Ampuh! Ini 8 Cara Mengembangkan Usaha Kuliner - Smartertech

Ampuh! Ini 8 Cara Mengembangkan Usaha Kuliner

Usaha Kuliner

Usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati dan bisa dikatakan tak akan pernah mati. Untuk memulai suatu usaha kuliner dibutuhkan perencanaan yang matang dan juga pemikiran tentang cara mengembangkan usaha kuliner tersebut.

Industri kuliner saat ini mengikuti perkembangan zaman, mulai dari inovasi rasa hingga tampilannya. Sehingga menghasilkan gebrakan yang hebat di bidang kulinari mengikuti selera pasar.

Bisnis ini bisa menjadi suatu hal yang menantang serta mengasyikkan. Ini disebabkan karena ketatnya persaingan di antara para pelaku usaha kuliner.

Maka dari itu kita dituntut untuk selalu berinovasi dan juga berkreasi. Dan yang paling terpenting adalah kita harus memikirkan bagaimana cara mengembangkan usaha kuliner kita menjadi lebih maju, bisa diterima dengan baik oleh konsumen dan bisa bertahan lama.

Kita dituntut untuk selalu menghadirkan terobosan menu-menu yang tidak lekang oleh waktu. Sehingga para pelanggan akan selalu datang ke restoran kita. Cita rasa dari makanan juga harus tetap terjaga dengan baik, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran suatu bisnis kuliner.

Selain itu, keuntungan yang akan diraih cukup menjanjikan, karena setiap hari orang membutuhkan makan, terutama bagi para pekerja yang tidak sempat masak, tentunya mereka akan memesan atau makan makanan di luar.

Ini merupakan peluang bagi para pengusaha kuliner dalam memikat para pelanggan, dengan cara memanjakan lidah mereka dengan masakan-masakan yang bisa membuat mereka ingin makan lagi dan lagi.

8 Cara Mengembangkan Usaha Kuliner

Cara Mengembangkan Usaha KulinerSumber: freepik

Untuk meningkatkan keuntungan dalam usaha kuliner dibutuhkan cara untuk mengembangkan usaha tersebut. Berikut ini adalah 8 cara mengembangkan usaha kuliner yang akan Anda kelola agar semakin populer.

1. Tingkatkan Kualitas SDM

Tingkatkan Kualitas SDMSumber: freepik

Kualitas SDM menjadi sesuatu yang krusial di dalam usaha kuliner. Anda memiliki modal tapi tidak bisa memasak, maka jika Anda ingin membuka usaha kuliner lebih baik merekrut koki yang benar-benar handal dalam bidangnya.

BACA JUGA : ERP adalah.. Cari Tahu Manfaatnya Bagi Bisnis Restoran Disini

Selain itu kualitas SDM para karyawan dan juga pramusaji juga harus ditingkatkan, utamakan keramah tamahan serta kesopanan saat berhadapan dengan pelanggan tanpa memandang status sosial.

2. Desain Dari Tempat Usaha Kuliner Dibuat Semenarik Mungkin

Desain Tempat Usaha Kuliner Sumber: freepik

Jika dahulu saat mengunjungi sebuah restoran atau tempat makan hanya sekedar untuk makan saja, kemudian langsung beranjak pulang setelah selesai makan.

Tapi dengan berkembangnya zaman, para pemilik usaha menyulap tempat usaha mereka menjadi tempat makan yang nyaman dan juga membuat betah para konsumen untuk berlama-lama, sehingga menjadi ramai dikunjungi pembeli.  anda akan mengunjungi tempat makan hanya untuk bersantap lalu kemudian setelah selesai akan langsung pulang.

Oleh sebab itu, Anda harus berani mengubah desain restoran atau tempat makan Anda dengan desain yang lebih unik dan juga nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan fasilitas Wifi gratis agar bisa llebih menarik minat konsumen untuk berkunjung ke restoran Anda.

3. Gunakan Strategi Promosi

Strategi PromosiSumber: freepik

Kegiatan promosi merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk kita ke pasaran. Promosi dapat dilakukan secara offline maupun online. Namun promosi yang dilakukan secara online dirasa lebih efisien, karena dapat menjangkau seluruh nusantara bahkan hingga ke mancanegara.

Diperlukan strategi dalam mempromosikan usaha Anda agar dapat diterima dan menarik minat konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

4. Mulai Mempertimbangkan untuk Membuka Usaha Franchise

sumber : freepik

Setelah usaha kuliner anda dirasa maju dengan pesat, maka Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membuka usaha franchise, agar usaha tersebut bisa berkembang di tiap daerah yang berada jauh dari pusat tempat usaha Anda.

Sistem seperti ini banyak sekali digunakan oleh para pelaku usaha, khususnya usaha di bidang kuliner. Franchise sendiri adalah jenis usaha yang menjual brand atau merk Anda ke orang lain.

Dengan begitu, usaha yang Anda bangun akan semakin dikenal khalayak dan juga memiliki pangsa pasar yang semakin luas. Usaha Franchise menjadi salah satu pilihan untuk para pengusaha muda untuk memulai bisnis dengan modal yang relatif lebih kecil.

5. Buka Cabang Baru

Buka Cabang BaruSumber: freepik

Cara mengembangkan usaha kuliner lainnya yaitu dengan membuka cabang baru untuk usaha Anda. Jika usaha awal yang Anda rintis sudah laris dan juga merasa keteteran dengan membludaknya pelanggan yang datang ke restoran Anda, maka dengan membuka cabang yang baru akan menjadi sebuah solusi dalam mengembangkan usaha.

Cabang yang akan dibuka tersebut haruslah mencirikan usaha Anda sebelumnya, agar tidak mengecewakan pelanggan setia yang sudah menanti kesempatan tersebut. Jadi meskipun berada di cabang yang berbeda, tapi untuk rasa dan pelayanannya tetap sama seperti di tempat usaha atau restoran yang sebelumnya.

6. Hidangkan Menu yang Lebih Variatif dan Juga Inovatif

Hidangkan Menu yang Lebih Variatif dan Juga InovatifSumber: freepik

Bicara masalah menu, maka korelasinya tertuju pada rasa serta tampilan penyajian suatu makanan atau minuman. Jika rasa yang diberikan terasa enak, tapi dari segi penampilannya kurang menarik, tentu akan membuat ragu untuk mencicipinya.

Dan ini juga berlaku sebaliknya, jika tampilan yang disajikan menarik, tapi rasanya kurang enak di lidah, maka pelanggan akan enggan untuk kembali ke restoran kita.

Karena itulah dibutuhkan kreativitas dan juga inovasi dalam mengolah menu menjadi sesuatu yang menarik untuk dilihat dan menjadi ketagihan untuk dirasa.

7. Tingkatkan Kualitas Media Sosial

Tingkatkan Kualitas Media SosialSumber: freepik

Dalam kegiatan promosi suatu usaha kuliner yang dilakukan melalui media sosial, dibutuhkan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas media sosial, agar dapat menjangkau konsumen dimanapun berada.

Banyak terdapat channel marketing yang bisa dipakai untuk mempromosikan bisnis kuliner. Namun, sosial media marketing yang dirasa paling menjanjikan untuk bisnis ini. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kualitas media sosial untuk kepentingan promosi usaha:

  1. Bentuk tim pengelola untuk membantu anda mengelola konten promosi di sosial media dengan membentuk sebuah tim kecil khusus.
  2. Menentukan tujuan dari promosi melalui sosial media.
  3. Buatlah perencanaan untuk pembuatan konten dan juga jadwalnya agar lebih teratur serta terdokumentasi dengan baik.
  4. Memberikan respons terhadap komentar dari para pengguna sosmed di postingan yang ada publish.
  5. Coba iklankan usaha kuliner Anda di sosial media, seperti memasang iklan pada Facebook Ads dan juga Instagram Ads.
  6. Selalu memonitor usaha marketing via sosial media, minimal melihat berapa banyak jumlah like, konten populer yang sudah pernah dibuat dan juga engagements.

8. Hadir Dalam berbagai Aplikasi Pesan Antar Online

Hadir Dalam berbagai Aplikasi Pesan Antar OnlineSumber: freepik

Masukkan usaha restoran Anda ke berbagai aplikasi pesan antar makanan online, seperti go food, grab food dan aplikasi pesan antar lainnya. Dengan begitu usaha anda akan semakin dikenal orang, dan pastinya dapat meningkatkan omset Anda.

Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang potensial dan juga dapat dilakukan oleh siapa saja. Hal yang paling terpenting adalah kesungguhan dan sikap pantang menyerah dalam menekuni bisnis ini.

Leave a Reply