Apa Perbedaan Mesin Kasir & Point Of Sale - Smartertech

Apa Perbedaan Mesin Kasir & Point Of Sale

Mesin Kasir

Jika Anda adalah para pelaku bisnis pada sektor toko retail ataupun restoran, tentu sistem manajemen penjualan tidak bisa Anda abaikan. Baik itu menggunakan mesin kasir konvensional maupun Point of Sale atau biasa disingkat dengan POS. Keduanya lebih dari sekedar tempat menyimpan uang pada setiap terjadinya transaksi. Mesin kasir maupun POS dapat berperan untuk memproses transaksi maupun pengelolaan data penjualan secara akurat.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang perbedaan mesin kasir dengan Point of Sale (POS). Namun, sebelum itu Anda perlu tahu lebih dulu tentang pengertian masing-masing dari keduanya. Mesin kasir merupakan alat elektronik yang tidak terkomputerisasi dan memiliki fungsi utama yaitu merekam penjualan dan mengumpulkan uang tunai. Pada awal penemuannya di tahun 1879, mesin kasir ditujukan untuk pencatatan komponen pajak dalam penjualan. Mesin ini benar-benar bekerja dengan manual. Karyawan memasukkan data satu persatu untuk setiap transaksi di kasir. Ketika tombol “total” ditekan, laci akan terbuka dan bel akan berdering yang bertujuan untuk memberitahu manajer mengenai transaksi yang sedang terjadi. Berjalannya waktu, mesin kasir semakin berkembang dengan dapat digunakan untuk mencetak tanda terima transaksi. Hingga pada tahun 1970, pertama kalinya dipasangkan sistem kasir sederhana terbaru berupa pencetak tanda terima, pemindai barcode, laci uang tunai dan tombol NS (No Sale).

BACA JUGA : 7 Layanan Pinjam Uang Online Terpercaya, Aman, Cepat & Tanpa Jaminan

Berbeda dengan mesin kasir yang dalam operasinya masih manual, Point Of Sale (POS) merupakan sistem terkomputerisasi yang memanfaatkan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan berbagai fungsi selain hanya merekam penjualan. Dikenalnya sistem POS memberikan kemudahan proses pengelolaan penjualan dengan berbagai macam fitur canggih dan lengkap. POS sering digunakan pada perusahaan retail maupun restoran untuk transaksi bisnisnya. Sistem POS yang sudah terkomputerisasi dapat memudahkan pekerjaan karena dalam operasinya tidak sepenuhnya manual. Selain itu, perusahaan besar juga membutuhkan fasilitas cetak faktur dan nota yang berbeda-beda ukurannya, tidak selalu menggunakan struk kecil. Adanya sistem POS, menjadikan semua proses transaksi, akumulasi pencatatan harian, pengelolaan data keuangan, dapat dilakukan secara otomatis oleh sistem dengan cepat dan akurat.

Nah, sudah ada gambaran belum terkait mesin kasir dan POS? Lalu, apa saja sih perbedaan dari keduanya? Ada beberapa perbedaan yang menonjol dari fitur yang dimiliki mesin kasir dan POS. Mesin kasir dan POS sama-sama memiliki fitur laci uang tunai, pencetak struk penjualan, pemindah barcode, maupun tombol NS (No Sale). Hanya saja, pada sistem POS dilengkapi password untuk tombol NS yang ada. Terkait laporan penjualan yang dihasilkan antara mesin kasir dan POS memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Laporan penjualan dari mesin kasir cenderung sederhana, sedangkan laporan penjualan yang dihasilkan sistem POS dapat lebih kompleks karena sistem POS sendiri dilengkapi fitur pembaca kartu kredit, timbangan digital, manajemen staf maupun konsumen, pelacak persediaan stok barang, sistem berbasis cloud, dan juga dapat terintegrasi dengan software akuntansi maupun software lainnya yang digunakan perusahaan.

Mesin kasir manual sederhana mungkin cocok untuk beberapa bisnis kecil. Namun, agar lebih kompetitif serta pengelolaan bisnis yang lebih efisien, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan sistem POS pada bisnis yang Anda jalankan. Berikut beberapa perbandingan antara mesin kasir dengan POS. Sistem POS dapat membantu Anda mengembangkan bisnis karena berbagai keuntungan yang ditawarkan dari sistem POS dibandingkan mesin kasir. 

Keuntungan Menggunakan Mesin Kasir Vs Sistem POS

Mesin Kasirsumber : freepik

Mesin Kasir Point of Sale (POS)
  • Harga terjangkau
  • Mudah digunakan
  • Komponen yang digunakan sedikit
  • Memiliki fitur dasar laporan penjualan
  • Tidak membutuhkan pembaruan
  • Lebih efisien dan akurat
  • Memiliki manajemen persediaan barang
  • Mampu mengelola kinerja karyawan & inventaris
  • Kemampuan laporan penjualan yang lebih baik 
  • Program loyalitas/kartu hadiah
  • Metode pembayaran lebih beragam
  • Sistem akuntansi efisien
  • Penerimaan terperinci
  • Layanan cepat dan akurat

Dari ulasan dan tabel di atas kita bisa tahu bahwa mesin kasir memiliki fitur yang terbatas dibandingkan dengan sistem POS. Sehingga mesin kasir lebih cocok jika bisnis yang Anda jalankan masih relatif kecil dan transaksi yang terjadi setiap harinya masih tergolong kecil. Namun jika bisnis yang dijalankan tengah berkembang atau Anda ingin mengembangkan bisnis, penggunaan POS akan memudahkan sekaligus memberikan pengalaman baru dalam sistem manajemen penjualan bisnis yang Anda miliki.

Saat memutuskan untuk menggunakan sistem POS, maka Anda perlu mempertimbangkan perusahaan penyedia software yang mendukung penyediaan sistem POS pada bisnismu. Saat ini banyak sekali perusahaan penyedia layanan software sistem POS. Tentunya sebagai pelaku bisnis, Anda harus bijak dalam memilih perusahaan penyedia, beberapa pertimbangan patut dipikirkan matang-malang mulai dari harga jasa layanan, fitur yang diberikan, kemudahan penggunaan, dan lain sebagainya. Pertimbangan-pertimbangan ini tentunya menyesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan.

ESB bisa Anda jadikan salah satu daftar rekomendasi perusahaan penyedia software yang mendukung sistem POS dalam bisnismu. ESB POS merupakan serangkaian Software Kasir Online yang dapat menghubungkan pemesanan, dapur, waiters, kasir, dan pelanggan ke dalam 1 alur semi/full-otomatis. Sistem POS all-in-one yang ditawarkan dapat membantu meng-otomatisasi proses penjualan di outlet dengan cara yang paling efisien. Hingga saat ini, ESB POS telah banyak digunakan oleh brand besar ternama di Indonesia dan terpasang pada ribuan outlet, salah satunya BOGA Group. Selain itu, sistem pembayaran ESB POS sudah terkoneksi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti QRIS payment, OVO, Dana, LinkAJA, Gopay, TADA, QoQi, loyalty sistem, voucher sistem, multi bank ECR yang memberikan banyak pilihan pembayaran kepada pelanggan bisnis Anda. Nah, tentukan pilihanmu sekarang untuk merasakan pengalaman terbaik menggunakan sistem POS dengan software kelas dunia bersama ESB POS. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi ESB

Leave a Reply