Besarnya Pengaruh Teknologi Terhadap Bisnis Di Era Digital - Smartertech

Besarnya Pengaruh Teknologi Terhadap Bisnis Di Era Digital

Pengaruh Teknologi Terhadap Bisnis

Pengaruh teknologi terhadap bisnis begitu besar sekali dan dirasakan saat ini. Perkembangan teknologi sekarang ini justru membuat para pelaku usaha terus berinovasi supaya tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

Menurut survei dari KPCB dan Nielsen, sekitar 87 persen dari masyarakat Indonesia menyukai penggunaan produk yang berasal dari share community. Inovasi tentu harus dilakukan setiap saat untuk memajukan suatu usaha.

Sebagaimana yang terjadi saat ini, perubahan dalam dunia digital dan teknologi tentu tidak lepas dari masalah bagi perusahaan yang kadang masih menerapkan sistem bisnis tradisional saja.

Berikut ini beberapa pengaruh teknologi informasi terhadap bisnis yang mungkin sedang Anda rasakan saat ini. Jika belum, bisa Anda persiapkan untuk memulai bisnis usaha milik Anda pribadi. Simak penjelasan lengkap kami di bawah ini.

Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Bisnis

Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Bisnis

sumber: hipwee

Saat ini dunia teknologi dan digital berkembang begitu pesatnya. Perkembangannya pun hampir di semua aspek, termasuk di dalamnya adalah kegiatan industri usaha dan bisnis.

Pengaruh teknologi terhadap bisnis pun tidak dapat dipungkiri lagi. Sebagian besar perusahaan juga bakalan merasakannya. Oleh karena itulah, inovasi tentu menjadi hal penting dalam membangun usaha bisnis yang sedang Anda geluti sekarang ini.

Hemat Biaya Operasional

Pengaruh teknologi terhadap bisnis bisa menekan biaya operasional memang terlihat sekali pada era digital sekarang ini. Seperti halnya, Anda yang sedang membangun usaha took online. Mungkin dulu harus memiliki took atau pun menyewa took terlebih dahulu.

Biaya sewa dari toko tersebut memang cukup menguras pengeluaran Anda. Akan tetapi, berbeda halnya dengan era digital saat ini. Anda hanya perlu menggunakan toko online yang bisa dijalankan melalui ponsel atau laptop saja.

Tanpa harus membuka toko serta buka cabang toko diberbagai daerah. Cukup dengan ponsel saja, seluruh pengguna internet bakalan mengetahui dan berbelanja langsung ke toko online milik Anda.

Informasi Data Terjamin Aman

Selanjutnya pengaruh yang dirasakan dari perkembangan teknologi adalah  keamanan dari informasi serta data penting yang dimiliki. Semisalnya, Anda menggunakan email untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

Tentu saja keamanan mengenai data diri serta informasi hanya akan bisa diakses oleh admin perusahaan saja. Berbeda jauh dengan cara manual yang harus mengumpulkan berkas – berkas yang bisa dilihat oleh siapa saja.

Mampu Mengurangi Human Error

Human error bisa terjadi dan dapat merugikan bisnis usaha milik Anda. Mungkin bisa jadi karena kesalahan dari karyawan yang kurang teliti dan masih banyak masalah lainnya.

Nah dengan memanfaatkan teknologi sekarang, bisa untuk mengurangi masalah human error. Hal ini dikarenakan sistem sudah didesain sedemikian rupa, tugas dari para karyawan hanya mempelajari sistem tersebut supaya bisa meminimalisir masalah yang mungkin terjadi.

Beberapa Jenis Bisnis Berbasis Teknologi

Pengaruh teknologi terhadap bisnis tidak dapat dipungkiri lagi. Zaman sekarang sudah banyak sekali bisnis yang berjalan dengan menerapkan teknologi supaya lebih baik dalam pelayanan serta cakupan pasar yang luas.

Berikut ini ada 5 jenis bisnis dengan basis teknologi yang mungkin sudah sering Anda temukan, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bisnis Teknologi Aplikasi MobileBisnis Teknologi Aplikasi Mobile

sumber: bToz

Dari tahun ke tahun, perkembangan dari aplikasi mobile untuk smartphone terus mengalami pertumbuhan yang begitu pesat. Hingga sekarang, pasaran smartphone sudah menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu dari produk IT yang cukup menjanjikan adalah aplikasi mobile. Ternyata bisnis aplikasi mobile sedang marak dikembangkan oleh sebagian orang.

Apalagi untuk aplikasi mobile yang paling banyak diunduh adalah game. Tentu sudah bisa ditemukan beberapa bisnis yang menerima jasa pembuatan game untuk smartphone.

  1. Jasa Penulisan ArtikelJasa Penulis Artikel

sumber: gramedia

Khusus untuk Anda yang memiliki hobi menulis, tentu bisa menyalurkan hobi menjadi penghasilan tambahan.

Salah satu ide untuk peluang bisnis teknologi dalam bidang IT yang cukup asyik dilakukan adalah pekerjaan menulis. Ditambah lagi, bila Anda paham dan mengerti mengenai SEO, maka nilai jual dari artikel yang Anda tulis bakal lebih dihargai.

Anda juga dapat menawarkan keahlian menulis ini melalui forum diskusi atau pun bisa juga dari perusahaan atau agensi penulisan konten.

  1. Jasa Desain GrafisJasa Desain Grafis

sumber :  idntimes

Peluang besar di era digital sekarang dirasakan oleh jasa desain grafis. Tidak semua orang dapat membuat desain yang sesuai dan memiliki makna tersendiri, meskipun sudah mempunyai aplikasinya.

Harga jual dari sebuah desain pun cukup menguntungkan, tergantung dari skill yang dimiliki oleh para desainer.

  1. Bisnis Startup Produk ITBisnis Startup Produk IT

sumber: diadona

Bisnis bidang teknologi digital yang baru dirinci disebut dengan istilah startup. Membangun bisnis satu ini sebenarnya hanya membutuhkan konsep yang benar – benar matang. Untuk komponen lainnya masih bisa Anda temukan.

  1. Bisnis Web DevelopmentBisnis Web Development

sumber: berkarir

Website dijadikan sebagai usaha bisnis tentu sangat menjanjikan. Anda bisa mencakup pasar yang lebih luas dan tidak ada jangkauannya. Website ini termasuk dalam salah satu produk yang selalu diburu.

Pengaruh teknologi terhadap bisnis memang sangat dirasakan oleh semua orang, sehingga perlu untuk mengikuti perkembangan dari dunia digital.

Leave a Reply