Apa Itu Cloud Kitchen Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Kuliner - Smartertech

Apa Itu Cloud Kitchen Serta Manfaatnya Bagi Bisnis Kuliner

Cloud Kitchen

Cloud Kitchen sekarang ini menjadi perbincangan yang menarik di industri bisnis kuliner. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang telah ada dan berkembang dari dulu hingga sekarang. Selama ini, bisnis kuliner identik dengan usaha restoran, booth, ataupun kafe-kafe dari skala kecil hingga menengah ke atas. Namun sayangnya, tidak selamanya bisnis kuliner dapat berjalan dengan lancar, seringkali kita temui bisnis kuliner yang tidak bertahan lama dan terpaksa harus tutup usaha.

Hal ini tentu menjadi kondisi yang tidak menguntungkan, mengingat modal dan biaya operasional yang dibutuhkan dalam bisnis kuliner juga tidak kecil. Munculah konsep ‘Cloud Kitchen’, sebuah konsep yang diharapkan dapat menjadi solusi menarik bagi para pelaku bisnis kuliner dalam menjalankan usahanya dengan lebih efektif dan efisien. Lalu, apa sih Cloud Kitchen itu? Apa sajakah manfaatnya bagi bisnis kuliner? Simak ulasan berikut ini ya!

Apa sih Cloud Kitchen itu?

Cloud Kitchen merupakan dapur kolektif yang digunakan untuk mengolah dan memasak makanan dari berbagai merek usaha makanan. Berbeda dengan restoran, satu lokasi Cloud Kitchen dapat dimanfaatkan oleh beberapa pemilik bisnis kuliner maupun jenis makanan yang dijual berbeda-beda.

BACA JUGA : 12 Ide Bisnis Berbasis Teknologi yang Perlu Anda Coba

Selain itu Cloud Kitchen tidak menyediakan fasilitas makan di tempat, pembeli hanya bisa memesan makanan menggunakan jasa pengiriman saja. Seringkali, Cloud Kitchen juga bekerjasama dengan beberapa jasa pengiriman makanan online untuk mengantar pesanan makanan pelanggan. Pelanggan juga bisa melakukan pemesanan berbagai makanan sekaligus loh! Cloud Kitchen dirasa memberikan begitu banyak manfaat bagi pelaku bisnis kuliner pemula maupun yang sudah lama menggeluti usahanya.

Cloud Kitchensumber: unsplash 

Manfaat Cloud Kitchen bagi Bisnis Kuliner

  1. Menekan modal dan biaya operasional bisnis kuliner

Penggunaan dapur kolektif tanpa harus memikirkan ruang dan fasilitas lain tentu dapat mengurangi modal yang dibutuhkan bagi pebisnis kuliner. Selain itu, Cloud Kitchen juga menjadikan biaya operasional lebih efisien karena sarana dan prasarana termasuk karyawan yang dibutuhkan tidak sebanyak membangun restoran pada umumnya.

  1. Produk bisnis bisa lebih dikenal konsumen

Munculnya bisnis kuliner dengan konsep Cloud Kitchen pada berbagai jasa pengiriman makanan online menjadikan produk lebih mudah ditemukan dan dijangkau pelanggan dari berbagai lokasi.

  1. Memudahkan pengembangan bisnis

Biaya operasional yang lebih efisien pada konsep Cloud Kitchen, membuat pelaku bisnis kuliner tidak perlu memikirkan anggaran untuk ruang lain. Sehingga pelaku bisnis bisa fokus dalam menjawab kebutuhan dan memenuhi ekspektasi masyarakat. Hal ini diharapkan bisnis kuliner dapat berkembang lebih pesat.

Itulah pengertian cloud kitchen serta manfaatnya bagi bisnis kuliner. Tingkatkan efisiensi restoran Anda dengan cloud kitchen!

Leave a Reply