7 Bisnis Makanan yang Menjanjikan, dijamin Laris Manis - Smartertech

7 Bisnis Makanan yang Menjanjikan, dijamin Laris Manis

Bisnis Makanan Yang Menjanjikan

Memulai bisnis memang tidak mudah, mulai dari ide hingga modal harus dipikirkan dengan matang. Salah satu bisnis yang bisa kamu coba adalah bisnis kuliner. Bidang Kuliner memang tidak pernah mati, akan selalu ada suatu hal baru dari bisnis ini. Ide yang dikembangkan bisa dari makanan atau minuman luar negeri, tidak hanya meniru tapi ada saja ide untuk mengkombinasikan satu makanan dengan makanan lainnya, seperti adanya ayam saus telur asin. Bisnis makanan cukup tergolong tidak membutuhkan modal besar, dan juga cukup menjanjikan untuk laba yang diperoleh.

BACA JUGA : 5 Tips Memilih Supplier Bahan Baku Restoran Terbaik

Berikut Daftar Ide Bisnis Makanan Yang Bisa Anda Coba

1. Fried Chicken

Olahan ayam memang banyak macamnya, namun dari begitu banyaknya pilihan menu ayam yang tersedia di Indonesia, fried chicken atau ayam goreng tepung masih menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Lihat saja ke sekeliling Anda, pasti ada kios dan restoran yang menjual menu fried chicken. Jenisnya bisa bermacam-macam, tidak jarang juga yang mengadaptasi jenis fried chicken dari beberapa daerah, Korea misalnya. Berbagai varian penyajian seperti saus atau bumbu-bumbu pelengkap menjadi ciri khas tersendiri. Usaha fried chicken yang akan Anda rintis bisa disesuaikan dengan target pasar yang ingin dituju. Apabila lokasinya dekat dengan sekolah dan kampus, maka Anda bisa memilih untuk menu yang bisa dijual relatif ramah kantong mahasiswa seperti contohnya menu ayam geprek yang sedang populer.

2. Frozen Food

Siapa yang tidak pernah makan frozen food? Frozen food adalah salah satu usaha kuliner yang paling laku saat ini. Frozen food atau makanan beku seperti nugget, sosis, tempura, dimsum, bakso dan kentang sudah mulai familiar. Berbagai jenis makanan beku ini bisa dijadikan lauk maupun camilan sehari-hari. Harga yang ditawarkan pun saat ini telah lebih bervariasi, dari yang paling mahal hingga yang paling murah telah ada. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan dan juga modal. Berjualan frozen food juga tidak membutuhkan banyak printilan, Anda hanya butuh kotak freezer dan lemari es untuk menaruh stok barang. Ditambah dengan beberapa lembar spanduk, pamflet dan promosi lewat media sosial, jenis usaha kuliner yang paling laku ini dapat Anda jalankan. Bukan hanya dijual secara langsung ke konsumen, Anda juga bisa merintis menjadi distributor frozen food lho!

3. Makanan Korea

Budaya Korea banyak digandrungi anak muda di Indonesia, alih-alih ngefans dengan drama korea, makanan korea pun juga tidak kalah pamor keberadaannya. Bermula dari tren drama korea seolah memberikan panggung tersendiri untuk makanan korea. Makanan korea pun banyak macamnya mulai dari yang tidak pedas hingga sangat pedas tergantung selera. Penyajian ala-ala dengan sumpit dan aksesoris korea lainnya membuat bisnis ini menjadi lebih kekinian dan terasa berada di Korea. Anda bisa memilih lokasi yang strategis dan memainkan strategi marketing untuk menjangkau pasar.

4. Camilan Kering

Camilan memang banyak digandrungi sebagai teman nonton atau akhir pekan bersama keluarga. Camilan seringkali selalu ada di meja keluarga ataupun meja belajar. Camilan kering berbumbu pedas adalah yang paling banyak dicari dan diminati di Indonesia. Sebut saja keripik singkong, kerupuk kulit, makaroni, mie lidi, seblak dan batagor kering, adalah beberapa contoh camilan kering yang biasanya dijual dengan campuran bumbu pedas. Tampilan camilan kering yang kemerahan ini sangat populer dan mengundang banyak pelanggan. Selain menarik dan memiliki prospek pasaran yang bagus, Anda juga tidak perlu membuat sendiri aneka snack kering ini. Anda tinggal mencari pemasok atau bekerja sama dengan pembuat makanan ringan tersebut. Anda bisa melakukan pengemasan ulang dan strategi promosi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

5. Gorengan

Harganya yang murah dan mudah ditemukkan dimana-mana tidak membuat pamor gorengan redup. Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi gorengan tidak perlu diragukan lagi. Aneka gorengan selain disantap sebagai cemilan juga dapat dijadikan lauk. Sebut saja tahu isi goreng, tempe mendoan goreng, dan bakwan sayur. Ketiganya adalah jenis gorengan yang wajib ada dalam setiap bisnis kuliner yang satu ini, yang bisa disantap sebagai camilan maupun lauk. Usaha kuliner juga tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa mengembangkan bisnis gorengan dengan inovasi pada kemasan atau penyajiannya.

6. Makanan Sehat

Tidak selalu jajanan itu tidak sehat. Sudah menjadi tren beberapa waktu kebelakang pola hidup sehat menjadi tren yang digandrungi orang-orang. Hal ini membuat eksistensi bisnis kuliner makanan sehat seperti salad sayur, smoothie buah dan sayur, Vietnam spring roll, vegan oat bowl atau makanan-makanan vegan lainnya semakin meningkat. Anda dapat menjalankan usaha kuliner makanan sehat ini dengan sistem pre order atau PO guna menjaga kesegaran bahan yang digunakan. 

7. Seblak

Terakhir, Anda dapat mencoba jenis usaha kuliner seblak. Seblak termasuk kuliner khas Bandung yang sudah banyak ditemukan di berbagai daerah. Makanan ini banyak disukai karena rasanya yang pedas dan teksturnya yang unik. Seblak digemari oleh anak-anak muda sebagai camilan yang mengenyangkan dengan harga relatif terjangkau. Membuka usaha seblak selain tidak membutuhkan modal yang besar, juga tidak membutuhkan keahlian memasak ala chef-chef restoran. Ini karena seblak mudah dibuat, dan bahan-bahan utamanya seperti kerupuk, jamur, sosis, bakso, makaroni juga gampang ditemukan. Varian seblak juga bisa Anda Kembangkan untuk memperbanyak menu seblak yang bisa Anda jual.

Berbagai pilihan di atas bisa Anda coba menyesuaikan lokasi dan modal yang Anda miliki. Anda juga harus pandai-pandai dalam menyusun strategi yang tepat dalam memasarkan bisnis kuliner Anda. Karena ide yang baik saja tidak cukup untuk membuat bisnis yang berhasil.

1 Comment
Leave a Reply