7 Bisnis yang Menjanjikan Untuk Anda Coba di Era Pandemi - Smartertech

7 Bisnis yang Menjanjikan Untuk Anda Coba di Era Pandemi

Bisnis Yang Menjanjikan

Di era pandemi Covid-19, masyarakat dihimbau untuk lebih banyak beraktivitas dan bekerja di rumah saja. Dengan berkegiatan di rumah saja, tentunya membuat Anda lebih sering berinteraksi dengan orang dan keluarga di rumah. Di satu sisi, hal ini memang membawa dampak yang baik karena bisa mendekatkan kembali interaksi antar anggota keluarga. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga, beberapa diantara kita jenuh akan kondisi yang demikian.

Kondisi jenuh ini, bisa Anda maksimalkan menjadi suatu hal yang jauh lebih bermanfaat. Seperti contohnya Anda bisa mencari hobi baru, yaitu masak bersama keluarga, menanam tanaman, memelihara binatang, berolahraga dari rumah bersama keluarga dan masih banyak hal lainnya yang bisa Anda lakukan. 

Selain hobi, Anda juga dapat memunculkan berbagai ide bisnis di era pandemi yang dapat dilakukan guna menambah pendapatan. Ide bisnis di era pandemi bisa bersumber dari hobi tadi.

BACA JUGA : Apa Itu Cashflow & Pentingnya Dalam Sebuah Bisnis

Berikut Rekomendasi Bisnis yang Dapat Anda Coba di Era Pandemi Ini

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu ide bisnis di masa pandemi yang masih terbilang potensial, meski ada beberapa perubahan kebiasaan yang harus diadaptasi. Mengapa demikian? Karena faktanya akan ada sebagian besar orang yang mungkin memiliki kesibukan kantor sampai tidak sempat membuat masakan untuk di rumah. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang pas bagi Anda yang memiliki hobi memasak dapat mulai membuka jasa katering harian, frozen food, hingga makanan sehari-hari yang dijual di rumah.

Cara mempromosikan bisnis kuliner sekarang terbilang cukup mudah. Anda bisa saja mengiklankan lewat Facebook, Instagram, dan WhatsApp Status. Bisa juga Anda tawarkan langsung kepada teman, rekan kerja, atau tetangga untuk membeli masakan Anda, dan juga menggunakan aplikasi online sudah mudah. Anda cukup mendaftarkan bisnis kuliner Anda, langsung terdaftar.

2. Bisnis Membuat Hand Sanitizer dan Masker Kain

Menjaga kebersihan menjadi hal yang wajib dilakukan di era pandemi ini. Menurut Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarinvest) dalam laman resmi covid19.co.id, masyarakat wajib mematuhi 3M dan 3T, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak serta tracing, testing, dan treatment. Wajib dilakukan demi menekan penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut tentu membuka peluang baru yakni menjual masker kain dan hand sanitizer.

Tetapi, Anda perlu memperhatikan soal ketelitian dan higienis. Selain itu, perlu diperhatikan imbauan Badan Kesehatan Dunia (WHO), tentang formulasi alkohol khusus untuk membuat hand sanitizer melalui laman resminya.

3. Tutor Bimbingan Belajar

Masa pandemi membawa banyak perubahan, seperti kerja dari rumah dan sekolah dari rumah. Banyak orang tua yang tidak sempat mengatur waktunya untuk ikut membantu anaknya agar lebih memahami pembelajaran. Dengan begini, tidak sedikit orang tua yang memerlukan jasa tutor bimbingan belajar.

Tutor bimbel dapat dilakukan dalam 2 hal, yaitu secara online atau berkunjung langsung ke rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

4. Menjadi Ahli Kebugaran

Di tengah pandemi Covid-19, kondisi kesehatan menjadi salah satu hal yang paling penting. Hal ini turut membuka peluang bagi Anda yang gemar berolahraga untuk membuka jasa seperti menjadi tutor fitness.

Ditambah lagi banyak fasilitas penunjang kesehatan seperti tempat gym dan kolam renang banyak yang tutup di tengah pandemi, dengan hanya bermodalkan smartphone dan keahlian Anda dalam olahraga, Anda bisa menjadi tutor fitness online, menawarkan layanan privat ke rumah, ataupun menjadi konsultan kebugaran.

5. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Bisnis menjadi reseller ini ternyata memiliki peluang usaha di masa pandemi yang cukup menjanjikan. Karena masyarakat juga tetap memerlukan kebutuhan sandang seperti pakaian maupun kebutuhan pangan, bahkan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Menurut data Kemenkominfo, orang yang melakukan aktivitas belanja online selama pandemi meningkat begitu pesat mencapai 400%.

Belum lagi apabila Anda memilih usaha menjadi dropshipper ini tidak memerlukan modal yang banyak, Anda hanya perlu menemukan produk yang baik di pasaran dan mulai memasarkan produk dengan baik agar mendapatkan keuntungan yang banyak.

6. Bisnis Minuman Kesehatan

Bisnis minuman kesehatan juga memiliki potensial yang tidak kalah dengan usaha lainnya.  Masa pandemi Covid-19 menyadarkan setiap orang untuk lebih menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik. Tujuannya adalah agar tidak mudah terkena paparan virus. 

Jamu tradisional adalah contoh sederhana peluang bisnis yang menjanjikan. Kunyit asam, dikenal sebagai antibiotik sekaligus ramuan yang dapat menjaga tubuh agar imunitas maksimal dan tidak mudah sakit. 

Bahan pembuatnya mudah Anda temui di pasaran dan tersedia melimpah dengan jumlah peminat dari segala kalangan usia. Modal terjangkau dengan peluang penghasilan yang menjanjikan sebagai bisnis sampingan yang harus dicoba saat ini.

7. Menjadi Youtuber atau Influencer Social Media

Selain berbagai ide bisnis di masa pandemi tersebut, Youtuber dan Influencer menjadi salah satu jenis pekerjaan lain yang ramai dibicarakan di tengah Pandemi Covid-19. Karena, banyak orang yang memerlukan hiburan di tengah rutinitas padat, ditambah lagi harus menghadapi kejenuhan di rumah. Anda bisa mulai aktif bersosial media dan mengumpulkan banyak followers untuk menjadi influencer maupun YouTuber. Berbagai konten dapat dibuat seperti meng-cover lagu, berbagi tips dan informasi, membagi resep masakan, atau pun hal menghibur lain yang positif.

Itu beberapa referensi ide bisnis di masa pandemi yang banyak dilakukan dan menghasilkan untung lumayan besar. Selain menjalin interaksi yang baik dengan keluarga di rumah, tapi juga bisa membuat pendapatan lebih walau hanya di rumah saja.

1 Comment
Leave a Reply