8 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan di Tahun 2022 - Smartertech

8 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan di Tahun 2022

Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

Dari tahun ke tahun kita sering menemukan berbagai jenis usaha baru. Tak pelak hal itu membuat dunia usaha menjadi sangat penuh dengan persaingan. Maka dari itu, membuat usaha yang langka tapi menguntungkan adalah sebuah tantangan tersendiri.

Di tahun 2022 ini memang cukup banyak usaha baru yang terus bermunculan. Artinya, peluang usaha langka yang minim pesaing itu kecil. Walaupun begitu, kita harus tetap berusaha dan selalu berinovasi agar keuntungan akan datang dengan sendirinya.

BACA JUGA : Siapa Sih yang Gak Kepo? Sederet Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Jika kamu sedang mencari ide usaha yang langka tapi menguntungkan di tahun 2022, simak ulasannya di bawah ini.

1. Bisnis Pohon Bonsai

Ide pertama membuat usaha yang langka tapi menguntungkan adalah bisnis pohon bonsai. Pada dasarnya, bisnis tanaman hias satu ini sudah sangat banyak dilakukan sejak tahun lalu. Namun, penjual tanaman bonsai masih jarang sehingga harganya lebih mahal dibandingkan jenis tanaman lainnya.

Untuk kamu yang memiliki hobi menghias tanaman, maka bisnis satu ini bisa menjadi peluang terbaik. Kamu pun bisa memasarkan usaha pohon bonsai melalui media sosial yang kini sudah marak dilakukan.

2. Ide Bisnis Food Truck

Bisnis food truck juga salah satu usaha yang langka tapi menguntungkan selanjutnya. Perlu kamu ketahui bahwa saat ini banyak lokasi yang menjadi pusat tongkrongan anak muda seperti taman, alun-alun, jalan dekat kampus atau perkantoran, dan lain-lain. Jika kamu menganalisis tempat-tempat yang strategis, kamu bisa memanfaatkan food truck sebagai tempat berjualan.

Metode jualan ini tidak harus memakai truk atau bus, tapi bisa juga menggunakan mobil yang jauh lebih efisien. Apalagi memakai kendaraan seperti mobil ini lebih mudah ketika berpindah-pindah lokasi. Kamu dapat mencari tempat yang ramai untuk berjualan seperti saat ada acara, festival, dan semacamnya.

3. Bisnis Makanan Tradisional Kekinian  

Bisnis makanan tradisional dari dulu hingga sekarang masih terus ada dan sulit tergerus dengan zaman. Akan tetapi, kamu bisa mencari ide yang langka tapi menguntungkan dengan menjual makanan tradisional kekinian.

Pada dasarnya, usaha ini tetaplah jualan makanan tradisional namun sudah mengalami modifikasi. Dengan begitu, pasarnya bisa lebih luas dan sangat menguntungkan. Apalagi dengan menjamurnya media sosial membuat kamu bisa promosikan bisnis ini dengan mudah.

4. Ide Bisnis Pet Shop

Memang benar, bisnis pet shop sudah sangat biasa jika kamu berjualan di kota-kota besar. Akan tetapi, usaha ini masih langka di beberapa kota kecil dan daerah pedesaan. Sebagian orang berpendapat bahwa minimnya pet shop di kota kecil karena target pasarnya sedikit.

Padahal pemikiran seperti itu tidak sepenuhnya benar. Hal itu dikarenakan masih banyak pecinta hewan yang membutuhkan kehadiran pet shop untuk keperluan hewan peliharaan. Kamu bisa lakukan survei kecil-kecilan mengenai peluang usaha ini di tempat tersebut.

5. Bisnis Makanan Luar Negeri

Bisa dikatakan usaha makanan luar negeri ini sering kita temukan di mall atau daerah perkotaan besar. Akan tetapi, usaha ini masih langka di berbagai kota kecil. Maka dari itu, bisnis makanan luar negeri adalah ide usaha yang langka tapi menguntungkan.

Tidak perlu makanan yang bermodal besar, kamu bisa usaha makanan luar negeri dari sisi jajanannya. Cobalah kamu survei terlebih dahulu jajanan luar negeri apa yang tengah menjadi tren di masyarakat saat ini. Ketika pasarnya sudah ada, kamu bisa buka usaha tersebut dengan modal yang cukup. Kamu pun buka usaha ini di berbagai tempat wisata yang banyak pengunjung.

6. Ide Bisnis Cuci Sepatu

Membuka usaha laundry tentunya sudah sangat banyak kita temukan, khususnya daerah perkotaan dan juga area kampus. Namun, membuka bisnis cuci sepatu bisa dikatakan masih sangat jarang. Jenis usaha yang langka tapi menguntungkan ini terdengar sepele dan kurang meyakinkan. Akan tetapi, keuntungannya cukup menjanjikan.

Untuk mencari target pasarnya, kamu bisa lakukan di berbagai perkotaan. Kamu bisa memasarkan usaha ini melalui media sosial. Kalau memungkinkan, kamu bisa buka usaha ini di berbagai tempat yang berpotensi.

7. Bisnis Foto Katalog Murah

Saat ini, masih banyak penyedia jasa foto katalog dengan harga yang cukup tinggi. Seiring dengan waktu, banyak UKM atau usaha rintisan yang belum memiliki modal besar untuk sekadar membuat foto katalog.

Maka dari itu, foto katalog murah ini juga termasuk ide usaha yang langka tapi menguntungkan. Ada beberapa keuntungan membuka jasa ini seperti kefleksibelan waktu, dapat mematok harga per produk, menaikan kreativitas, dan masih banyak lagi.

8. Bisnis Sewa Pakaian

Terakhir adalah bisnis sewa pakaian yang juga termasuk ide usaha yang langka tapi menguntungkan. Bisnis sewa pakaian ini sering dilakukan pada tempat-tempat wisata. Mulai dari anak-anak hingga kuliahan sangat menyukai sewa pakaian ini untuk dijadikan kostum foto di sana.

Untuk mengantisipasi baju mengalami sobek atau rusak, kamu bisa menerapkan kebijakan seperti denda dengan membayar beberapa persen dari harga aslinya.

Demikian 8 ide usaha yang langka tapi menguntungkan di tahun 2022. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi usaha kamu nantinya.

Leave a Reply