5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi Cocok Untuk Diet - Smartertech

5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi Cocok Untuk Diet

makanan yang mengandung protein tinggi

Makanan yang mengandung protein tinggi baik dikonsumsi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Sebagai sumber energi, pembentuk jaringan tubuh, dan dapat membantu mengurangi lemak perut, makanan sumber protein tinggi ini dapat dikonsumsi setiap harinya.

Sumber protein baik hewani maupun nabati ini pun sering kamu temui pada menu makanan harian. Untuk mendapat berat badan yang ideal, pastikan konsumsi protein telah sesuai dengan berat badan dan pola hidup  kamu.

Adapun sumber protein yang tinggi dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan di bawah ini.

BACA JUGA : Mau Coba Bisnis Katering Makanan Kekinian? Simak Tips Berikut Ya!

1. Sumber Protein dari Telur

Sumber Protein dari Telur

Sumber : Freepik

Telur telah banyak dikenal sebagai sumber protein yang tinggi. Selain protein, telur juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Protein tinggi terletak pada putih telur, sementara kuning telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga disarankan untuk tak berlebihan mengkonsumsi kuning telur.

Kandungan protein pada tiap 100 gram telur adalah sebesar 13 gram. Sementara dalam satu butir telur mengandung protein berkisar antara 6 sampai 7 gram. Adapun manfaat telur antara lain adalah sebagai penurun berat badan, dapat meningkatkan imun tubuh, dan baik untuk perkembangan otak.

2. Sumber Protein dari Daging Sapi

Sumber Protein dari Daging Sapi

Sumber : Freepik

Daging sapi sebagai sumber protein hewani yang tinggi sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Pastikan daging sapi yang kamu konsumsi adalah daging merah tanpa lemak. Dalam 100 gram daging sapi mengandung sebesar 26 gram protein. Daging sapi pun mengandung vitamin B dan zat besi. 

Selain untuk diet, daging sapi juga bermanfaat untuk mencegah anemia dan untuk meningkatkan massa otot. Namun pastikan mengkonsumsi daging sapi dalam batas wajar, sebab konsumsi berlebihan justru berdampak buruk pada kesehatan. 

3. Susu dan Produk Olahannya

Sumber Protein dari Susu dan Produk Olahannya

Sumber : Freepik

Selain rasanya yang enak, susu juga mengandung protein yang tinggi. Produk olahan susu seperti keju dan yoghurt juga tak kalah kandungan proteinnya. Untuk memaksimalkan hasil diet, konsumsi susu rendah lemak yang rasanya pun tak kalah enak.

Susu dan aneka produk olahannya memiliki manfaat sebagai sumber kalsium, membantu menurunkan berat badan, serta menguatkan gigi dan tulang. Namun pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap makanan yang bersumber dari susu tersebut.

4. Kacang-kacangan

Sumber Protein dari Kacang - Kacangan

Sumber : Freepik

Rekomendasi makanan yang mengandung protein tinggi selanjutnya adalah aneka jenis kacang-kacangan. Mulai dari kacang almon, kacang tanah, kacang kedelai, kacang kedelai, hingga kacang Arab. Produk olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe pun juga mengandung protein yang tinggi.

Kadar protein pada kacang-kacangan tergolong tinggi. Pada kacang kedelai misalnya, tiap 100 gram kacang kedelai mengandung 86 gram protein. Sementara pada setiap 100 gram kacang tanah mengandung protein sebesar 26 gram.

Selain mengandung protein yang tinggi, kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan melawan dari radikal bebas. Selain itu, kacang-kacangan ini juga dapat menurunkan resiko jantung koroner dan stroke. 

5. Sumber Protein dari Ikan Laut

Sumber Protein dari Ikan Laut

Sumber : Freepik

Aneka macam ikan laut seperti ikan tuna, ikan salmon, udang, cumi dan lainnya kaya akan kandungan protein. Selain mengandung protein, ikan laut juga kaya akan omega dan vitamin.

Dalam 100 gram ikan salmon mengandung 20 gram protein, sementara pada 100 gram ikan cakalang mengandung protein sebanyak 28 gram. 

Selain mengandung protein yang tinggi, ikan laut juga baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung, dan stroke. Ikan laut pun dapat mengurangi resiko kanker dan meningkatkan kinerja otak.

Makanan yang mengandung protein tinggi diatas sangat membantu kamu dalam penurunan berat badan. Pastikan kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang seimbang dan diikuti dengan olahraga dan istirahat yang cukup, agar diet pun menjadi optimal.

1 Comment
Leave a Reply