7 Peluang Usaha Rumahan Unik, Cocok untuk Tambahan Penghasilan - Smartertech

7 Peluang Usaha Rumahan Unik, Cocok untuk Tambahan Penghasilan

Peluang Usaha Rumahan

Peluang usaha rumahan pada zaman sekarang tidaklah sesulit beberapa tahun lalu. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu kendala dalam membuat usaha rumahan adalah inovasi pada ide bisnis yang kita buat.

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mempertahankan sebuah usaha, kamu perlu mempunyai ide yang unik, berbeda, dan tentunya dibutuhkan konsumen. Saat kamu berhasil membuka peluang usaha rumahan unik, maka penghasilan akan datang dengan sendirinya.

Jika kamu sedang mencari peluang usaha rumahan yang unik, simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA : Peluang Bisnis Online Ini Akan Booming Di Era Endemi

1. Peluang Usaha Rumahan Katering Sehat

Peluang Usaha RumahanSumber : freepik.com

Peluang usaha rumahan unik yang pertama adalah membuat katering sehat. Jenis usaha katering atau tata boga sudah ada sejak lama dan sangat umum di masyarakat. Bahkan, kamu bisa menemukan pengusaha katering di sekitar rumah atau di daerah perkantoran dan kampus.

Akan tetapi, menyajikan jenis katering sehat masih sangat jarang ditemukan. Makanan yang disediakan catering sehat ini biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggannya. Contohnya, seseorang yang tengah diet akan ditawarkan berbagai menu dengan kandungan garam yang rendah.

Maka dari itu, kamu perlu pengetahuan mendalam tentang kondisi kesehatan dan juga gizi makanan jika ingin membuka usaha ini. Saat ini, usaha katering sehat baru ditemukan pada kota-kota besar saja. Hal itu membuat bisnis ini bisa kamu coba karena persaingan belum ramai.

2. Usaha Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Peluang UsahaSumber : freepik.com

Di kota-kota besar, kesibukan masyarakat semakin meningkat. Akibatnya, banyak orang yang memilih untuk makanan di luar atau memesan makanan siap saji. Untuk orang-orang yang ingin memasak sendiri juga terkendala dengan waktu karena harus berbelanja dan menyiapkan makanan di rumah.

Nah, usaha sayuran dan bahan makanan siap masak ini bisa menjadi peluang usaha rumahan unik yang bisa kamu coba. Bisa dikatakan usaha ini menawarkan berbagai menu masakan namun kondisinya belum dimasak. Meskipun begitu bahan-bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan, dibersihkan, dipotong, hingga ditakar. Artinya, pembeli hanya tinggal memasaknya saja.

Ini juga adalah peluang usaha rumahan unik yang belum ada saingannya. Untuk media promosinya, bisa menggunakan media sosial yang jangkauannya lebih luas.

3. Peluang Usaha Rumahan Barang Antik

Peluang Usaha RumahanSumber : freepik.com

Memang usaha barang antik sebenarnya sudah ada dari dulu. Akan tetapi, pada zaman sekarang bisa lebih luas karena barang antik bisa bermacam-macam. Hanya saja, target pasar barang antik memang tidak luas sehingga kamu perlu hati-hati jika ingin membuka usaha tersebut.

Sebelum memulai usaha ini, ada baiknya kamu perlu dekat dengan orang atau komunitas kolektor barang antik. Dengan begitu, kamu bisa tahu barang mana saja yang biasanya laku di pasaran.  Selain itu, bergabung dengan komunitas kolektor barang antik ini juga bisa mempelajari kondisi pasar baran-barang tersebut.

4. Usaha Daur Ulang

Peluang Usaha RumahanSumber : freepik.com

Masalah sampah memang jadi perhatian serius di seluruh dunia. Padahal, cukup banyak jenis sampah yang masih bisa dibuat atau daur ulang menjadi barang berguna. Jika kamu memiliki kreativitas tinggi, maka usaha daur ulang sampah ini bisa menjadi peluang usaha rumahan unik.

Ada banyak sampah yang bisa didaur ulang seperti kaleng minuman, aneka plastik, potongan kain dan lain-lain. Kamu bisa mengubah barang tersebut menjadi produk yang sama atau bisa juga menjadi barang baru.

5. Kerajinan Rotan

Peluang Usaha RumahanSumber : freepik.com

Pada dasarnya, kerajinan rotan juga bukanlah usaha yang baru. Meskipun begitu masih sedikit pengusaha yang mau membuka bisnis satu ini. Tidak jauh berbeda dengan usaha daur ulang, kerajinan rotan ini juga memerlukan kreativitas sehingga mampu diterima oleh pasar.

Jika daerah kamu belum ada yang menjual kerajinan rotan, maka ini bisa menjadi peluang usaha rumahan terbaik. Hal yang diperhatikan saat membuka usaha ini adalah inovasi dalam menciptakan barang-barang yang pernah dibuat sebelumnya.

6. Peluang Usaha Rumahan Florist

Peluang Usaha RumahanSumber : freepik.com

Usaha florist ini juga sudah ada sejak lama, namun mulai populer dalam beberapa tahun terakhir. Florist atau toko bunga saat ini tidak hanya menjual bunga saja, tetapi juga mendesain dan juga merangkai buket bunga.

Seperti yang kita tahu bahwa permintaan buket bunga terus meningkat. Apalagi pada saat momen wisuda, permintaan buket laris manis dicari pelanggan. Kini, permintaan buket bunga tidak hanya pada acara wisuda saja, tetapi juga merambah ke momen lain seperti pernikahan, ulang tahun, peresmian, dan masih banyak lagi.

7. Souvenir Pernikahan Custom

Peluang Usaha RumahanSumber : freepik.com

Peluang usaha rumahan unik yang terakhir adalah membuat souvenir pernikahan custom. Saat kamu sering diundang ke pernikahan, mungkin pernah merasa desain souvenir pada tamu terlihat kurang variatif. Di sinilah kamu bisa membuka usaha baru seperti souvenir pernikahan dengan kreasi sendiri.

Selain menyediakan jenis cinderamata yang unik, kamu bisa juga menerima jasa kustomisasi souvenir pernikahan sesuai dengan keinginan pelanggan. Untuk harganya tentu disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan batas minimal pesanan yang sudah ditentukan.

Demikian peluang usaha rumahan unik yang cocok untuk tambahan penghasilan. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dalam membuat usaha baru.  

Leave a Reply