7 Cara Jualan Online Tanpa Perlu Stok Barang, Cuma Modal Smartphone - Smartertech
Thu. Feb 9th, 2023
Cara Jualan Online

Memiliki bisnis sendiri menjadi impian bagi sebagian besar orang, baik dari kalangan muda maupun dewasa sekalipun. Bahkan tak jarang milenial sekarang memiliki cita-cita sebagai seorang pengusaha. Hal ini tak lepas dari fenomena banyaknya orang sukses yang muncul sebagai seorang pengusaha besar dengan cara jualan online. Baik usaha kuliner, properti, konveksi, garmen, dan masih banyak lagi. Wajar saja jika tokoh-tokoh ini yang secara langsung maupun tidak langsung menjadi motivasi bagi masyarakat untuk memulai usaha serupa.

Namun dalam praktiknya, masih banyak lho yang terhambat mimpinya untuk menjalankan bisnis karena faktor modal. Memang tak bisa dipungkiri, modal menjadi salah satu faktor terpenting yang harus diperhitungkan dan dipersiapkan dalam menjalankan bisnis. Di era sekarang, saat perkembangan teknologi semakin berjalan pesat, berbagai aspek kehidupan telah merambah ruang online. Termasuk halnya dalam menjalankan bisnis.

7 Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Tanpa Stok Barang

Cara Jualan Online

Bisnis online banyak digandrungi oleh masyarakat sebagai suatu solusi menjalankan bisnis tanpa harus memikirkan modal besar. Bahkan bisnis online bisa dijalankan tanpa modal sekalipun!

Bagaimana bisa? Artikel kali ini akan mengulas lengkap bagaimana cara jualan online tanpa modal dan tanpa perlu stok barang. Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya!

1. Cara Jualan Online Dengan Menentukan Produk dan Pasar Penjualan

Tahap awal yang tidak boleh diremehkan terkait bagaimana cara jualan online adalah menentukan produk yang tepat dengan pasar penjualan yang sesuai. Sebelum memulai jualan online, kamu harus terlebih dahulu menentukan apa saja jenis produk yang akan dijual. Dalam hal ini, kamu bisa mencari tahu produk apa yang banyak diminati dan dibutuhkan masyarakat. Biasanya produk yang banyak dibutuhkan masyarakat bisa menjadi jenis produk yang potensial jika dijual. Jika rasanya kamu ingin memberikan effort terbaik dalam memulai bisnis, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan menyebarkan kuesioner acak kepada masyarakat.

2. Buatkan Akun Media Sosial untuk Jualan

Tentu dalam berjualan online, tidak bisa dilepaskan dari peran media sosial. Setelah berhasil menentukan jenis produk yang akan dijual, kamu bisa mulai membuat akun media sosial untuk berjualan online. Dengan membuat akun media sosial, kamu bisa mempromosikan/memasarkan barang dengan mudah, tanpa harus menyewa atau membeli tempat. Bahkan kamu bisa stok barang tergantung permintaan konsumen, lho!

Bagian penting yang perlu digarisbawahi adalah bagaimanakah media sosial yang baik untuk berbisnis online? Saat membuat akun media sosial untuk bisnis, pastikan bahwa kamu mencantumkan informasi lengkap yang mempermudah pelanggan untuk bertransaksi. Di bagian bio, kamu bisa mencantumkan cara memesan produk, alamat, nomor telepon, dan lainnya. Pastikan juga akun media sosial yang kamu buat menggunakan foto profil yang jelas, supaya pelanggan tidak merasa bingung atau ragu. Satu lagi, media sosial yang menarik dan kreatif akan lebih menarik perhatian calon pelanggan kamu!

3. Cara Jualan Online Dengan Cari Supplier dan Jadilah Dropshipper

kamu bisa bergabung sebagai reseller produk dengan sistem dropship supaya bisa berjualan tanpa modal dan stok barang. Saat ini kamu sudah bisa menemukan banyak usaha dagang berskala besar yang melayani permintaan reseller produk mereka dengan sistem dropship. Hal ini cocok bagi kamu yang menginginkan berbisnis tanpa modal sama sekali, melalui sistem dropship, kamu bisa berjualan meski tidak menyediakan stok barang. Saat ada pesanan, kamu bisa menghubungi supplier untuk mengirimkan barang ke alamat pembeli. Nantinya barang yang dikirim supplier akan dikirim ke pembeli atas nama toko kamu. 

4. Posting Produk di Media Sosial Secara Konsisten

Supaya usaha jualan online kamu bisa semakin berkembang, kamu sebaiknya posting konten produk yang ditawarkan di media sosial secara konsisten. Testimoni pengguna termasuk sebagai salah satu hal penting yang harus dimiliki agar usaha jualan kamu bisa terlihat lebih terpercaya di masyarakat. Jika kamu konsisten, seiring berjalannya waktu, akan banyak orang yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

5. Buat Konten yang Menarik dan Edukatif

Jangan sampai kamu hanya menggunakan media sosial untuk promosi atau berjualan, ini akan membuat followers kamu bosan dengan konten kamu. Konten menarik dan edukatif yang dibuat tentunya memiliki topik yang masih sejalan dengan produk yang ditawarkan. Dengan adanya konten edukatif, para follower bisa mendapat pengetahuan baru dan berpotensi menyukai produk kamu. Melalui konten edukatif dan kreatif, kamu bisa lho berpromosi tanpa terlihat melakukan promosi.

6. Cara Jualan Online Dengan Ciptakan Promo Menarik

Sudah bukan hal aneh ketika seseorang mengejar diskon. Sebagian orang bahkan memilih memberi barang yang memberikan diskon terbesar meski harus berbeda dari rencana pertama. Hal ini menjadi alasan mengapa kamu perlu sekali membuat promo menarik untuk menarik pembeli. Promo bisa berupa potongan harga, paket bundling, atau penawaran menarik lainnya. Iklankan promo kamu melalui berbagai media sosial yang bisnis kamu miliki.

7. Manfaatkan Platform E-commerce

Saat ini berjualan online bukan hanya bisa dilakukan melalui media sosial atau status Whatsapp. kamu bisa memanfaatkan beragam jenis platform e-commerce yang biasa digunakan untuk cara jualan online. Disini kamu bisa berperan sebagai penjual tangan pertama maupun reseller atau dropshipper. Tentunya setiap platform memiliki kebijakannya masing-masing seperti biaya administrasi maupun biaya kirim. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan distribusi pelanggan kamu mayoritas ada dimana.

Itulah 7 cara jualan online yang bisa kamu lakukan tanpa perlu modal maupun stok barang. Langkah-langkah di atas bisa menjadi tahap awal dalam merambah bisnis online. Jika kamu sudah mampu menguasai pasar, kamu bisa menyusun strategi tepat lainnya untuk mengembangkan bisnis.

By Sekar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *