5 Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga - Smartertech

5 Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Tips Bisnis Online

Tips bisnis online harus diketahui oleh banyak orang, tak terkecuali ibu rumah tangga yang sehari-hari berkutat dengan urusan rumah, mulai dari mengurus suami dan anak, kebersihan, hingga makanan.  

Meskipun disibukkan dengan aktivitas yang cukup melelahkan, bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa berbisnis online. Berikut ini lima tips yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga apabila ingin memulai bisnis online. 

BACA JUGA : Ini Dia Sistem Perbankan Yang Mendukung Sistem Penjualan Online

 1. Buat Jadwal Harian

Membuat jadwal harian sangat penting bagi ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis online. Dengan adanya jadwal harian, pekerjaan terkait rumah tangga dan juga bisnis tidak akan terbengkalai.

Perlu diketahui, tips pertama ini hanya bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang tidak memiliki balita. Adapun jika memiliki balita, membuat jadwal harian sulit untuk dilakukan, karena pasti akan berubah-ubah.

Kalaupun ibu rumah tangga yang memiliki balita ingin memulai bisnis online, maka mereka harus mampu mencari sisa-sisa waktu dalam mengurusi bisnisnya, seperti saat anak sedang tidur.  

2. Usahakan Memiliki Gawai Lengkap 

Bisnis online membutuhkan gawai dalam proses eksekusinya. Gawai yang dimaksud adalah smartphone dan juga laptop. Usahakan ibu rumah tangga memiliki dua gawai tersebut. 

Kalaupun tidak bisa memiliki keduanya, setidaknya smartphone harus dimiliki, namun pastikan smartphone menggunakan sistem operasi terbaru agar bisa diinstal beberapa aplikasi yang mendukung kemajuan bisnis online. 

3. Manfaatkan Media Sosial dan Marketplace

Untuk memulai bisnis online, ibu rumah tangga bisa memulainya melalui dua cara, yaitu memanfaatkan platform media sosial dan juga marketplace. 

Media sosial yang bisa digunakan untuk memulai bisnis online adalah Instagram, adapun untuk marketplace ada banyak yang bisa Anda gunakan, di antaranya Shopee, Bukalapak, dan juga Tokopedia.

4. Pilih Produk yang Tahan Lama

Jika Anda ingin berbisnis online, usahakan untuk memilih produk yang tahan lama. Alasannya, produk yang tahan lama tidak akan busuk ketika belum laku.

Lain halnya apabila produk yang dijual itu tidak tahan lama, seperti makanan dan minuman, tentu Anda akan pusing apabila makanan dan minuman tersebut tidak laku.

Jadi, pastikan Anda memilih produk yang tahan lama. Adapun untuk produk yang bersifat tahan lama ada banyak sekali, contohnya pakaian dewasa maupun anak-anak, kosmetik, obat-obatan, atau mainan.     

5. Berikan Keterangan yang Jelas 

Tips bisnis online untuk ibu rumah tangga yang terakhir adalah keterangan produk yang diberikan harus dibuat secara jelas, sehingga para pembeli tidak bertanya-tanya.

Pastikan informasi penting terkait produk yang dijual diberikan secara gamblang, mulai dari foto, spesifikasi, fitur, manfaat, dan juga harga produk. 

Dengan menerapkan tips bisnis online tersebut, peluang produk untuk laku sangat besar sekali. Jadi jangan sepelekan keterangan yang ada pada deskripsi produk yang hendak dijual.

Leave a Reply