5 Software Kasir Ini Sudah Terbukti Bantu UMKM Kuliner! - Smartertech
Wed. Feb 8th, 2023
Software Kasir

Apakah UMKM kuliner bisa menggunakan software kasir untuk membantu operasional serta perkembangan usaha?

usaha UMKM ditengarai sebagai salah satu potensi perekonomian masyarakat di Indonesia. Salah satu bidang usaha UMKM yang digandrungi masyarakat adalah usaha kuliner. Selain pasarnya yang luas, usaha ini juga dinilai memiliki margin keuntungan yang relatif besar dan rendah risiko. pengusaha UMKM pun sangat serius meniti perjalanan usaha mereka, bahkan untuk membantu aktivitas pekerjaan mereka saat ini sudah banyak yang memanfaatkan software kasir.

Software Kasir yang Bantu UMKM Kuliner

Software Kasir

Jika kamu ingin memulai usaha UMKM kuliner, atau ingin mulai menggunakan software kasir, deretan software kasir berikut ini mungkin bisa kamu pertimbangkan. Yuk, langsung simak beberapa rekomendasi software kasir yang akan membantu usaha UMKM kamu tumbuh dan berkembang berikut ini!

1. Software Kasir ESB POSLite

Software kasir pertama adalah ESB POSLite. Sistem POS (Point of Sales) berbasis cloud yang satu ini adalah bagian dari ESB POS yang sudah dipercaya oleh berbagai usaha F&B besar di Indonesia. ESB POSLite adalah aplikasi kasir online dan offline yang didesain sedemikian rupa hingga menjadi sederhana dan sangat mudah digunakan. ESB POSLite sangat cocok untuk digunakan oleh pengusaha F&B dengan skala mid-low atau biasa disebut UMKM, karena bisa digunakan di perangkat Android, iOS, serta memiliki alur kerja yang sederhana dengan tampilan yang user friendly.

ESB POSLite juga bisa membuat usaha UMKM kamu bebas dari antrean yang membuat para pelanggan merasa tidak nyaman, karena kamu dapat menyelesaikan proses transaksi dalam waktu yang sangat singkat, namun begitu seluruh data akan tercatat dengan rapi dan akurat pada sistem. Dengan begitu kamu dapat menganalisa laporan keuangan dengan sangat mudah. ESB POSLite juga menghadirkan fitur digital payment, multi outlet dan multi user untuk mendukung perkembangan usahamu.

2. Software Kasir Moka POS

Rekomendasi selanjutnya adalah Moka POS. Salah satu software kasir yang banyak digunakan di berbagai warung dan UMKM Indonesia. Tampilannya user friendly dan hadir dengan berbagai fitur terkini untuk memudahkan pencatatan jual beli. Tercatat bahwa software ini sudah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna Android. Tentunya, jumlah tersebut belum termasuk oleh para pelaku usaha yang menggunakan perangkat iOS. Keunggulan dari Moka POS adalah kamu tak perlu menyiapkan resource yang besar untuk menjalankan fitur yang ada. Hal tersebut dikarenakan sistem yang digunakan Moka memanfaatkan teknologi cloud sehingga semua data akan tersimpan dengan rapi dan efisien, pun juga akan lebih ringan saat dijalankan. Selain itu, Moka juga menyediakan fitur untuk menerima pembayaran via digital, seperti Dana, Ovo, GoPay, Link Aja, dan masih banyak lagi.

3. Pawoon

Rekomendasi software kasir selanjutnya adalah Pawoon. Memiliki tagline “lebih dari aplikasi kasir”, Pawoon juga salah satu software yang populer dan banyak digunakan oleh para pelaku usaha. Sama halnya dengan software lainnya, disini kamu juga dapat melakukan transaksi dengan menggunakan metode pembayaran digital. Bahkan, selain pembayaran digital, Pawoon juga menyediakan fitur pembayaran melalui Kartu dan Tunai. Menarik bukan? Dengan tampilan yang unik dan mudah untuk dipahami, akan lebih memudahkan kamu sebagai pelaku usaha untuk menjalankan dan mengembangkan usaha menjadi lebih baik lagi. Bagusnya lagi, salah satu fitur Pawoon yang akan membuat kamu lebih greget adalah pemesanan online dan pengiriman yang juga dapat dipantau langsung.

4. Kasir Pintar

Rekomendasi berikutnya adalah Kasir Pintar. Dikembangkan dan dirilis oleh PT Kasir Pintar International, Kasir Pintar menyediakan software dengan dua layanan yang berbeda, yaitu berbayar dan gratis. Sama dengan Moka POS, saat ini Kasir Pintar Free telah diunduh lebih dari 500 Ribu pengguna Android. Tidak berhenti disitu saja, meskipun layanan yang diberikan gratis, namun banyak review positif yang diberikan pada Kasir Pintar. Berbagai review tersebut hadir dari berbagai jenis pelaku usaha juga, mulai dari pengusaha laundry, warung kelontong, warung makan, dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari aspek teknologi atau sistem yang digunakan, Kasir Pintar juga menggunakan teknologi cloud yang akan lebih mempermudah kamu dari segi pengelolaan data dan informasi.

5. Majoo

Satu lagi software kasir untuk para pelaku usaha yang dapat digunakan sebagai pencatatan aktivitas transaksi adalah Majoo. Software kasir ini merupakan karya anak negeri, yaitu Majoo Indonesia. Hadir dengan tagline “Aplikasi Wirausaha”, Majoo bisa dibilang serius menggarap dan menekuni bidang ini. Pasalnya, hal tersebut dapat dibuktikan dengan berbagai fitur dan layanan yang disediakan tidak sekedar aplikasi kasir saja. Melainkan, ada berbagai fitur lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha maupun usaha yang dijalankan. Meskipun berbayar, kamu dapat melakukan uji coba gratis dengan menggunakan Majoo. Dengan begitu, kamu dapat mempelajari berbagai fitur yang ada, apakah sesuai dan cocok untuk jenis usaha yang kamu lakukan.

Itulah 5 rekomendasi software kasir yang bisa kamu gunakan untuk membantu aktivitas dan transaksi usaha UMKM kamu. Tak hanya urusan transaksi dan pembayaran, penggunaan kasir juga akan memudahkan kamu masalah penyusunan laporan keuangan secara akurat dan real time.

By Sekar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *