5 Contoh Inovasi Teknologi yang Membantu Operasional Bisnis UMKM Anda - Smartertech

5 Contoh Inovasi Teknologi yang Membantu Operasional Bisnis UMKM Anda

Contoh Inovasi Teknologi

Saat ini sudah ada beberapa contoh inovasi teknologi yang bisa digunakan untuk membantu operasional bisnis, khususnya bisnis UMKM (usaha mikro kecil menengah).

Meski skalanya masih UMKM, bisnis dengan level tersebut tetap membutuhkan sentuhan teknologi dan berikut ini lima contoh inovasi teknologi informasi yang bisa membantu operasional bisnis UMKM.

BACA JUGA : 5 Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Keuangan yang Lebih Terkendali

1. Situs Web

Situs web menjadi salah satu inovasi teknologi yang bisa Anda terapkan dalam bisnis UMKM. Keberadaan situs web sangat penting untuk legitimasi bisnis Anda. Meskipun bisnis yang dijalani hanya bisnis kecil-kecilan, namun dengan situs web para konsumen bisa mengetahui dengan jelas informasi tentang bisnis Anda.

Di luar sana bahkan banyak konsumen yang enggan membeli produk jika brand tersebut tidak memiliki situs web. Sebaliknya, mereka akan memutuskan untuk memilih produk maupun layanan tersebut atau tidak  setelah mereka menemukan situs web dari produk tersebut.

Jadi ada baiknya Anda memiliki situs web dan cobalah untuk terus menjaga dan maintenance situs web dengan baik.

2. Promosi di Media Sosial

Kemunculan media sosial merupakan inovasi teknologi yang memiliki pengaruh cukup kuat bagi perkembangan bisnis UMKM, karena penggunanya kian meningkat dari tahun ke tahun. 

Mengingat pengguna media sosial akan terus bertambah, bisnis UMKM harus menjadikannya sebagai tempat promosi, sehingga penjualan bisa mengalami peningkatan. 

3. Dompet Digital

Dompet digital atau e-wallet merupakan inovasi teknologi selanjutnya yang bisa digunakan untuk membantu operasional bisnis UMKM, karena dompet digital membantu proses pembayaran menjadi lebih mudah.

Ada banyak dompet digital yang bisa digunakan untuk saat ini, seperti OVO, GoPay, LinkAja, DANA, hingga Jenius. Jadi selain menggunakan sistem pembayaran konvensional, bisnis UMKM juga harus menggunakan sistem pembayaran modern melalui e-wallet

4. Komputasi Awan

Komputasi awan atau yang dikenal juga dengan nama cloud computing merupakan inovasi teknologi keempat yang sudah seharusnya digunakan oleh bisnis UMKM.

Melalui komputasi awan ini, data-data penting terkait operasional perusahaan bisa disimpan dengan mudah. Selain itu, ruang penyimpanan yang disediakan jauh lebih besar dibandingkan flashdisk maupun harddisk.

Komputasi awan juga bisa diakses oleh banyak orang secara bersamaan sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan juga bisa dipantau dengan mudah.

5. Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir adalah aplikasi yang sudah seharusnya digunakan oleh bisnis berskala UMKM, karena fitur yang dimiliki sangat bisa membantu operasional.

Fitur yang ada di aplikasi kasir cukup banyak, di antaranya fitur laporan penjualan, manajemen karyawan, hingga stok gudang. Apabila ingin bisnis semakin maju, aplikasi kasir harus digunakan bisnis UMKM.

Saat ini aplikasi kasir tidak harus diinstal di komputer, karena aplikasi kasir sudah tersedia untuk para pengguna smartphone sehingga penggunaannya jauh lebih mudah dan praktis.

Adapun untuk aplikasi kasir yang bisa digunakan juga cukup banyak, di antaranya adalah ESB, Kasir Pintar, Olsera, hingga Moka POS. Pilih aplikasi kasir yang fiturnya memang dibutuhkan oleh perusahaan.

Aplikasi kasir termasuk contoh inovasi teknologi yang bisa membantu operasional bisnis UMKM, jadi manfaatkan aplikasi tersebut dengan sebaik mungkin.

Leave a Reply