Adaptasi! Penerapan F&B Service Modern bisa Bantu Bisnis Restoran Kamu Cuan Maksimal - Smartertech

Adaptasi! Penerapan F&B Service Modern bisa Bantu Bisnis Restoran Kamu Cuan Maksimal

F&B Service

F&B service merupakan sebuah layanan yang sering diberikan pada konsumen saat mengunjungi  tempat kuliner. Industri F&B (Food & Beverage) sudah ada dan juga berkembang sejak lama. Jika dulu penerapan bisnis F&B hanya berkutat pada kualitas hidangan saja, kini semua berkembang hingga ke bagian F&B service.

Pengertian F&B Service

Pada dasarnya, F&B service merupakan sebuah istilah yang menggambarkan pelayanan dalam penyajian makanan pada pelanggan. Umumnya, bisnis satu ini menawarkan layanan tersebut bersamaan dengan menjual produk makanan dan minuman.

Contoh penerapan F&B service ini  ada di warung makan, restoran, dan kafe. Biasanya, pemilik usaha akan menawarkan produk makanan dan minuman untuk dibeli atau bisa dinikmati pelanggan di tempat.

BACA JUGA : Pentingnya Penerapan Aplikasi ERP Dalam Bisnis Kuliner Era 4.0

Penerapan F&B Service Modern Pada Bisnis Restoran

Seiring dengan perkembangan zaman, sistem F&B service pun juga mengalami perubahan. Layanan F&B saat ini tidak hanya sekadar menyediakan tempat dan juga makanan saja. Pengalaman dalam menikmati hidangan yang menyenangkan juga jadi prioritas konsumen.

Hal ini bisa terjadi karena banyak orang lebih mengutamakan kepraktisan dan juga estetika ketika memilih produk makanan dan juga minuman. Ditambah lagi pengaruh dunia maya juga bisa menarik perhatian konsumen saat ini. Dengan begitu, makanan atau minuman yang dipesan harus enak, memanjakan mata, menyehatkan, hingga layanan terbaik.

Peran Teknologi dalam F&B Service

Tidak bisa dipungkiri kalau perkembangan teknologi saat ini juga ikut berpengaruh pada F&B service. Para pemilik usaha berlomba-lomba untuk menghadirkan teknologi canggih dalam F&B service. Contohnya ada dalam penggunaan aplikasi kasir dalam berbagai jenis usaha, khususnya bisnis F&B.

Beberapa tren teknologi yang bisa diterapkan pada industri F&B adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Kasir Pintar

Berbicara teknologi pada sebuah F&B, maka aplikasi kasir pintar juga termasuk di dalamnya. Pada awalnya, penggunaan aplikasi kasir pintar lebih banyak dipakai untuk restoran kelas atas. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah banyak penyedia aplikasi ini untuk pengusaha kuliner UMKM.

Salah satu contohnya ada pada aplikasi kasir dari ESB yang memakai sistem cloud. Aplikasi kasir ini didesain sedemikian rupa agar lebih sederhana dan mudah digunakan. Sistem yang ada di dalam aplikasi kasir baik ESB POS dan ESB POSLite sangat cocok untuk pebisnis F&B level UMKM hingga level enterprise.

2. Tampilan Menu dalam Tablet Pintar

Jika dulu tampilan menu disajikan pada sebuah buku menu, maka sekarang bisa disajikan dalam bentuk tablet pintar. Pemakaian tablet pada pemesanan makanan bisa jadi lebih praktis dibandingkan memanggil pramusaji untuk memberikan buku menu dan mencatat pesanan pelanggan.

Selain membuatnya lebih praktis, hal ini juga dapat menarik minat pelanggan agar mau datang ke restoran. Apalagi dengan keunikan menu menggunakan tablet bisa menjadi salah satu promosi menarik untuk mengundang calon konsumen lainnya.

3. Software Pengelolaan Keuangan

Tren teknologi yang sudah diterapkan pada industri F&B adalah software pengelolaan keuangan. Seperti yang diketahui bahwa pengelolaan keuangan adalah jantungnya dalam sebuah usaha. Jika pengelolaannya buruk, maka kelangsungan hidup usaha tersebut tidak akan berjalan lama.

Maka dari itu, penggunaan software pengelolaan keuangan menjadi sangat penting saat ini. Dengan adanya software tersebut, diharapkan bisa membantu dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik. Bahkan, beberapa aplikasi kasir pintar sudah tersedia fitur pengelolaan keuangan sehingga jauh lebih praktis.

Demikian penerapan F&B service modern dalam membantu bisnis restoran. Untuk kamu yang mencari aplikasi kasir dengan integrasi cerdas untuk menerapkan F&B service modern, produk-produk dari ESB bisa menjadi jawabannya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa aplikasi kasir dari ESB dirancang khusus untuk membantu pengusaha F&B baik dari skala kecil maupun besar. 

Dengan berbagai fitur menarik seperti otomasi pencatatan jual beli, laporan keuangan, manajemen meja, manajemen inventori, hingga manajemen karyawan dari usaha kuliner kamu bisa dilakukan dengan efisien dan mudah namun tetap profesional dan cerdas. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa kunjungi website resmi ESB, ya!

Leave a Reply