5 Manfaat Aplikasi Program ERP Untuk Industri Kuliner - Smartertech

5 Manfaat Aplikasi Program ERP Untuk Industri Kuliner

Program Erp

Program ERP merupakan suatu paket dari sistem maupun software yang biasanya dipergunakan oleh perusahaan, dalam hal ini adalah bisnis kuliner restoran, untuk dapat mengelola berbagai macam aktivitas bisnis sehari – hari. Aktivitas yang dimaksud meliputi pengelolaan keuangan dan anggaran, pengadaan barang produksi, proyek atau inovasi terbaru serta sumber daya manusia yang ada di dalam restoran.

Mungkin sebagian dari Anda sudah begitu familiar dengan sistem ERP, namun ada pula yang masih bertanya – tanya dan belum tahu gambaran dari sistem untuk bisnis restoran yang satu ini. Sistem ini bisa mengetahui serta melacak seluruh hasil penjualan maupun menjalankan laporan keuangan restoran.

Dewasa ini beragam bisnis kuliner maupun restoran sudah menerapkan sistem ERP dalam pengelolaan data penjualan produk, inventaris, mengelola keuangan perusahaan, menjalankan sistem operasi dengan maksimal sehingga segala macam kegiatan bisnis kuliner dapat terkontrol dan terkendali. Semua ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan dalam industri kuliner.

BACA JUGA : 5 Manfaat Aplikasi Program ERP Untuk Industri Kuliner

Selain itu juga, para pelaku usaha industri kuliner pun bisa menggunakan sistem program ERP untuk memudahkan serta membantu mereka dalam melihat kesempatan, peluang, permasalahan serta resiko dari keseluruhan bisnis yang sudah dijalankan.

Berikut Manfaat Aplikasi Program ERP Bagi Industri Kuliner

  1. Aplikasi Program ERP Mampu Melindungi Kualitas Brand

program ERPsumber : akseleran

Dengan menggunakan sistem dari aplikasi ERP ini, sebagai pelaku usaha industri kuliner Anda pun dapat fokus pada kegiatan membangun branding dengan berbagai macam cara. Sistem ERP di sini bakalan menyediakan berbagai macam informasi begitu cepat mengenai tindakan apa saja yang bisa berpengaruh terhadap rantai pasokan barang atau supply chain.

BACA JUGA : 10 Aplikasi Inventory Management Terbaik

Pelaku usaha dapat mencari tahu kuantitas produk, tanggal produksi, hingga pergerakan dari bahan maupun produk, Anda pun bisa dengan mudah melacak sumber bahan serta posisi dari produk tersebut. Semua kegiatan ini akan berpengaruh besar terhadap rantai pasokan industri hingga bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif lebih cepat dari biasanya.

Secara sederhana, perlindungan pada merek atau brand dan juga sistem ERP dapat berjalan bersamaan. Pada saat mengelola industri kuliner, cara terbaik dalam melindungi industri Anda adalah dengan cara memberikan pelanggan serta vendor jaminan kualitas dan juga menjaga rantai suplai agar stabil.

  1. Support Industri Kuliner Supaya Taat Peraturan

Support Industri Kuliner sumber : kompas

Program ERP yang baik bisa untuk memberikan perlindungan kepada merek Anda sekaligus dukungan penuh untuk bisnis bisa mematuhi segala bentuk peraturan yang sudah ada. Tantangan utama dalam menjalankan bisnis industri kuliner ini adalah mengenai keamanan pangan yang akan dikelola.

Peraturan yang begitu ketat mewajibkan para pelaku usaha melakukan pelacakan dari produk dan bahan baku pada seluruh rantai pasokan yang sudah tersedia. Seperti yang diketahui untuk bisnis kuliner ini memang memiliki banyak distributor, pemasok, dan juga pengecer serta masih ada lagi yang lainnya.

  1. Mampu Menyederhanakan Pengelolaan Industri Kuliner

Sistem ERP ini mampu menyederhanakan semua pengelolaan atas beberapa cabang dan juga antisipasi bila ada permintaan dari pelanggan. Industri kuliner pun pasti memiliki beberapa cabang dari masing – masing lokasi yang mengharuskan semua kegiatan berjalan dengan lancar.

Sistem ERP ini dapat Anda maksimalkan untuk membuat laporan harian dari penjualan seluruh cabang secara otomatis, melakukan pemantauan kas keuangan perusahaan, pelacakan biaya yang keluar maupun masuk. Semua ini akan membuat Anda lebih mudah menerapkan strategi yang tepat untuk masing – masing cabang.

  1. Investasi Tepat Untuk Industri Kuliner

Program ERP ini merupakan sebuah investasi yang cukup tepat bagi industri kuliner yang sedang Anda jalankan. Hampir semua investasi memerlukan biaya untuk memulainya. Namun, kabar baiknya dari sistem ERP ini sudah dirancang menyesuaikan dengan usaha kecil dan menengah.

Hal ini pun bisa membuat sistem tersebut dapat menjangkau semua sektor bisnis. Pelaku usaha juga dapat memperhitungkan jangka panjang maupun pengelolaan biaya dari aplikasi sistem ERP yang tergolong sangat terjangkau.

  1. Mampu Menurunkan Biaya Pengeluaran

Menurunkan Biaya Pengeluaransumber : exame invest

Perencanaan permintaan ini adalah suatu tindakan dari penyeimbangan yang terbilang sangat rumit. Anda diharuskan untuk menyimpan stok barang mentah agar dapat memenuhi permintaan. Namun, bila tidak bisa menyimpan stok barang terlalu banyak, maka akan berisiko membuang produk jikalau tidak laku terjual.

Sistem dari program ERP ini bisa membantu Anda untuk mengantisipasi permintaan konsumen dan juga pengelolaan inventaris. Dengan sistem yang terpusat, usaha kuliner yang sedang dijalankan akan dapat melacak permintaan secara tepat menyesuaikan pula dengan permintaan dari konsumennya.

Dengan Anda mengetahui berbagai macam manfaat dari program ERP tentu bisa lebih paham lebih detail. Di sini kami sudah menyediakan layanan jasa dari sistem ERP dari ESB yang mungkin saja bisa membantu pengelolaan segala macam kebutuhan dari industri kuliner yang sedang Anda jalankan sekarang ini.

Leave a Reply