5 Strategi Supply Chain Untuk Optimasi Distribusi Restoran - Smartertech

5 Strategi Supply Chain Untuk Optimasi Distribusi Restoran

Strategi Supply Chain

Strategi Supply Chain termasuk dalam salah satu cara untuk dapat memaksimalkan rantai pasokan di restoran yang sedang kamu kelola. Supply Chain Management ini akan segera memudahkan pekerjaan semua orang yang terlibat ke dalam usaha tersebut, seperti halnya para pelanggan, manufaktur, distributor hingga supplier.

Tujuan dari penerapan SCM ini adalah menghemat biaya pengeluaran dari produksi hingga distribusi. Meskipun demikian, pebisnis diharapkan masih bisa memaksimalkan permintaan dari para konsumen maupun pelanggan lainnya.

Supaya dapat memaksimalkan strategi dari SCM ini, tentu saja ada banyak tantangan yang harus dihadapi pebisnis. Misalnya, dunia teknologi yang selalu mengalami perubahan menuntut manusia untuk terus beradaptasi.

Oleh sebab itulah, supaya keberlangsungan dari usaha restoran yang telah Anda miliki saat ini terus terjaga, Anda bisa langsung menyusun beberapa strategi supply chain management yang dapat segera dilaksanakan.

Berikut Strategi Supply Chain Untuk Optimasi Distribusi Restoran

  1. Membangun Hubungan Baik Dengan Partner Kemitraan

Membangun Hubungan Baik Dengan Partner Kemitraan

sumber : microthings

Salah satu strategi akurat yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara membangun serta menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan setiap supplier. Hubungan tersebut perlu terus Anda pelihara secara berkala.

Kemitraan yang baik ini dapat Anda bangun melalui komunikasi yang efektif. Setelah berhasil menjalin hubungan baik inilah, Anda akan merasakan dampak positifnya, seperti kemudahan tiap bertransaksi, volume yang meningkat, serta meminimalkan konflik yang bisa saja terjadi.

  1. Membuat Perencanaan Berdasarkan Permintaan Konsumen

Membuat Perencanaan Berdasarkan Permintaan Konsumen

sumber : harmony accounting

Strategi supply chain selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah dengan cara membuat perencanaan berdasarkan permintaan konsumen.

Dari sini yang dimaksud prinsip SCM adalah dengan mengelola permintaan yang lebih spesifik, seperti menentukan target capaian, merealisasikan strategi perencanaan yang telah dibuat, dan menyusun goals dengan tenggat waktu yang sesuai kemampuan bisnis restoran.

Perencanaan dari permintaan konsumen ini bisa dilihat dari daya tarik para pelanggan serta masukan yang telah diberikan oleh konsumen kepada bisnis usaha restoran Anda. Bila ada inovasi untuk menu terbaru, mungkin dapat Anda coba.

  1. Buat Virtual Company di Internet

Buat Virtual Company di Internet

sumber : kompas

Membuat virtual company di internet bisa dijadikan sebagai strategi supply chain. Restoran Anda akan dapat terhubung dengan dunia yang lebih luas, dan para pemasok barang pun akan siap sedia dengan bahan yang Anda inginkan.

Sebelum Anda membangun virtual company ini, Anda perlu terlebih dahulu memaksimalkan manajemen dalam restoran, sehingga langkah tersebut dapat meminimalisir biaya pengeluaran, dapat beroperasi secara efektif, serta menciptakan inovasi lebih luas lagi.

  1. Lakukan dan Terapkan Cara Integrasi Vertikal

Lakukan dan Terapkan Cara Integrasi Vertikal

sumber : aksaragama

Mengembangkan kemampuan usaha restoran dalam memproduksi barang yang sudah didapatkan dari pihak pemasok ini adalah dengan menerapkan cara integrasi vertikal. Integrasi vertikal ini terdiri dari dua jenis, yakni integrasi maju dan integrasi mundur.

Integrasi maju adalah dengan mendorong produsen atau pun restoran tertentu untuk membeli barang atau produk yang sudah jadi. Sedangkan integrasi mundur cenderung berbahaya bagi para pelaku usaha restoran karena resiko terlalu besar bila salah dalam menginvestasikan uang yang sudah ada di dalam restoran.

  1. Sistem ERP Untuk Strategi Supply Chain

Sistem ERP Untuk Strategi Supply Chain

sumber : nesabamedia

Langkah strategi terakhir yang dapat Anda terapkan dalam mengelola usaha restoran adalah dengan memanfaatkan sistem ERP yang dapat menambah wawasan data dari bisnis yang sedang dijalankan.

Usaha restoran tentu membutuhkan beragam informasi yang valid, akurat serta tepat waktu supaya bisa mengambil keputusan dengan bijak bagi strategi SCM Anda.

Sistem ERP ini akan memungkinkan restoran serta manajemen yang ada didalamnya terlibat secara langsung untuk mengakses inventaris, data produksi dari restoran, pembelian, dan juga informasi penting lainnya untuk pengambilan keputusan penting di dalam restoran.

Memanfaatkan sistem ERP ini, restoran akan lebih mudah mengontrol kinerja dari para pemasok barang serta memastikan bahan baku tersalur dengan waktu yang tepat. Anda bisa langsung menerapkan semua produk yang sudah disediakan di sini supaya lebih mudah untuk merancang strategi supply chain dalam usaha restoran.

Leave a Reply