5 Jenis Usaha Kuliner Yang Menguntungkan - Smartertech

5 Jenis Usaha Kuliner Yang Menguntungkan

Usaha Kuliner Yang Menguntungkan

Saat ini jenis usaha kuliner rumahan semakin bervariasi dan memiliki daya jual yang tinggi. Selain itu berbagai jenis produk kuliner saat ini juga memiliki penawaran harga yang lebih kompetitif dengan kualitas yang beragam.

Jenis usaha kuliner dengan daya jual yang tinggi, didominasi oleh produk makanan dan juga minuman ringan. Beberapa jenis produk kuliner seperti risoles, sempol ayam, cireng, varian keripik, serta berbagai jenis minuman ringan seperti kopi dan thai tea telah menjadi primadona di dunia kuliner saat ini.

Dengan memanfaatkan media sosial ditambah dengan sedikit trik marketing, jenis usaha ini dapat di jajakan dimana saja bahkan dari rumah sekalipun.

Jenis Usaha Kuliner Yang Menjanjikan

Lalu apa saja jenis-jenis usaha kuliner tersebut? Berikut ini 5 jenis usaha kuliner yang paling laris dengan modal yang relatif kecil yang dapat Anda terapkan dalam usaha Anda nantinya.

1. Makanan Beku (Frozen Food)

Makanan BekuSumber: Tirto

Makanan beku (frozen food) adalah salah satu kuliner yang paling laris saat ini.  Makanan beku (frozen food) seperti sosis, nugget, dimsum, tempura, kentang, risoles beku, bakso dan makanan beku lainnya sudah mulai familiar di kalangan para pecinta makanan siap saji.

BACA JUGA : Yang Perlu Kamu Tahu Dalam Kerjasama Usaha Kuliner

Berbagai jenis frozen food ini selain dapat dijadikan sebagai lauk, juga dapat dijadikan sebagai camilan. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang mahal juga ada.

Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan modal yang Anda miliki. Selain itu, berjualan frozen food pun tidak membutuhkan banyak peralatan pendukung. Anda hanya membutuhkan freezer dan juga lemari es untuk menyimpan stok barang.

Dan untuk kebutuhan promosi, Anda tinggal menambahkan beberapa spanduk, pamflet dan juga promosi melalui media sosial seperti FB, Twitter, Instagram, WA dan lain sebagainya.

2. Makanan Ringan Kering

Keripik KentangSumber: Liputan6

Makanan ringan kering merupakan kuliner terlaris yang banyak diminati. Saat ini jenis makanan ringan yang bersifat tradisional maupun yang sedang kekinian semakin  marak di pasaran.

konsumennya pun rata-rata berasal dari anak-anak muda atau remaja, sehingga promosi melalui media sosial merupakan metode yang tepat. Mengingat kebanyakan anak muda atau para remaja lebih banyak menghabiskan waktunya dengan media sosial.

Makanan ringan yang berbumbu pedas menjadi primadona dan paling banyak dicari. Contohnya seperti kerupuk kulit, keripik singkong, mie lidi, seblak, makaroni, dan batagor kering, kesemua jenis makanan kering tersebut biasanya dijual dengan menambahkan campuran bumbu pedas. Dengan tampilannya yang kemerahan mengundang minat konsumen untuk membelinya.

Selain itu, untuk berjualan makanan ringan Anda tidak perlu membuatnya sendiri. Anda hanya tinggal mencari pemasok ataupun bekerja sama dengan produsen makanan tersebut.

Anda hanya membutuhkan teknik promosi yang tepat untuk memasarkan produk yang kan anda jual nantinya. Buatlah semenarik mungkin agar konsumen menjadi penasaran dan membeli produk yang akan Anda jual.

3. Jajanan Pasar

Kue GetukSumber: Merdeka

Jenis kuliner ini banyak sekali kita temui, baik di pasar-pasar tradisional maupun di pasar modern. Jajanan pasar tersebut meliputi kue-kue basah tradisional yang selalu dicari, terutama pada pagi dan juga sore hari.

Anda tidak harus membuat kue sendiri, Anda bisa mencari pemasok dari kue-kue tersebut. Anda hanya perlu menyiapkan lapak atau tempat untuk berjualan seperti meja panjang atau rak untuk menyimpan kue-kue tersebut dan juga lakukan sedikit promosi.

4. Minuman Kekinian

Es Kopi KekinianSumber: The Spruce Eats

Minuman kekinian yang dimaksudkan disini adalah jenis minuman yang sedang hits dikalangan anak-anak dan remaja, seperti thai tea, es cokelat, red velvet, green tea dan taro.

Minuman-minuman jenis masih hits hingga sekarang, bahkan masih menjamur di banyak tempat. Tentu saja ini merupakan peluang yang bagus bagi Anda yang ingin memulai usaha minuman.

Modalnya pun terbilang tidak terlalu besar, tergantung pada pemilihan dari bahan-bahan pembuatan yang akan digunakan. Dan yang paling terpenting adalah lakukan analisis lapangan sebelum menjalankan usaha minuman tersebut.

5. Gorengan

GorenganSumber: goodlife id

Jenis usaha kuliner yang menjanjikan ke-5 adalah berjualan gorengan. Gorengan merupakan salah satu kuliner paling laris yang disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu, usaha ini juga hanya dapat dilakukan dengan modal yang terbilang kecil dengan kisaran keuntungan yang bisa berkali-kali lipat. Aneka gorengan selain dijadikan sebagai camilan di saat santai bersama keluarga, sahabat bahkan rekan kerja, juga dapat dijadikan sebagai lauk.

Nah, sudah tahu kan jenis usaha kuliner yang menjanjikan dengan modal yang relatif rendah. Anda bisa memilih jenis usaha yang sesuai dengan keuangan yang anda miliki dan dengan resiko yang kecil.

Jika Anda ingin membuka usaha kuliner sebaiknya pilih yang banyak diminati orang dan juga jangkauan usia dari pelanggan yang akan membeli produk kuliner kita.

Leave a Reply