7 Keuntungan Transaksi Online Bagi Pemilik Usaha Di Era Digital - Smartertech

7 Keuntungan Transaksi Online Bagi Pemilik Usaha Di Era Digital

Transaksi Online

Transaksi online telah banyak dipilih oleh para pemilik usaha dalam inovasi bisnis. Terlebih saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, para pelaku bisnis berlomba-lomba beralih ke arah digitalisasi untuk meningkatkan efektivitas dari proses bisnisnya. Masyarakat pun saat ini mulai mengenal budaya “cashless” atau transaksi non tunai, terutama saat pandemi untuk mengurangi kontak langsung dengan orang lain maupun benda di sekitar.

Transaksi online dinilai lebih mudah dan praktis baik dari sisi penjual maupun pembeli dalam bertransaksi. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menerapkan transaksi online pada bisnis yang kamu miliki, simak ulasan di bawah ini yuk untuk informasi selengkapnya!

Berikut keuntungan Transaksi Online Bagi Pemilik Usaha Di Era Digital

1. Sistem Pembayaran Lebih Praktis

Proses pembayaran pada transaksi online memberikan kemudahan baik bagi konsumen maupun pemilik bisnis. Fitur pembayaran transaksi online memungkinkan proses verifikasi pembayaran terjadi secara instan, konsumen tidak perlu mengirimkan struk bukti pembayaran secara manual sehingga kamu tidak perlu mencatat secara manual bukti pembayaran tersebut. Tentunya hal ini juga dapat meminimalisir kesalahan atau human error serta dapat mempercepat proses transaksi.

2. Efisiensi Kebutuhan Tenaga Kerja

Transaksi online menggunakan teknologi digital dalam prosesnya, kebutuhan tenaga kerja dapat dikurangi karena semuanya digantikan oleh kecanggihan teknologi.. Pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manual oleh karyawan, dengan transaksi online semuanya akan diselesaikan lebih efisien oleh sistem yang ada, kecuali pada kebutuhan khusus jika dijumpai kendala, seperti koneksi internet belum memadai.

3. Meminimalisir Pengeluaran Uang

Walau di awal membutuhkan modal banyak, karena kamu perlu menggunakan komputer atau laptop, perangkat lunak untuk mendukung transaksi, dan koneksi internet. Tapi, tentu dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga lebih bisa meningkatkan efisiensi pengeluaran bisnis yang kamu miliki.

4. Keamanan Terjamin

Transaksi online mengarahkan konsumen memiliki kata sandi yang dapat diubah dari setiap perangkat pendukung transaksi, baik aplikasi perbankan maupun layanan fintech. Sehingga transaksi online memungkinkan pemilik usaha maupun konsumen agar terhindar dari tindak kejahatan seperti pencurian atau penipuan.

5. Informasi Cepat Tersampaikan

Saat transaksi online mengalami kendala, kamu bisa langsung memberikan informasi tersebut kepada pelanggan dalam hitungan jam bahkan menit. Dengan kecepatan penyebaran informasi tersebut, komunikasi dengan pelanggan pun semakin baik sehingga membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan dari usaha bisnismu.

6. Pembukuan Keuangan Terorganisir

Pembukuan keuangan memang hal yang tidak mudah. Bahkan beberapa kondisi dibutuhkan orang yang berkompeten dalam menghasilkan pembukuan yang baik dan tepat. Pembukuan keuangan pada transaksi digital akan lebih mudah dilakukan, karena setiap transaksi sudah tercatat secara otomatis pada riwayat transaksi sistem. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mencatat setiap transaksi secara manual. Kesalahan pada pembukuan keuangan pun juga lebih bisa dihindari, karena semua telah tercatat otomatis.

7. Integrasi Lebih Mudah

Dengan menggunakan fitur transaksi online, kamu bisa mencatat semua transaksi yang terjadi dalam suatu periode. Sebagai pemilik bisnis, kamu juga bisa memantau kapanpun dan dimanapun dengan mudah dan praktis. Selain itu, kamu bisa mengambil keputusan dengan cepat, karena hasil analisis yang cepat dan tepat telah dilakukan oleh sistem.

Setelah mengetahui berbagai keuntungan transaksi online tentunya kamu perlu tahu bagaimana memulai menerapkan fitur transaksi online pada bisnis yang kamu jalankan. Tenang saja, kamu tidak perlu merasa khawatir akan rumitnya membangun sistem untuk menghadirkan layanan transaksi online. Contohnya saja dalam berbisnis kuliner. Kamu bisa mulai dengan menerapkan teknologi digital pada beberapa aspek dalam bisnismu. Saat ini telah banyak perusahaan yang bisa membantu kamu untuk go-digital, dengan menyediakan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis & juga dapat memaksimalkan transaksi online. Namun, sebagai pemilik usaha kamu harus bijak dalam memilah dan memilih penyedia layanan yang tepat. Mulai dari fitur yang diberikan, harga yang ditawarkan, hingga kemudahan penggunaan. Tidak lucu jika kamu keliru memilih sistem yang rumit digunakan, bukannya meningkatkan efektivitas justru memperlambat pekerjaan kamu dong!

ESB bisa menjadi rekomendasi terbaik perusahaan penyedia layanan transaksi online untuk usahamu. Dengan fitur ESB POS kamu bisa menghubungkan  pemesanan, dapur, food runner, kasir, dan pelanggan ke dalam 1 alur semi/full-otomatis. Tentunya sistem yang dimiliki ESB POS ini membantu kamu dalam mengotomatisasi proses penjualan di outlet dengan cara yang paling efisien. Meski tergolong baru, hingga saat ini ESB telah banyak digunakan oleh brand ternama pada ribuan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti BOGA Group, Ismaya Group, dll. Sistem pembayaran ESB POS sudah terkoneksi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti QRIS payment, OVO, Dana, LinkAJA, Gopay, TADA, QoQi, loyalty sistem, voucher sistem, multi bank ECR yang memberikan banyak pilihan pembayaran kepada pelanggan bisnis yang kamu punya.

Selain fitur ESB POS, ESB juga memiliki fitur ESB Order yang akan membantumu mengenali konsumen melalui berbagai cara. ESB Order merupakan teknologi aplikasi pemesanan untuk Dine In, Take Away, Delivery, dan Pick Up, yang sangat efisien serta mampu memberikan kenyamanan langsung kepada pelanggan. Sistem yang disediakan ESB Order mempermudah pelanggan melakukan pemesanan dalam rangkaian proses yang sangat cepat. Pemesanan dan pembayaran dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. ESB Order telah terhubung dengan beberapa payment gateway (Xendit, Midtrans, Ipay88, Faspay, ShopeePay, Yukk). Sistem layanan pengiriman instan (GoSend, Shipper, Lalamove) dan Loyalti Program. ESB Order juga bisa mengenali promosi bank/kartu kredit yang kamu terapkan secara otomatis.

Nah, menarik bukan? Tentunya masih banyak lagi fitur yang ditawarkan ESB untuk mempermudah bisnis yang sedang kamu jalankan. Kamu bisa mengembangkan bisnismu lebih besar dengan partner yang tepat dalam memberikan layanan transaksi online. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

Leave a Reply