Berikut 5 Jenis Mesin Kopi Espresso Untuk Cafe Pemula - Smartertech

Berikut 5 Jenis Mesin Kopi Espresso Untuk Cafe Pemula

Mesin Kopi Espresso Untuk Cafe Pemula

Saat ini bisnis kopi sangat banyak kita temukan di berbagai kota besar. jika Anda berencana membuka bisnis coffee shop, pastikan mengetahui jenis mesin kopi espresso. Alasan menggunakan mesin tersebut adalah untuk menghasilkan ektraksi biji kopi yang lebih berkualitas tinggi.

Pada dasarnya kita bisa membuat kopi dengan cara manual brewing. Hanya saja, tahapan pembuatannya bisa sangat lama. Apalagi sekarang banyak hal yang bisa dilakukan dengan praktis dan itu termasuk saat memesan segelas kopi. Maka dari itu, membeli mesin kopi espresso menjadi begitu penting untuk pengusaha coffee shop.

Tipe mesin kopi espresso saat ini terbagi dalam berbagai jenis berdasarkan kebutuhan penggunanya. Berikut 5 jenis mesin kopi espresso untuk cafe pemula yang sering digunakan.

BACA JUGA : Tips Memilih Software Kasir Cafe Bagi Pemula

1.     Super Automatic

Mesin kopi espresso pertama yang sering dipakai adalah jenis super automatic. Sesuai dengan namanya, mesin kopi satu ini bisa melakukan proses pembuatan kopi dalam beberapa tahapan, yakni menggiling, memadatkan, hingga memanaskannya sekaligus. Bahkan, semua proses tersebut bisa dilakukan sekaligus dalam beberapa menit saja.

Untuk pemakaiannya pun cukup mudah, Anda tinggal tekan tombol dan mesin akan bekerja membuat kopi sesuai pesanan. Dengan kecanggihan yang diberikan tentunya harga yang ditawarkan sangat tinggi. Rata-rata mesin kopi jenis super automatic ini ada di kisaran 30 Juta Rupiah.

2.     Automatic

Jenis mesin kopi espresso yang kedua adalah automatic. Bisa dikatakan mesin kopi jenis automatic memiliki desain yang lebih modern secara estetika dibandingkan poin sebelumnya. Apabila Anda pernah melihat Dolce Gusto dan Nespresso, maka mesin satu ini sudah tidak asing lagi. Mesin kopi espresso juga sering dikenal dengan istilah mesin pod coffee.

Beberapa pengusaha cukup menggemari mesin jenis automatic ini. Hal itu dikarenakan penggunaannya cukup praktis tanpa harus banyak belajar. Hal yang perlu Anda butuhkan adalah kapsul sebagai bahan baku. Setelah itu, nanti akan diolah secara otomatis oleh mesin tersebut dan akan menjadi secangkir kopi. Untuk harganya ada di kisaran 5-10 Juta Rupiah.

3.     Semi Otomatis

Mesin kopi espresso jenis semi otomatis merupakan mesin yang sangat banyak dipakai pengusaha kopi, khususnya kelas UMKM. Selain itu, mesin kopi jenis semi otomatis ini juga cocok untuk Anda yang ingin belajar menjadi barista profesional.

Di dalam mesin kopi semi otomatis mempunyai fitur-fitur yang mirip dengan jenis otomatis sebelumnya. Hanya saja, Anda bisa menakar, menggiling, hingga memadatkan kopi sesuai pesanan. Ada dua jenis mesin semi otomatis, yakni manual control dan programmable doses. Manual control artinya proses ekstraksi kopi bisa dihentikan secara manual sesuai keinginan. Sedangkan programmable doses artinya mesin secara otomatis akan berhenti setelah kopi mencapai takaran yang sudah diatur sebelumnya. Harganya pun cukup terjangkau, yakni kisaran 1-2 Juta Rupiah.

4.     Manual

Jenis mesin kopi espresso selanjutnya adalah manual. Sesuai dengan namanya semua proses pembuatan kopi berada di bawah kendali penggunanya. Biasanya mesin kopi espresso manual hanya digunakan sebagai alat latihan saja. Namun, tidak jarang ada beberapa coffee shop yang masih memakai mesin manual.

Cara kerjanya adalah pengguna harus menakar dan menggiling sendiri biji kopinya. Setelah itu, pengguna juga harus tamping, mengatur suhu dan tekanan, serta mengekstrak kopinya. Jika usaha Anda ramai oleh pengunjung, coba berpikir kembali menggunakan mesin kopi espresso manual. Meskipun begitu, harganya cukup terjangkau, yakni sekitar 1 Juta Rupiah.

5.     Profesional

Bisa dikatakan mesin kopi espresso jenis profesional adalah impian semua barista. Mesin kopi satu ini juga sering disebut sebagai mesin espresso komersial. Ukurannya sangat besar dan memiliki fitur sangat lengkap dibandingkan jenis sebelumnya.

Mesin kopi ini mempunyai lebih dari satu bagian pengekstrak kopi. Alasannya adalah untuk mempercepat produksi kopi dengan bahan dasar espresso. Karena memiliki fitur lengkap dan terbaik di kelasnya, tidak heran mesin ini banyak dipakai coffee shop skala besar. Bahkan, hanya barista pengalaman dan mumpuni saja yang dapat mengoperasikan mesin kopi espresso jenis profesional. Harganya ada di kisaran Rp 15 Juta Rupiah ke atas.

Demikian 5 jenis mesin kopi espresso untuk cafe pemula. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk usaha Anda.

Leave a Reply