Apa Itu Point Of Sale Dan Manfaat Menggunakan Point Of Sale - Smartertech

Apa Itu Point Of Sale Dan Manfaat Menggunakan Point Of Sale

Point Of Sale

Point of Sale atau biasa disebut dengan sistem POS merupakan bagian penting dalam jalannya proses operasional suatu bisnis. Jika mulanya fungsi sistem POS lebih dikenal untuk memproses transaksi penjualan, namun kini fungsi sistem POS sudah dapat digunakan lebih dari itu. Lalu, sebenarnya apa sih sistem POS itu sendiri?

Apa itu Point of Sales atau sistem POS?

Point of Sales (POS) adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha retail untuk memproses dan menyelesaikan transaksi jual beli. POS biasa digunakan pada beberapa sektor usaha seperti restoran, kafe, jasa laundry, kios pembayaran tagihan, dan sebagainya.

POINT OF SALE

Sumber: unsplash

Biasanya sebuah POS terdiri dari seperangkat mesin kasir yang sudah dilengkapi dengan cash drawer untuk menyimpan uang dan adanya printer untuk mencetak struk pembelian. Kini sudah banyak penyedia Point of Sale di Indonesia yang menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS, ada juga yang menggunakan perangkat khusus POS atau disebut terminal.

BACA JUGA : 7 Software Pos Terbaik Untuk Bisnis F&B Di Indonesia

Tidak hanya itu, kini dengan menggunakan sistem POS, mencetak struk sudah bisa dilakukan tanpa kabel yakni dengan bluetooth-printer. Tentunya sistem POS ini akan membuat kerja usaha retail atau bisnis yang melibatkan kegiatan transaksi rutin akan lebih mudah dan efisien. Yuk simak ulasan di bawah ini untuk manfaat sistem POS lebih detail pada usaha bisnismu!

 

Manfaat Point of Sale atau sistem POS

  1. Mencatat data transaksi jual-beli secara lengkap
  2. Memproses data transaksi yang ada menjadi laporan keuangan
  3. Mengantisipasi kekurangan bahan baku dan ketersediaan produk dengan terintegrasi pada sistem stok barang (inventory)
  4. Memberikan laporan penjualan usaha secara langsung atau online
  5. Segala macam bentuk perubahan terhadap data menu seperti harga dapat dilakukan dengan cepat
  6. Mencetak struk pembelian bagi pelanggan secara otomatis
  7. Melakukan kalkulasi otomatis sehingga dapat mempercepat proses transaksi
  8. Menerima dan memproses berbagai metode pembayaran baik itu tunai, non tunai, kartu debit dan kartu kredit, dan lain-lain.

Sebagai pelaku bisnis yang membutuhkan sistem POS pada usaha anda, penting sekali dalam memilih sistem POS yang telah dilengkapi perangkat dan teknologi unggul agar mampu menjawab kebutuhan usaha anda.

ESB menyediakan teknologi sistem POS yang memudahkan Anda mengelola bisnis usaha. Dengan menggunakan sistem yang kami bangun, Anda bisa lebih fokus menjalankan hal yang lebih esensial dalam bisnis. Teknologi yang dibangun ESB dapat digunakan pada berbagai jenis sektor bisnis. Bisnis Anda dapat lebih meningkat melalui efisiensi biaya, sekaligus tetap memberikan kenyamanan kepada konsumen melalui Point of Sale dari ESB.

1 Comment
  • Heru Kristanto

    Wah sistem point of sale sangat bermanfaat bagi soerang pengusaha. Ternyata banyak sekali fungsi dari point of sale dan menurut saya sangat workit untuk dipakai. Terimakasih min saya belajar banyak mengenai point of sale disini.

Leave a Reply