7 Contoh Aplikasi ERP Yang Banyak Digunakan Untuk Bisnis F&B - Smartertech

7 Contoh Aplikasi ERP Yang Banyak Digunakan Untuk Bisnis F&B

Contoh Aplikasi ERP

Aplikasi ERP atau singkatan dari Aplikasi Enterprise Resource Planning memiliki fungsi untuk membantu sebuah perusahaan dalam mengelola berbagai kegiatan bisnis. Contohnya bagian keuangan, produksi, sales, suatu proyek, Sumber Daya Manusia dan masih banyak lagi.

Selain itu, keberadaan aplikasi ERP juga dapat membantu sebuah perusahaan yang sedang mengumpulkan berbagai data transaksi dalam berbagai sumber. Dengan begitu, perusahaan tersebut memiliki data yang disimpan secara aman.

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi ERP sangat banyak ditemukan di pasaran, dan aplikasi-aplikasi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Meskipun begitu ada beberapa aplikasi ERP yang cocok untuk bisnis jenis F&B.

Berikut Aplikasi ERP Yang Banyak Digunakan Untuk Bisnis F&B

1. ESB Core

Contoh Aplikasi ERP pertama yang perlu Anda coba adalah ESB Core. Di dalam aplikasi tersebut, terdapat berbagai solusi menyeluruh untuk pengusaha F&B dalam mengatur operasional bisnisnya. ESB Core menyediakan fitur berteknologi cerdas, mulai dari pembelian, persediaan barang, produksi, accounting, keuangan, hingga laporan yang bisa dihadirkan secara instan. Dengan fitur sebanyak itu, para pengusaha tidak perlu bingung untuk mencari aplikasi ERP yang memiliki fasilitas sangat lengkap. 

2. gtERP-Software ERP

gtERP ini berasal dari Gamatechno Enterprise Suite (GES) yang merupakan sebuah sistem ERP untuk membantu serta memudahkan bisnis suatu perusahaan. Pada dasarnya, aplikasi ini tidak hanya untuk jenis bisnis F&B saja, tetapi juga cocok untuk pertambangan, konstruksi, manufaktur, retail, hotel, dan masih banyak lagi.

Selain itu, gtERP ini juga memudahkan dalam bidang keuangan, perencanaan SDM, bahkan hingga inventaris perusahaan. Dengan pilihan seperti itu, aplikasi ini bisa menjadi pilihan bagus untuk bisnis Anda.

3. Oracle’s E-Business Suite

Oracle’s E-Business Suite yang sering disebut sebagai EB Suite adalah contoh aplikasi ERP yang sudah lama ada di dunia tersebut. Aplikasi ERP ini memiliki berbagai modul seperti SCM, HRMS, Project, Procurement, dan juga CRM. Keberadaan modul tersebut memberikan kemudahan untuk pengusaha dalam perencanaan sumber daya perusahaan.

4. Sage Inttact

Contoh aplikasi ERP seperti Sage Inttact sempat menjadi salah satu aplikasi terbaik di tahun 2020 untuk jenis ERP. Aplikasi ini menawarkan berbagai modul yang alat keuangannya sudah didukung oleh AICPA  untuk CPA. Aplikasi Sage Inttact memiliki fasilitas video tutorial dan juga panduan pada setiap langkah untuk memudahkan penggunanya.

Sage Inttact ini juga dapat memisahkan kontrol akses pengguna. Hal tersebut bertujuan agar dapat disambungkan dengan aplikasi lain yang mempunyai proses ERP. Contohnya seperti pembayaran online, CRM, hingga manajemen perjalanan.

5. NetSuite ERP

Aplikasi bernama NetSuite ERP ini juga sering dipakai pada jenis usaha F&B dan lainnya. Hal itu dikarenakan aplikasi ini kaya dengan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tersebut. Oleh sebab itu, salah satu contoh aplikasi ERP ini sangat fleksibel pada bisnis apapun.

Keunggulan yang diberikan NetSuite ERP adalah memiliki fitur perencanaan catatan keuangan dari audit hingga jumlah pengeluaran dalam industri tersebut.

6. Odoo ERP

Odoo ERP sudah terintegrasi dengan web builder, toko online, POS, CRM, dan juga berbagai aplikasi penjualan lainnya. Aplikasi ERP ini juga dapat membantu pengusaha F&B yang sedang berkembang karena mempunyai 1000 modul dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Fitur unggulan pada Odoo ERP ini antara lain penjualan, akuntansi, POS, inventaris, hingga manajemen proyek yang dapat dibutuhkan perusahaan tersebut.

7. Compiere

Contoh aplikasi ERP terakhir yang sering digunakan pebisnis F&B adalah Compiere. Sistem aplikasi ini dikembangkan khusus untuk pembuatan dan juga perencanaan sumber daya manajemen gudang. Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan sistem cloud sehingga sangat mudah untuk diakses dimanapun selama memiliki jaringan internet.

Fitur yang diunggulkan pada Compiere adalah manajemen produk, pesanan, material, persediaan, keuangan, hingga CRM.

Demikian 7 contoh aplikasi ERP yang banyak digunakan untuk bisnis F&B. Tentunya berbagai aplikasi yang sudah disebutkan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Apapun itu, semoga aplikasi tersebut dapat memberikan keuntungan pada bisnis yang Anda jalani.

2 Comments
Leave a Reply