7 Tips Pinjam Dana Untuk Modal Usaha - Smartertech

7 Tips Pinjam Dana Untuk Modal Usaha

pinjam dana untuk modal usaha

Pinjam dana untuk modal usaha saat ini bisa dijadikan pilihan alternatif untuk Anda yang ingin membuka bisnis. Tidak bisa dipungkiri, modal seringkali menjadi masalah utama bagi seseorang yang akan membuka usaha.

Kendala inilah yang membuat orang akan mengubur niatnya dalam membuka usaha. Kegagalan dalam mewujudkan keinginan membuka usaha pun sekarang ini sudah ada jalan keluarnya.

Kini sudah banyak beredar layanan pinjaman modal usaha bagi Anda yang ingin membuka bisnis namun terkendala modal. Anda dapat memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan Anda dalam membayar cicilan.

Berikut Tips Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Yang Dapat Membantu Masalah Anda

1. Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Dari Bank

pinjam dana untuk modal usahasumber : folder bisnis

Bank menjadi solusi bagi sebagian orang yang sedang membutuhkan modal usaha, termasuk di dalamnya adalah mengajukan pinjaman modal. Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk pinjaman bank yang bisa Anda jadikan sebagai modal usaha.

BACA JUGA : Gunakan Aplikasi Berikut Untuk Memudahkan Catatan Keuangan Restoran Anda

Sesuai dengan namanya, pengajuan dari KTA ini pun tidak memerlukan agunan atau jaminan. Dengan adanya KTA inilah, calon peminjam bisa memiliki syarat kartu kredit ataupun tidak. Plafon dari pinjaman ini bisa mencapai nominal 500 juta rupiah.

2. Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Dari Fintech

2. Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Dari Fintechsumber : dunia fintech

Fintech atau singkatan dari perusahaan teknologi keuangan sekarang ini sudah banyak beredar luas. Termasuk pula di dalamnya adalah fintech p2p lending sebagai penyalur pembiayaan atau pun pinjaman.

Biasanya orang mengenal pinjaman jenis ini dengan sebutan pinjol. Pinjaman dana jenis ini pun bisa dijadikan sebagai solusi untuk modal usaha.

Namun perlu diingat adalah pengajuan pinjaman online disini harus yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), supaya Anda terhindar darii bunga yang tinggi.

3. Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Dari E-Commerce

Untuk saat ini mencari pinjaman modal untuk bisnis relatif mudah. E-commerce sekarang bukan hanya menjadi situs web jual beli online saja, tetapi juga sudah menyediakan layanan dan fasilitas pinjaman online, terutama kepada mitra penjualnya.

Sebagai contohnya adalah pinjaman online dari Tokopedia. Di sini sudah terdapat dua jenis modal pinjaman online dan juga dana instan.

Pinjaman online akan memberikan plafon mulai dari 1 juta rupiah hingga 1 miliar rupiah. Sementara itu, untuk dana instan dengan jumlah minimal 600 ribu rupiah dan maksimalnya 2,4 juta rupiah, jatuh tempo hingga 6 tahun lamanya.

4. Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Dari Pemerintah

Modal Usaha Dari Pemerintahsumber : finansial bisnis

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan program resmi dari pemerintah. Jenis pinjaman satu ini pun sudah disubsidi bunganya oleh pemerintah Indonesia, hingga para pelaku usaha kecil, mikro maupun menengah atau UKM bisa pula memperoleh tingkatan bunga yang begitu murah.

Adapun KUR mikro dari pemerintah ini sudah disalurkan melalui bank. Dengan total pada tahun ini hingga mencapai 253 triliun rupiah. Sementara itu bank BRI telah mendapatkan jatah paling banyak sekitar 170 triliun rupiah.

Untuk plafon pinjaman maksimal pada bank BRI ini bisa mencapai 50 juta rupiah, dengan suku bunga per tahunnya 6 persen, dan jatuh tempo selama 24 bulan.

Mengenai syarat dan cara pengajuan pinjaman melalui KUR mikro BRI, di antaranya adalah :

  • Perseorangan, memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan, menjalankan usaha di salah satu perusahaan online atau e-commerce, tidak sedang dalam menerima kredit dari bank lain, kecuali kartu kredit, KKB dan juga KPR
  • Tersedia melengkapi dokumen penting, seperti KTP, KK dan juga SIUP
  • Pengajuan pinjaman bisa secara online melalui situs resmi KUR BRI, atau pun offline dengan cara mengunjungi langsung kantor cabang Bank BRI maupun agen BRILink.

5. Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Dari Pegadaian

Modal Usaha Dari Pegadaiansumber : infoperbankan

Untuk solusi lainnya dalam mencari modal usaha adalah dengan meminjam langsung ke Pegadaian. BUMN ini mempunyai produk pinjaman usaha beserta dengan jaminannya.

Pinjaman modal usaha kreasi pegadaian yakni pemberian kredit dengan cara angsuran per bulan bagi UKM dengan menerapkan sistem fidusia. Jaminannya pun bisa berupa motor atau pun BPKB motor.

Plafon pinjaman di sini mulai dari 1 juta rupiah sampai dengan 500 juta rupiah, jatuh tempo selama 48 bulan serta bunga 1 sampai 1,5 persen tiap bulan.

6. Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Dari Koperasi

Modal Usaha Dari Koperasisumber : unsplashed

KSP atau koperasi simpan pinjam bisa mencari salah satu alternatif untuk Anda yang sedang mencari dana. Koperasi ini secara sederhananya adalah sebuah organisasi dalam bidang ekonomi yang dijalankan demi menjaga kepentingan bersama.

Untuk kegiatannya pun biasanya menjalankan segala macam kegiatan simpan pinjam berdasarkan pada asas kekeluargaan. Pinjaman di sini memang khusus bagi para anggotanya saja.

Namun, Anda bisa mengajukan pinjaman dana untuk modal usaha dikarenakan seluruh proses pengajuan dan menjadi anggota koperasi sangat mudah dilakukan.

7. Pinjam Dana Untuk Modal Usaha Dari Dana Pribadi

Modal Usaha Dari Dana Pribadisumber : Unsplashed

Bagi Anda yang memilih untuk menggunakan dana pribadi sebagai modal usaha mungkin bisa jadi langkah tepat. Setidaknya Anda bisa sedikit lebih tenang karena tidak harus memikirkan keuntungan usaha yang sedang berjalan.

Anda pun tidak memiliki tanggung jawab kepada pihak mana pun, melainkan hanya kepada diri Anda sendiri. Meskipun demikian, Anda tetap mesti memikirkan masa depan usaha yang sudah dijalani.

Itulah beberapa tips mengenai pinjam dana untuk modal usaha yang ingin atau telah Anda jalankan

Leave a Reply