7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan untuk Bisnis F&B - Smartertech

7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan untuk Bisnis F&B

Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan sangat penting bagi sebuah perusahaan, tak terkecuali perusahaan yang bergerak di sektor F&B (food and beverage). Dengan adanya loyalitas, perusahaan akan semakin mudah dalam menjual berbagai macam produknya.

Mengingat loyalitas sangat dibutuhkan oleh perusahaan F&B, tentu para owner harus memiliki strategi dalam meningkatkannya. Jika Anda seorang owner, berikut ini tujuh cara meningkatkan loyalitas pelanggan yang bisa Anda terapkan.

BACA JUGA : F&B Service Yang Wajib Dimiliki Oleh Pebisnis Kuliner

1. Jaga Kualitas Produk

Para pelanggan pasti akan kecewa ketika produk dari perusahaan F&B mengalami penurunan. Oleh karena itu, Anda harus tetap menjaga kualitas produk.

Semakin kualitas produk terjaga, para pelanggan tidak akan kecewa. Ketika para pelanggan tidak merasa kecewa, maka mereka akan lebih loyal terhadap perusahaan.

2. Tingkatkan Kualitas Produk

Ketika kualitas produk sudah terjaga, tentu Anda harus menaikkan levelnya, yaitu dengan meningkatkan lagi kualitas produk yang sudah dimiliki oleh perusahaan.

Meningkatkan kualitas produk untuk perusahaan yang bergerak di sektor F&B bisa melalui beberapa hal, di antaranya mengganti bahan standar dengan bahan terbaik.

3. Berikan Pelayanan Terbaik

Tugas memberikan pelayanan terbaik merupakan tugas semua pegawai yang ada di perusahaan. Namun pegawai yang sering bertemu para pelanggan merupakan ujung tombaknya.

Pelayanan terbaik bukan hanya dari segi penyajian hidangan saja, namun juga attitude para pegawai, seperti menyapa, senyum, mengucapkan salam, dan merespons keluhan pelanggan dengan cepat.

4. Buat Promosi

Agar loyalitas pelanggan semakin meningkat, jangan lupa untuk membuat promosi produk, seperti beli dua gratis satu pada momen penting.

Ada banyak momen penting yang bisa Anda pilih, seperti hari raya keagamaan, hari peringatan nasional, maupun hari ulang tahun dari perusahaan.

5. Berikan Program Loyalitas

Agar loyalitas para pelanggan semakin meningkat, Anda harus menyiapkan program loyalitas. Terkait program loyalitas ini ada dua cara yang bisa diterapkan.

Pertama, Anda memberikan kartu keanggotaan kepada para pelanggan. Dengan kartu keanggotaan, para pelanggan bisa mendapatkan beberapa manfaat, di antaranya potongan harga.

Kedua, Anda memberikan poin penghargaan. Poin ini bisa didapatkan dari jumlah pembelian yang dilakukan oleh para pelanggan. Jadi semakin sering pelanggan melakukan pembelian, maka poin yang mereka dapatkan juga akan semakin banyak. 

Adapun untuk hadiah dari poin penghargaan bisa berupa potongan harga atau satu menu gratis ketika poin yang terkumpul sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak perusahaan.

6. Minta Penilaian Pelanggan

Setiap pelanggan pasti memiliki penilaian terhadap produk atau menu yang disajikan. Untuk menampung penilaian tersebut, Anda bisa menyediakan kontak khusus kritik dan saran.

Dari banyaknya penilaian yang masuk, perusahaan bisa memilihnya untuk diterapkan agar loyalitas para pelanggan bisa semakin meningkat ke depannya.

7. Tetap Jalin Hubungan dengan Pelanggan

Untuk menjalin hubungan dengan para pelanggan bisa melalui banyak platform, seperti Instagram. Pegawai yang bertugas sebagai admin media sosial harus mau membalas pertanyaan yang diajukan oleh para pelanggan. 

Dengan demikian, loyalitas pelanggan akan semakin meningkat karena mereka merasa diperhatikan sehingga tercipta satu ikatan yang kuat antara pelanggan dan perusahaan. 

Leave a Reply