Apa Itu Data Warehouse? Simak Penjelasan Berikut! - Smartertech

Apa Itu Data Warehouse? Simak Penjelasan Berikut!

Data Warehouse

Perusahaan besar tentu memiliki data perusahaan yang sangat banyak pula, terlebih seringkali data tersebut bukan hanya data internal perusahaan melainkan juga berkaitan dengan lingkup eksternal. Pertanyaannya, dimana sih perusahaan menyimpan data yang jumlahnya tentu sangat melimpah? Data Warehouse adalah salah satu jawabannya.

Fungsinya yang begitu besar dan vital, menjadikan Data Warehouse ini prioritas bagi para pemilik perusahaan. Lalu, apa sih sebenarnya Data Warehouse itu sendiri? Kenapa Data Warehouse begitu penting bagi perusahaan? Simak ulasan berikut ya!

Data Warehousesumber : unsplash

Pengertian Data Warehouse

Pengertian Data Warehouse adalah suatu sistem komputer untuk menyimpan atau mengarsipkan data dari berbagai sumber yang bisa diterapkan dalam suatu Perusahaan atau organisasi. Selain menyimpan, Data Warehouse juga berfungsi untuk menganalisis data historis pada suatu organisasi. Misalnya seperti data penjualan, gaji karyawan, dan informasi lainnya.

BACA JUGA : Cari Tahu Sistem Cloud ERP & Manfaatnya Bagi Bisnis Restoran

Kata kerja dengan istilah warehousing ini memiliki arti sebagai kegiatan untuk dapat mengumpulkan data dari berbagai sumber yang kemudian data tersebut akan diolah menjadi suatu informasi yang bertujuan untuk dapat memudahkan para pembaca dan dipahami oleh kepentingan dalam strategi bisnis.

Tentu saja teknik ini sangat berguna karena dapat memadukan antara teknologi serta komponen dalam membantu penggunaan data yang strategis.

Mengapa Data Warehouse Begitu Penting?

Setelah memahami apa itu Data Warehouse. Lantas, mengapa Data Warehouse ini begitu penting bagi perusahaan bahkan menjadi prioritas khusus dalam setiap perusahaan? Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut adalah fungsi dari Data Warehouse itu sendiri!

  • Menyimpan dan mengakses deretan data masa lalu yang lengkap
  • Memprediksi pola masa depan
  • Mengakses cepat dan terstruktur ke dalam suatu data yang dibutuhkan
  • Memberikan informasi yang konsisten untuk semua pihak
  • Melakukan proses integrasi data
  • Mengurangi proses analisis berulang

Data Warehouse ini bukan hanya digunakan oleh perusahaan start-up saja loh! Ternyata, penggunaan Data Warehouse juga sudah sangat luas, mulai dari sektor publik, penerbangan, telekomunikasi, perbankan, hingga kesehatan juga sudah menggunakan dan memanfaatkan fungsi dari Data Warehouse.

Karakteristik Data Warehouse

Dengan fungsi dan perannya yang begitu penting bagi perusahaan, kita perlu mengetahui karakteristik dari sistem kerja Data Warehouse nih! Berikut beberapa karakteristik dari Data Warehouse dalam menjalankan fungsi kerjanya!

Berorientasi Pada Subjek (Subject Oriented)

Sistem Data Warehouse diciptakan untuk dapat menganalisa suatu data berdasarkan subyek tertentu dalam suatu perusahaan atau organisasi. Selain itu, Data Warehouse memiliki ciri-ciri sebagai subject oriented, artinya dalam suatu desain sistem untuk dapat menganalisis didasari oleh subjek tertentu yang memang berkaitan pada perusahaan atau organisasi. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan dari Data Warehouse yang memiliki tujuan untuk menyimpan data serta menjadi penunjang untuk dapat mengambil keputusan secara tepat.

Terintegrasi (Integrated)

Karakteristik selanjutnya adalah terintegrasi karena Data Warehouse bisa menyimpan data yang memang berasal dari berbagai sumber ke dalam suatu format secara konsisten dan saling terintegrasi satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, data tidak bisa terpecah belah karena data tersebut merupakan data yang menjadi satu kesatuan untuk dapat menunjang dari konsep Data Warehouse itu sendiri.

Integrasi memiliki syarat yaitu sumber data bisa dipenuhi dengan berbagai cara namun harus konsisten dalam penamaan variabel, ukuran, coding & struktur yang konsisten dalam atribut fisik dari data tersebut.

Rentang Waktu (Time-Variant)

Pada keseluruhan data yang terdapat pada Data Warehouse bisa bilang akurat atau valid pada rentang waktu tertentu. Data ini akan selalu menyerap data yang telah tercatat pada Data Warehouse dari awal terbentuknya Data Warehouse tersebut sampai paling terbaru.

Seluruh data akan dijadikan sebagai bahan analisis dan mengambil keputusan yang valid pada rentan waktu tertentu. Misalnya seperti harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Apabila Anda ingin menjaga kevalidan data, maka elemen waktu pada Data Warehouse harus jelas pada rentang waktu tertentu. Hal ini dikarenakan record data pada Data Warehouse, waktu nya lebih besar dibandingkan dengan database operasional untuk kepentingan analisis data secara periodik.

Data Tersimpan Bersifat Tetap (Non Volatile)

Karakteristik ini memiliki arti data dalam gudang tidak diperbaharui secara real time namun jika di refresh pada sistem operasi secara teratur data yang baru ditambahkan sebagai suplemen untuk database bukan sebagai perubahan. Sistem database ini terus menerus akan menyerap data baru, dengan begitu data akan secara bertahap bersama-sama dengan data sebelumnya.

Komponen Data Warehouse

Agar dapat bekerja dengan baik, Data Warehouse membutuhkan beberapa komponen. Melansir Data Warehouse Information Center, komponen Data Warehouse diantaranya adalah:

  • Data Staging adalah sebuah data yang diekstrak dan juga di load dalam format yang sama dan tidak merubah nilai data.
  • Source Data adalah gudang data dari berbagai sumber, yaitu bisa dari data internal, eksternal, archived dan lain sebagainya.
  • Metadata merupakan komponen yang bisa memberikan penjelasan mengenai data melebihi kamus data. Metadata juga terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Metadata Operasional, Transformasi, Ekstrak, User.
  • Data Storage adalah sebuah media untuk penyimpanan data yang dikeluarkan datanya dari data staging.
  • Management & Control ialah suatu pengelolaan dan pengendalian yang terdapat pada data staging dan metadata.
  • Information Delivery adalah komponen untuk menyampaikan sebuah informasi pada pengguna.

Jadi seperti itulah mengenai apa itu Data Warehouse, pentingnya Data Warehouse, karakteristik hingga komponen-komponen yang ada di dalamnya sehingga Data Warehouse dapat menjalankan fungsi kerjanya dengan baik sebagai penyimpan data perusahaan atau organisasi. Dengan adanya Data Warehouse segala informasi dalam jumlah yang sangat besar dapat dirancang untuk monitor serta analisa dalam menjalankan bisnis.

Leave a Reply