Berikut Beberapa Tugas Kasir Restoran Dalam Melayani Pelanggan - Smartertech

Berikut Beberapa Tugas Kasir Restoran Dalam Melayani Pelanggan

Tugas Kasir Restoran

Bisa dikatakan, tugas kasir restoran sangatlah penting. Tanpa adanya kasir, maka transaksi antara konsumen dan toko akan sulit dilakukan. Hal itu dikarenakan kasir sering identik dengan tugas pembayaran dan konsumen pun secara otomatis ke sana saat akan membeli suatu barang.

Meskipun terlihat mudah, ternyata tugas kasir restoran tidak hanya soal transaksi saja. Menjadi seorang petugas kasir harus memiliki kecepatan, kejujuran, teliti, hingga kemampuan berhitung yang baik dan tepat. Kira-kira apa saja tugas kasir restoran lainnya dalam melayani pelanggan? Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA : Bukti Nyata! ESB Dukung Digitalisasi UMKM  Kuliner di DNES, Surakarta

1.     Menghitung Pendapatan

Salah satu tugas kasir restoran dalam melayani pelanggan adalah menghitung pendapatan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa seorang kasir dituntut agar mempunyai kecepatan, kejujuran, dan juga kemampuan berhitung dengan tepat. Bisa kamu bayangkan kalau ada perhitungan yang salah dalam pendapatan harian restoran tersebut, maka orang yang akan disalahkan pasti pada bagian kasirnya.

Meskipun begitu, beberapa restoran saat ini sudah menggunakan aplikasi kasir seperti ESB POS dalam menghitung pendapatan harian. Dengan adanya aplikasi kasir, maka petugas kasir tidak perlu menghitung pembayaran dari konsumen secara manual. Semuanya sudah diproses secara otomatis sehingga mengurangi adanya kesalahan atau human error.

2.     Melakukan Transaksi Dengan Cepat Dan Ramah

Tugas kasir restoran ketika melayani pelanggan adalah melakukan transaksi dengan cepat dan juga ramah. Seorang kasir harus selalu menunjukan sifat ramah pada pelanggan baik saat pertama masuk hingga transaksi selesai. Sifat tersebut menjadi nilai tambah pada konsumen karena mendapatkan pelayanan terbaik.

Selain ramah, tentunya kecepatan transaksi di kasir juga menjadi perhatian. Konsumen tentunya tidak mau berdiri dalam waktu lama di depan meja kasir. Maka dari itu, keberadaan aplikasi kasir online bisa mempermudah tugas kasir lainnya. Dengan menggunakan aplikasi kasir online, maka proses transaksi bisa berlangsung lebih cepat dan tentunya akurat.

3.     Menjawab Telepon Yang Masuk

Mampu menjawab telepon yang masuk ke restoran adalah tugas kasir restoran lainnya. Biasanya di dalam kasir terdapat telepon untuk menerima segala macam informasi hingga pesanan dari calon pelanggan. Meskipun saat ini mungkin cukup jarang ada telepon di dalam kasir, namun sebagian lagi masih tetap ada yang menggunakannya.

Di sini seorang kasir mampu menjawab telepon dengan nada yang santun dan baik. Tentunya hal ini membuat sang penelepon merasa sangat dihargai dan senang dengan pelayanan restoran tersebut. Jangan salah! Sikap saat menjawab telepon dari calon konsumen bisa berpengaruh besar terhadap reputasi restoran tersebut.

4.     Memberikan Informasi Yang Dibutuhkan Oleh Konsumen

Ketika konsumen menanyakan soal harga terbaru maupun stok makanan yang tersedia, maka hal ini juga menjadi tugas kasir restoran. Memang pada restoran-restoran saat ini sudah mencantumkan harga makanan pada beberapa tempat yang dijangkau oleh konsumen. Meskipun begitu, tidak jarang juga ada konsumen yang tetap ingin bertanya hal tersebut.

Selain itu, pada saat melakukan pembayaran, pastikan kasir bertanya ingin melakukan metode pembayaran apa. Tentunya dengan catatan restoran tersebut memiliki metode pembayaran yang lengkap, biasanya dengan aplikasi kasir online maka outlet bisa menyediakan metode digital payment (OVO, GoPay, Dana, dsb). Tidak lupa juga untuk memberikan informasi pembayaran lengkap pada konsumen sebelum membayarnya.

5.     Menerima Pesanan dari Konsumen

Pada beberapa restoran sudah menerapkan sistem pesan dan langsung bayar. Dengan begitu, tugas kasir restoran adalah tidak hanya melayani transaksi pelanggan, tetapi juga mulai melayani pemesanan pelanggan yang secara langsung atau pemesanan online. Di sinilah, kasir harus teliti dan juga mendata pesanan pelanggan secara teliti.

Agar lebih mudah dalam menerima pesanan konsumen, akan lebih baik menggunakan aplikasi kasir online. Pasalnya, aplikasi kasir online dapat terintegrasi langsung dengan software lainnya sehingga proses pemesanan bisa lebih cepat.

Demikian beberapa tugas kasir restoran dalam melayani pelanggan. Dari ulasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa tugas kasir restoran cukup kompleks dari yang kita duga. Maka dari itu, keberadaan aplikasi kasir online secara khusus dirancang untuk mempermudah bagian kasir hingga pemilik usaha restoran. Jadi, sudahkah kamu mencoba aplikasi kasir?

Leave a Reply