5 Jenis Manajemen Keuangan Dengan Aplikasi Gratis - Smartertech

5 Jenis Manajemen Keuangan Dengan Aplikasi Gratis

Manajemen Keuangan

Salah satu hal yang paling sulit dalam menjalankan sebuah usaha adalah mengatur keuangan. Banyak dari usaha atau bisnis yang gagal bukan karena produk atau jasa yang mereka tawarkan tidak menarik, tapi manajemen keuangan mereka yang gagal.

Memangnya manajemen keuangan itu apa sih?

manajemen keuanganSumber : freepik.com

Manajemen keuangan adalah kegiatan mengatur alur uang yang kamu gunakan dan dapatkan dalam sebuah bisnis atau usaha. Kegiatan tersebut meliputi perencanaan uang, pengelolaan uang, dana darurat, serta aset kepemilikan. Dengan adanya manajemen keuangan ini kamu sebagai pemilik bisnis bisa mengetahui perkembangan dan kondisi bisnis kamu dari segi keuangannya.

BACA JUGA :  8 Tips Bisnis Kekinian yang Mudah Bagi Pemula Khususnya Gen Z

Tapi manajemen keuangan ini memang harus dipelajari dan dimengerti terlebih dahulu, sayangnya tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut. Untungnya sekarang kamu bisa dengan mudah mengatur keuangan kamu dengan menggunakan beberapa aplikasi gratis seperti berikut ini:

1. Aplikasi Manajemen Keuangan Monefy

Untuk kamu yang ingin mengatur keuangan dalam keluarga, aplikasi monefy ini cocok banget, karena memiliki fitur sinkronisasi akun. Sehingga semua akun anggota keluarga kamu bisa terpantau secara bersamaan dalam waktu yang sama. Aplikasi ini bisa kamu gunakan di smartphone bersistem operasi iOS dan Android. 

2. Money Lover

Aplikasi yang dapat kamu gunakan di smartphone untuk mengatur keuangan pribadi kamu adalah Money Lover. Di sini kamu dapat mengatur banyak hal seperti pemasukan, pengeluaran. Di aplikasi ini juga kamu bisa memasukan kategori dari uang yang tercatat seperti makanan, liburan, transportasi, akomodasi, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memiliki 3 fitur yang bisa membantu kamu mengatur keuangan, seperti budgets yang akan membatasi pengeluaran kamu, savings yaitu tabungan kamu, dan event sebagai pengeluaran ketika ada acara tertentu.

3. Aplikasi Manajemen Keuangan Teman Bisnis

Seperti namanya, aplikasi manajemen keuangan yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki bisnis. Pada aplikasi ini kamu bisa mencatat semua transaksi masuk dan juga keluar dengan memberikan kategori. Aplikasi ini juga akan memberikan laporan keuangan kamu setiap bulannya dari keuntungan, kerugian, modal terpakai, dan masih banyak lagi.

4. Finansialku

Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Solusi Finansialku Indonesia, salah satu karya anak bangsa nih. Finansialku memiliki fitur yang menarik yaitu perencanaan keuangan, jadi jika kamu ingin menabung dan menggunakannya untuk hal seperti dana pendidikan, membeli kendaraan, atau bahkan dana darurat maka aplikasi ini cocok untuk kamu!

5. Aplikasi Manajemen Keuangan Si Apik

Si Apik adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, bertujuan untuk membantu mencatat keuangan bagi pemilik usaha mikro dan juga kecil. Cara menggunakannya yang mudah dan juga bisa dilakukan tanpa adanya internet menjadi nilai plus bagi pemilik usaha.

Setelah meng-input transaksi keluar dan masuk dana perusahaan, maka aplikasi ini juga akan menyajikan laporan keuangan yang dapat kamu analisis untuk mengembangkan usaha kamu. Uniknya lagi di aplikasi ini kamu bisa mengajukan modal untuk berusaha tanpa perlu menyiapkan berkas-berkas yang ribet. Hal tersebut dapat dipermudah karena Si Apik sudah memiliki laporan keuangan perusahaan kamu.

Nah, itu adalah 5 jenis manajemen keuangan yang menggunakan aplikasi gratis. Dengan mencatat keuangan, pastinya keuangan pribadi dan usaha kamu akan menjadi lebih baik.

Leave a Reply