5 Tips Penting Manajemen Dapur Restoran Bagi Pemula - Smartertech

5 Tips Penting Manajemen Dapur Restoran Bagi Pemula

Manajemen Dapur Restoran

Dapur menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap restoran. Kualitas dapur restoran Anda akan menjadi faktor penentu apakah pelanggan Anda akan kembali lagi ke restoran Anda, atau apakah pelanggan Anda akan merekomendasikan restoran Anda ke orang lain. Oleh karena itu, kemampuan manajemen dapur yang baik tentu menjadi sangat penting bagi sebuah restoran, supaya kualitas makanan terjaga dan restoran dapat memaksimalkan keuntungan.

 

Apabila Anda adalah pebisnis F&B pemula yang baru mempunyai restoran sendiri, ada baiknya Anda memperhatikan 5 tips berikut untuk memastikan manajemen dapur restoran Anda berjalan dengan baik.

Pelajari tips berikut Tentang Manajemen Dapur Restoran Bagi Pemula

1. Terapkan Sistem Manajemen Inventory yang Baik

Untuk menjalankan bisnis dengan baik, restoran harus mempunyai persediaan stok yang memadai untuk digunakan selama restoran beroperasi. Jumlah stok haruslah cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Di sinilah manajemen persediaan, atau inventory management, memegang peranan penting dalam menjaga jumlah stok dan kualitas produk secara umum.

Restoran masa kini cenderung mempercayakan manajemen persediaan kepada software teknologi restoran. Teknologi yang digunakan umumnya bukan berupa satu software terpisah, melainkan bagian dari satu sistem terintegrasi yang menghubungkan gudang tempat bahan baku dan dapur pusat. ESB Core dengan fungsi ERP-nya dapat menjadi salah satu software yang Anda terapkan di restoran Anda untuk menjalankan manajemen inventory dengan baik.

2. Perhatikan Menu Restoran Anda

Menu adalah sajian utama yang akan Anda berikan kepada pelanggan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan menu yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan adalah menu yang sudah dirancang dengan baik. Anda tentu tidak ingin menghabiskan uang pada bahan baku yang tidak populer atau tidak menguntungkan, bukan?

Anda dapat memonitor penggunaan bahan baku dan kontribusinya terhadap pendapatan Anda dengan memperhatikan Bill of Material (BOM) dari masing-masing menu. Ada bahan baku yang cepat habis tapi digunakan untuk produk yang kurang laku? Mungkin Anda bisa pertimbangkan untuk mengganti menu tersebut dengan menu lain yang lebih sesuai dengan selera pelanggan. Informasi semacam ini dapat Anda kumpulkan dengan baik jika catatan penjualan Anda tersusun dengan rapi, yang salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan software teknologi seperti software ERP.

3. Gunakan Peralatan Dapur Terbaik

Anda sudah merancang menu yang ciamik dengan penggunaan bahan baku seefisien mungkin. Anda juga sudah merekrut staff berkualitas yang siap menghadirkan makanan terbaik bagi pelanggan. Sekarang Anda perlu memperhatikan aspek lain yang tak kalah penting: peralatan dapur!

Pastikan Anda membantu mempermudah kerja staff Anda dengan membeli peralatan dapur berkualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan restoran Anda. Jika peralatan dapur telah Anda punyai, Anda juga akan perlu memastikan peralatan tersebut digunakan dan dipelihara dengan baik, supaya lebih tahan lama. 

4. Perhatikan Kebersihan Dapur

Kebersihan adalah bagian yang sangat penting dari proses manajemen dapur. Dapur adalah tempat staff Anda bekerja sepanjang hari, dan tempat produk makanan Anda dibuat. Sudah sewajarnya dapur Anda dikelola dengan baik, dengan pengorganisasian yang rapi dan penggunaan peralatan yang rapi. 

Anda dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan tertentu sebagai pedoman dalam menilai seberapa bersih dapur Anda. Apakah peralatan dapur dibersihkan secara rutin? Apakah staff Anda disiplin menggunakan sarung tangan dan hair net? Bagaimana dapur Anda mengelola sampah? Dengan merenungkan jawaban untuk pertanyaan seperti di atas, Anda akan lebih mudah memahami dapur Anda untuk melakukan intervensi yang sesuai dan diperlukan.

5. Gunakan Kitchen Display System (KDS)

Apabila Anda belum pernah mendengar Kitchen Display System atau KDS, Anda harus baca bagian ini! KDS adalah sistem pemesanan dan informasi di dapur. Adanya KDS akan memudahkan staff Anda dalam mengelola dan mengatur antrian makanan, sehingga staff Anda bisa berfokus menyuguhkan makanan terbaik bagi pelanggan!

Umumnya, teknologi KDS akan terintegrasi dengan teknologi POS, untuk meningkatkan sinergi antara waiter dan chef. Contohnya, pada ekosistem teknologi restoran milik ESB, ESB Kitchen sebagai teknologi KDS terintegrasi dengan ESB POS, sehingga restoran yang menggunakan ekosistem ESB tidak lagi terkendala masalah komunikasi antara waiter dan chef!

Demikian 5 tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk diterapkan dalam mewujudkan manajemen dapur terbaik untuk restoran Anda. Tertarik menerapkannya di restoran Anda?

Leave a Reply