rajin mempromosikan produkmu dan selalu up to date dengan produk terbaru yang dibutuhkan masyarakat.

2. Reseller

Meskipun sama-sama mengambil produk dari supplier dan mengambil laba dari hasil penjualan, namun reseller berbeda dengan dropship. Reseller membeli produk dari supplier dengan jumlah yang banyak, sehingga bisa mengatur laba yang akan diperoleh.

Namun tantangan dari bisnis reseller ini adalah harus bisa menghabiskan stok produk yang telah dibeli dari supplier.  Sehingga perputaran produk menjadi baik yang berpengaruh terhadap laba pemiliknya. Kunci bisnis reseller inipun juga harus rajin mempromosikan produk di berbagai macam platform media sosial.

3. Toko Online

Punya keahlian memasak? Atau membuat kerajinan tangan? Ternyata hobimu dalam bidang tersebut kini bisa menjadi bisnis daring yang mudah dilakukan. Ambil gambar karyamu dalam bentuk foto maupun video dengan teknik dan angle yang baik. Gambar yang menarik semakin memikat calon konsumen.

Dengan bisnis daring dan pemasaran berdasar hobi ini, memungkinkan kamu untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Tidak punya hobi khusus? Tenang, cukup buka toko secara online produk yang kamu sukai, seperti otomotif, tanaman, atau kuliner. Jangan lupa untuk tetap memasarkan produkmu secara menarik agar toko online milikmu menjadi pilihan pertama konsumen.

4. Desain dan Percetakan

Keahlian mendesain suatu produk, logo, undangan, dll saat ini sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak. Baik individu maupun suatu oganisasi. Asah kreatifitasmu sebaik-baiknya jika punya hobi dan bakat dalam mendesain. Sebab, kamu dapat meraup untung yang besar jika serius menekuni bidang ini.

Gunakan media sosial seperti Instagram sebagai portofoliomu dalam membuat desain. Sehingga calon konsumen dapat memilih desain sesuai kebutuhannya. Untuk melengkapi bisnis desainmu, kamu bisa menambahkan jasa percetakan pada kaos maupun banner. Kamu juga bisa menggunakan bisnis daring dan pemasaran (marketplace) untuk menawarkan jasa desain dan percetakanmu.

5. Influencer

Punya follower ribuan bahkan ratusan ribu? Inilah saatnya kamu menjadi influencer di bidang yang kamu sukai untuk solusi bisnis daring dan pemasaran. Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan suatu hal. Jadi, kamu bisa merekomendasikan follower-mu untuk membeli suatu produk.

Dengan menjadi influencer, kamu pun dapat bekerjasama dengan suatu brand untuk memasarkan produk mereka. Selain itu, kamu pun juga bisa menjadi affiliator marketplace yang juga memberikan komisi apabila produk yang kamu tawarkan terjual. Menarik bukan memiliki akun media sosial dengan banyak follower?

Itulah lima contoh bisnis daring dan pemasaran yang dapat kamu lakukan di manapun dan kapanpun. Kamu pasti bisa meraup cuan dengan hanya modal koneksi internet!

Leave a Reply