8 Tips Bisnis Kekinian yang Mudah Bagi Pemula Khususnya Gen Z - Smartertech

8 Tips Bisnis Kekinian yang Mudah Bagi Pemula Khususnya Gen Z

Tips Bisnis

Beberapa tahun terakhir ini, lapangan pekerjaan semakin sedikit karena adanya pandemi covid-19. Hal tersebut berdampak cukup besar kepada Gen Z yang baru saja lulus kuliah dan ingin mencari pekerjaan. Banyak dari mereka yang pada akhirnya membuka ide bisnis sendiri dan ada dengan bantuan tips bisnis di internet, namun sayang banyak juga yang merugi.

BACA JUGA : Ingin Bisnis Sukses? Ikuti Langkah-Langkah Awal Cara Memulai Bisnis Terkini

Nah, untuk kamu yang akan membuka bisnis sendiri, simak 8 tips untuk berbisnis yang kekinian berikut ini. Pastinya mudah banget untuk pemula!

1. Fokus Pada 1 Jenis Usaha

Fokus Pada 1 Jenis Usaha

Sumber : freepik.com

Sebagai Gen Z tentunya kamu sangat akan tertarik ketika melihat berbagai macam peluang bisnis yang tersedia secara online. Dengan banyaknya peluang tersebut, banyak orang yang malah menjadi bingung ingin melakukan bisnis apa.

Meski begitu, jika langsung lompat melakukan berbagai jenis usaha secara bersamaan, dan berharap salah satunya akan sukses juga bisa dibilang sebagai hal yang salah. Lebih baik pilihlah 1 jenis usaha yang menarik, lalu jalani sampai akhir. Dengan begitu semua ide dan pikiran kamu bisa lebih terarah.

2. Lakukan Ide Bisnis yang Kamu Sukai

Lakukan Ide Bisnis yang Kamu Sukai

Sumber : freepik.com

Untuk memilih 1 jenis usaha tersebut, tentunya kamu ingin yang paling menguntungkan bukan?

Sayangnya, banyak pebisnis pemula yang terlalu fokus terhadap keuntungan sampai mereka lupa untuk menikmati prosesnya, dan pada akhirnya gagal.

Ketika baru memulai bisnis, lakukanlah hal yang kamu sukai, dengan begitu kamu akan lebih fokus dan juga melakukannya dengan segenap hati dan pikiran. Pertama, lihat hobi kamu terlebih dahulu, setelah itu tentukan bisnis apa yang ingin kamu mulai.

3. Riset, Riset, dan Riset Ide Bisnis

Riset, Riset, dan Riset Ide Bisnis

Sumber : freepik.com

Setelah memilih jenis bisnis yang kamu ingin lakukan, kamu harus memulai riset. Supaya kamu mengetahui segala macam yang bersangkutan dengan bisnis kamu. Dengan melakukan riset, nantinya kamu akan mengetahui target pasaran, tren yang sedang diminati, serta kelebihan & kekurangan bisnis kamu. Dengan begitu kamu bisa memaksimalkan kelebihan dan meminimalisir kekurangan bisnis tersebut.

4. Manfaatkan Social Media

Manfaatkan Social Media

Sumber : freepik.com

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial, karena bisa dibilang ini adalah salah satu platform pemasaran yang gratis namun efektif. Setiap orang pasti memiliki media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dll.

Kamu bisa memperkenalkan produk baru, mengadakan promo, bahkan langsung menjual produk di platform tersebut.

5. Ide Bisnis Online Store

Ide Bisnis Online Store

Sumber : freepik.com

Online store atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dll juga bisa kamu manfaatkan. Di sana kamu bisa memasang produk yang kamu ingin jual. Sehingga memudahkan para konsumen untuk mencari dan membeli produk kamu.

6. Catatan Pembukuan (Anggaran)

Catatan Pembukuan (Anggaran)

Sumber : freepik.com

Memang kadang pembukuan atau anggaran ini terlihat sederhana dan tidak dilakukan. Padahal adanya anggaran ini sangat penting untuk melihat alur keuangan pada bisnis kamu.

Dengan adanya catatan pembukuan ini kamu bisa mengetahui di mana penyebab kerugian kamu & berapa keuntungan yang kamu dapatkan. Adanya anggaran ini kamu bisa memaksimalkan strategi bisnis seperti promosi, dan diskon.

7. Cari Keunikan Ide Bisnis

Cari Keunikan Ide Bisnis

Sumber : freepik.com

Kalau bisnis kamu sama dengan bisnis lainnya, kemungkinan besar kamu akan kalah saing. Hal ini karena bisnis mereka lebih dahulu berdiri dan punya nama. Maka dari itu, kamu harus bersaing dengan keunikan sehingga bisnis kamu memiliki nilai lebih.

8. Bersabar, Belajar, dan Nikmati Proses

Bersabar, Belajar, dan Nikmati Proses

Sumber : freepik.com

Tidak semuanya akan datang cepat, jadi kamu harus selalu bersabar dalam melakukan bisnis. Ada saatnya dimana momentumnya tepat, dan bisnis kamu berjalan dengan baik, maka kamu akan melesat. Jadi nikmati prosesnya dan terus belajar untuk mempersiapkan momentum tersebut.

Itulah kedelapan tips bisnis kekinian yang mudah bagi pebisnis pemula, terlebih untuk kamu para Gen Z. Jalanilah bisnis dengan kepala dingin, sehingga kamu bisa menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan.

Leave a Reply