5 Ide Peluang Bisnis 2022 yang Jadi Tren dan Minim Pesaing - Smartertech

5 Ide Peluang Bisnis 2022 yang Jadi Tren dan Minim Pesaing

Peluang Bisnis 2022

Tak perlu kesulitan dalam menentukan peluang bisnis 2022,  khususnya di bidang kuliner atau F&B. Berbagai macam makanan yang sedang tren di kalangan masyarakat dengan banyak peminat namun tak banyak pesaing bisa menjadi ide bisnis yang harus kamu coba. Sehingga bisnis yang kamu jalankan semakin mendatangkan banyak konsumen. 

Berbagai Ide Peluang Bisnis 2022

BACA JUGA : Potensi Bisnis Digital|Mengapa Harus Beralih dari Konvensional ke Ranah Digital?

Jika kamu tertarik untuk membuka bisnis, kamu bisa melakoni peluang bisnis 2022 yang menjadi tren dan masih sepi pesaingnya di tahun ini. Yuk, simak ide peluang bisnis 2022 berikut ini:

1. Peluang Bisnis 2022 di Bidang Kuliner Kekinian

Peluang Bisnis 2022

Dunia kuliner seakan tidak pernah berhenti menghadirkan inovasi baru baik minuman maupun makanan. Sebagai contoh adalah kelima makanan berikut ini yang menjadi tren dan belum terlalu banyak yang menekuni bisnis ini.

a. Gelato

Gelato adalah es krim khas dari Italia dengan komposisi susu yang lebih banyak dibandingkan bahan lainnya. Rasanya yang lembut dan creamy menjadikan gelato digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain di Kota Yogyakarta dan Bali, belum begitu banyak kedai khusus yang menyediakan gelato dan biasanya hanya tersedia di mall-mall di kota besar.

b. Boba

Siapa yang tak kenal boba? Minuman yang populer di kalangan masyarakat ini bisa menjadi ide bisnis yang wajib kamu coba. Bola-bola kecil dengan tekstur yang kenyal ditambahkan dengan aneka  minuman kekinian menjadikan boba memiliki pasar yang luas, khususnya anak muda.

c. Makanan Khas Sunda

Sunda dikenal sebagai surganya kuliner nikmat di Indonesia. Berbagai cemilan seperti cipak koceak, mi jebew, lumpia basah, dan berbagai makanan pedas-gurih lainnya sempat viral dan menjadi tren, khususnya di media sosial. Meskipun di daerah asalnya makanan tersebut mudah dijumpai, namun di kota atau provinsi lain makanan tersebut masih terbatas penjualnya.

d. Croffle

Croffle atau kependekan dari croissant waffle adalah kue croissant yang dipanggang dalam cetakan waffle. Makanan ini cukup viral di kalangan anak muda. Sayangnya, masih sedikit pebisnis yang menyediakan croffle dengan harga yang terjangkau untuk kantong pemuda.

e. Makanan Korea

Makanan khas Korea seperti odeng, tempura, dan tteokbokki memiliki pasar tersendiri, yaitu K-Popers. Sayangnya, tak banyak pebisnis yang membuka makanan khas Korea dengan rasa yang original namun harga terjangkau. 

2. Peluang Bisnis 2022 di Bidang Digital

Peluang Bisnis 2022

Bidang digital ternyata memiliki potensi untuk dijadikan peluang bisnis. Masifnya perkembangan media sosial membuat banyak perusahaan membutuhkan jasa content creator. Mulai dari content creator itu sendiri, desain grafis, videographer, editor, hingga copywriter sangatlah dicari oleh perusahaan.

Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan mendirikan sebuah agensi ataupun rumah produksi yang menawarkan jasa pembuatan konten dan pengelolaan media sosial untuk para perusahaan.

3. Peluang Bisnis 2022 di Bidang Kerajinan Tangan

Bidang Kerajinan Tangan

Barang-barang kerajinan tangan masih memiliki pangsa pasar yang banyak, terlebih kerajinan tangan yang terbuat dari limbah. Kamu bisa bekerja sama dengan para ibu rumah tangga untuk membuat berbagai kerajinan dari limbah seperti tas tangan, karpet, pajangan, dll. Kerajinan tangan ini bisa kamu kembangkan lebih jauh dengan memasarkannya secara digital, dan mengekspornya ke luar negeri.

4. Peluang Bisnis 2022 di Bidang Camilan Khas

Bidang Camilan Khas

Indonesia terkenal akan gorengannya, apapun bisa digoreng termasuk buah-buahan. Maka dari itu, bisnis buah goreng bisa kamu geluti dan mungkin kamu bisa membuka pangsa pasar di luar negeri. Karena di sana ada makanan berupa buah goreng yang digemari. Seperti halnya di Amerika Serikat, di sana banyak yang menjajakan anggur, melon, blewah, dan buah pir yang digoreng dan menjadi cemilan sehat yang digemari.

5. Peluang Bisnis 2022 di Bidang Jasa Bersih-bersih

Bidang Jasa Bersih-bersih

Semakin padatnya mobilitas para pekerja, membuat bisnis yang satu ini banyak dilirik dan digunakan. Kamu bisa menyediakan jasa pencucian dan service AC, pembersihan ruangan atau lingkungan rumah lainnya dengan tarif perjam ataupun perluas ruangan. Bisnis ini mungkin sudah banyak digunakan, namun penyedia jasa yang bisa dipercaya sangat minim dan kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnismu.

Ternyata peluang bisnis 2022 cukup banyak dan menawarkan hasil yang menjanjikan. Minimnya pesaing pada pelaku bisnis di atas tentu semakin meningkatkan laba yang kamu dapatkan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tak membuka bisnis tersebut.

Leave a Reply