Berikut 5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Transaksi Keuangan yang Akurat - Smartertech

Berikut 5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Transaksi Keuangan yang Akurat

Pencatatan Transaksi Keuangan

Keberadaan aplikasi pencatatan transaksi keuangan kini semakin dibutuhkan pemilik UMKM. Kemudahan dalam melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan dana bisnis semakin mudah dengan bantuan aplikasi tersebut. Sehingga penghitungan keuangan pun dapat dilakukan secara profesional, aman, dan tepat. 

BACA JUGA : Begini Cara Mendaftar UKM Go Online dan Dapatkan BLT Rp 600 Ribu

Nah, untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis dan membutuhkan aplikasi pencatatan transaksi keuangan, simaklah beberapa rekomendasi yang tepat di bawah ini.

1. ESB

Aplikasi Transaksi Pencatatan Keuangan ESB

Sumber : esb.id

ESB atau Esensi Solusi Buana adalah perusahaan yang menyediakan berbagai teknologi canggih yang bisa membantu memudahkan operasional pengelolaan restoran, kedai, hingga cloud kitchen. Fitur yang dimiliki oleh produk dari ESB di antara lain seperti pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, management inventory, hingga pemesananan bahan baku ke supplier. 

Selain untuk mencatat transaksi keuangan, teknologi ESB juga dapat terintegrasi secara langsung dengan bagian kasir, dapur/produksi, dan penyimpanan bahan baku. Hal tersebut disediakan pada salah satu aplikasi kasir milik ESB yakni POS Lite yang ditujukan khusus bagi UMKM kuliner.

Untuk memudahkan operasional bisnis kuliner, POS Lite dibuat dengan tampilan yang simpel sehingga mempermudah para pebisnis UMKM kuliner dalam mengoperasikannya. 

Selain itu POS Lite telah dilengkapi dengan sistem kasir digital. Sehingga pesanan pun secara otomatis masuk pada sistem dapur dan gudang. Laporan keuangan baik harian, bulanan, maupun tahunan pun disajikan secara terperinci. 

2. Aplikasi Pencatatan Transaksi TemanBisnis

Aplikasi Pencatatan Transaksi TemanBisnis

Sumber : temanbisnisapp.com

TemanBisnis merupakan aplikasi pencatatan keuangan yang dapat digunakan untuk ponsel bersistem Android. Aplikasi ini dikhususkan untuk pencatat keuangan untuk skala UMKM maupun pebisnis pemula. Desain tampilan yang sederhana menjadikan TemanBisnis mudah digunakan oleh penggunanya. 

TemanBisnis dilengkapi dengan fitur pencatatan transaksi, utang dan piutang, pengelolaan persediaan, hingga laporan keuangan. Sehingga seluruh pengelolaan bisnis pun dapat ditangani secara digital melalui layar ponsel. 

3. Aplikasi Pencatatan Transaksi Buku Warung

Aplikasi Pencatatan Transaksi Keuangan Buku Warung

Sumber : bukuwarung.com

Bagi kamu pemilik warung, toko, atau kelontong, Buku Warung adalah aplikasi keuangan yang harus dimiliki. Bukan hanya fitur pencatat transaksi keuangan, Buku Warung juga dilengkapi dengan fitur pengingat tempo penagihan hutang. Fitur ini membantu pengguna untuk mengingatkan tempo pinjaman pelanggan  agar membayar hutangnya tepat waktu.

Buku Warung juga memfasilitasi pemilik usaha untuk mengembangkan bisnis PPOB. Sehingga pendapatan kelontong kamu pun semakin meningkat. Pembayaran pesanan pun dapat dilakukan secara online yang dapat dikirim melalui link sehingga memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran.

4. Aplikasi Pencatatan Transaksi Si Apik

Si Apik merupakan aplikasi pencatat keuangan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI). Aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store ini pun dapat diakses meski tanpa jaringan internet. Sehingga tak perlu khawatir operasional bisnis terganggu apabila perangkat tidak terhubung ke internet.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu menginput transaksi dana masuk maupun dana keluar sesuai kondisi perusahaan. Maka laporan keuangan, laporan laba rugi, dan berbagai laporan lain pun tersaji untuk memudahkan kamu dalam menganalisis bisnis. 

Salah satu fitur menarik pada Si Apik ini adalah pengguna dapat mengajukan kredit modal usaha pada lembaga keuangan terkait. Pengguna tidak perlu repot menyiapkan berkas, sebab pengajuan dapat dilakukan berdasarkan laporan keuangan yang tersaji pada aplikasi tersebut.

5. BukuKas

Aplikasi Pencatatan Transaksi Keuangan BukuKas

Sumber : bukukas.co.id

Aplikasi pencatatan transaksi keuangan yang terakhir adalah BukuKas. Aplikasi ini cocok digunakan untuk usaha seperti kelontong, toko baju, toko buah, atau konter HP. Laporan penjualan harian pun dapat dengan mudah diselesaikan dengan bantuan BukuKas.

Fitur pada BukuKas terbilang cukup lengkap. Mulai dari pencatatan transaksi pemasukan dan pengeluaran, pengelolaan stok barang, pengiriman struk, dan masih banyak lagi. Hanya dalam satu aplikasi, pengelolaan usaha pun dapat terselesaikan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pencatatan transaksi keuangan yang akurat untuk kamu. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pastikan kamu telah memahami aplikasi tersebut dengan baik. Tentunya sesuaikan pula dengan jenis usaha milik kamu saat  ini. 

Leave a Reply