ERP adalah.. Cari Tahu Manfaatnya Bagi Bisnis Restoran Disini - Smartertech

ERP adalah.. Cari Tahu Manfaatnya Bagi Bisnis Restoran Disini

erp adalah

Pernahkah Anda mendengar istilah ERP? Bila Anda adalah seorang pemilik bidang usaha atau bisnis di era modern saat ini, tentunya Anda tidak asing lagi dengan istilah ERP tersebut. Dahulu  ERP adalah  sistem yang dominan digunakan oleh pebisnis atau perusahaan-perusahaan yang berskala besar, namun seiring dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini, ERP telah banyak  digunakan oleh bisnis di berbagai kalangan mulai dari skala kecil hingga UMKM. Untuk mengenal lebih jauh tentang sistem ERP, pengertian, manfaat dan juga jenis sofware yang cocok untuk usaha restoran Anda, akan dibahas di artikel berikut ini.

Pengertian ERP

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah suatu proses konsolidasi pengumpulan serta pengorganisasian data bisnis yang melalui rangkaian perangkat lunak yang telah terintegrasi dengan baik. Software ERP di dalamnya berisi aplikasi dengan fungsi bisnis otomatis seperti laporan penjualan, produksi, akuntansi, dan lain sebagainya.

ERP memfasilitasi setiap operasi pada perusahaan Anda di tiap departemen. Sistem ini dapat membantu Anda dalam menangani bisnis, mulai dari bahan mentah produksi hingga sumber daya manusianya.

Implementasi ERP

Para pelaku usaha selalu berjuang dalam menyeimbangkan seluruh teknik penjualan mereka secara berbeda dengan mengorbankan salah satu sumber daya yang ada pada tempat yang lainnya. Maka perusahaan membutuhkan pekerja/staf tambahan untuk membantu mengelola setiap departemen, dan tentunya sistem seperti ini akan terus berlanjut hingga waktu yang cukup lama.

Jejak ERP pertama kali ditemukan pada bidang manufaktur, yaitu model EOQ (Economic Order Quantity), dengan sistem penjadwalannya berbasis kertas. Kemudian digantikan dengan sistem MRP (Material Requirements Planning), lalu di akhir tahun 1960 dikembangkan lagi menjadi sistem MRP II (Material Resource Planning II). Praktik ERP modern sudah dimulai sejak tahun 1990 yang disebabkan oleh kemunculan perangkat lunak yang terintegrasi langsung dengan operasi bisnis. Pencipta ERP adalah Gartner Group.

BACA JUGA : Inventory Control: Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Pada awal kemunculannya, istilah ERP hanya fokus pada perangkat digital yang memberikan kemungkinan bagi produsen dalam mengelola rantai pasokan barang/produk, mengontrol inventarisasi, mengotomatiskan akuntansi, dan masih banyak lagi. Sistem ERP saat ini banyak sekali ditemukan di berbagai kalangan industri. Bahkan saat ini software ERP tersedia di platform dan dihosting di Cloud.

Manfaat ERP Bagi Bisnis Restoran

Manfaat ERP

Sumber: freepic

Jika saat ini  Anda seorang pelaku bisnis restoran dan sedang mempertimbangkan dalam menerapkan sistem ERP untuk usaha Anda, untuk meningkatkan mutu dari sistem yang sudah  ada, atau mungkin Anda belum yakin untuk menggunakan sistem ini, maka ada baiknya jika terlebih dahulu Anda mengetahui dan juga memahami manfaat yang diberikan oleh sistem ini bagi bisnis Anda.

Untuk menjawab keragu-raguan Anda, ada baiknya Anda menyimak penjelasan tentang manfaat dari sistem ERP untuk bisnis restoran Anda:

Menjadikan bisnis Anda menjadi lebih agile

Dalam suatu bisnis yang berkembang dengan pesat, kemampuan dalam menanggapi suatu perubahan sangatlah penting. ERP yang bagus adalah sistem yang fleksibel, modular, dan juga cukup skalabel dalam beradaptasi dengan suatu dinamika pasar yang seringkali berubah yang diikuti dengan kebutuhan para pelanggan yang juga sering berubah.

Anda dapat mengimplementasikan aplikasi yang lebih spesifik yang dapat memenuhi kebutuhan usaha/bisnis Anda saat ini serta dapat menambahkan aplikasi yang secara langsung terintegrasi dan sesuai dengan kebutuhan saat usaha/bisnis Anda akan berkembang nantinya.

Membantu meningkatkan efisiensi serta produktivitas usaha secara drastis

Spreadsheet yang kurang efisien, alur kerja yang masih manual, dan juga software yang berbasis desktop tentunya dapat menghambat pertumbuhan pada bisnis Anda. Sistem ERP dapat merampingkan organisasi Anda dan juga dapat menempatkan semua data usaha/bisnis yang Anda kelola pada satu tempat, serta memberikan laporan yang  akurat dan juga dapat menghasilkan lingkungan kerja lebih efisien, berkolaborasi, dan berbasis data.

Menghemat biaya

Dengan menjalankan sistem ERP pada bisnis restoran Anda, akan menjadikan bisnis Anda menjadi lebih efisien dan lebih ramping. Banyak pelaku bisnis yang melaporkan sejak mereka menggunakan sistem ERP, usaha mereka bisa berkembang tanpa staf ekstra ataupun biaya IT. Dan tentunya ini dapat memangkas biaya yang sebelumnya harus mengeluarkan biaya ekstra untuk operasional usaha.

Meningkatkan keamanan dan aksesibilitas

Dengan menggunakan sistem ERP dalam operasional bisnis restoran Anda akan membantu meningkatkan sistem keamanan dan juga aksesibilitas sekaligus mengurangi berbagai resiko serta biaya.

Memindahkan aplikasi sistem ERP ke cloud akan memungkinkan Anda untuk dapat menskalakan, memperluas, serta meningkatkan bisnis Anda dengan cepat. Selain itu juga dapat meningkatkan visibilitas dan juga aksesibilitas, dengan memanfaatkan sepenuhnya kapabilitas dari sistem ERP.

Membantu dalam pengembangan bisnis restoran

Dengan menggunakan sistem ERP pada bisnis restoran  dapat menghapus ketidakefisienan, terbuangnya waktu dan juga sumber daya yang juga terbuang percuma. Sistem ini dapat memberdayakan bisnis restoran Anda menjadi lebih berkembang dan juga lebih optimal dari sebelumnya.

Jika Anda merasa terbebani oleh ketidakmampuan dalam memenuhi permintaan konsumen karena dibatasi oleh suatu sistem yang konvensional atau masih menggunakan sistem ERP lama yang stagnan, maka dengan meningkatkan sistem ERP lama ke modern akan membebaskan usaha Anda dalam mewujudkan potensi pertumbuhan yang sebenarnya.

Rekomendasi Software ERPSoftware ERP

Sumber : ESB

Sistem ERP adalah suatu solusi manajemen data yang akurat dan juga kuat. Sistem ini dapat merampingkan operasional usaha yang dapat bekerja secara otomatis dan terintegrasi dalam menganalisis data, sehingga akan menghasilkan manajemen data yang lebih akurat. Dengan menggunakan ERP pada bisnis restoran yang Anda miliki, maka Anda telah memberikan solusi yang terbaik bagi usaha yang sedang Anda kelola tersebut dalam pengoptimalan proses operasional.

Software yang merupakan adaptasi dari sistem ERP yang cocok dan sangat direkomendasikan untuk bisnis restoran adalah ESB Core. ESB Core merupakan software ERP tercanggih bagu industri Food & Beverage, yang dapat memonitor seluruh proses bisnis restoran hanya dengan 1 software. Anda juga akan disuguhkan sistem ERP yang sederhana dengan fungsi yang terlengkap.

Software ini memiliki teknologi yang terbaik yang dapat membantu melindungi aset bisnis Anda dari fraud. Dengan teknologi terjangkau yang bisa digunakan oleh bisnis F&B kecil sekalipun. Bahkan business flow dari  ESB Core telah digunakan oleh pelaku usaha besar di dalam dunia F&B.

ESB Core terhubung langsung dengan Banking API, tentunya menjadikan proses pembayaran akan lebih aman dan juga mudah tanpa perlu berpindah aplikasi.

Leave a Reply