Cara Bisnis Makanan Online untuk Ibu Rumah Tangga - Smartertech

Cara Bisnis Makanan Online untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Bisnis Makanan Online

Berbicara tentang bisnis makanan saat ini mungkin tidak akan pernah ada habisnya dari dulu hingga sekarang. Hal itu dikarenakan makanan adalah salah satu kebutuhan utama manusia sehingga keberadaannya akan selalu ada sepanjang zaman. Hanya saja yang membedakan adalah cara penyajiannya yang mengikuti perkembangan zaman. Jika zaman dulu harus dijajakan di pinggir tempat atau buka kios khusus, kini bisa bisnis makanan melalui sistem online. 

Untuk Anda yang merupakan ibu rumah tangga dan membutuhkan penghasilan tambahan, maka berbisnis makanan online adalah salah satu cara terbaik. Hanya saja banyak orang yang belum tahu apa yang harus dilakukan saat bisnis makanan online seperti saat ini. Sekalipun bisnis sampingan, tentu dibutuhkan usaha yang sama besarnya untuk membuat bisnis tersebut berjalan dengan baik (efektif & efisien). Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sistem POS untuk bisa mendigitalisasi serta mengorganisir pencatatan transaksi secara akurat. Anda bisa mencoba sistem POS Lite by ESB untuk merasakan kemudahan dalam sistem Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan kunjungi ESB.

Berikut Beberapa Tips Cara Bisnis Makanan Secara Online Berikut Ini

BACA JUGA : Tips Laris Jual Makanan Online di Marketplace Makanan

1. Memanfaatkan Media Sosial

Peran media sosial saat ini benar-benar memberikan dampak besar untuk sistem promosi maupun pemasaran produk seperti bisnis makanan ini. Untuk jenis platform media sosial saat ini juga cukup banyak tinggal Anda atur sedemikian rupa untuk memasarkannya di sana.

Semakin banyak promosi di media sosial, maka semakin besar juga peluang bisnis makanan Anda bisa dijangkau banyak orang. Apalagi untuk Anda yang merupakan ibu rumah tangga dan memiliki banyak waktu, maka bisa menggunakan cara bisnis makanan online satu ini.

2. Mendaftarkan Makanan di Aplikasi layanan Pencarian Restoran

Cara bisnis makanan online lainnya adalah mendaftarkan ke aplikasi layanan pencarian restoran seperti Zomato, Pergikuliner, Mangan, Foodsessive, dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut dapat mempermudah orang-orang untuk menemukan tempat makan sesuai keinginannya.

Jika Anda mendaftarkan bisnis makanan di sana, maka peluang dijangkau para calon konsumen cukup besar. Apalagi di dalam aplikasi tersebut menyediakan fitur rekomendasi, ulasan, serta layanan pesanan yang terhubung dengan bisnis Anda. Tentunya hal ini sangat memudahkan.

3. Bekerja Sama dengan Layanan Pesan Antar

Selaim poin di atas, Anda juga bisa memanfaatkan layanan pesan antar seperti GoFood atau GrabFood dalam promosi bisnis makanan online. Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, yakni calon konsumen mencari makanan kesukaannya dan akan diantarkan melalui layanan pesan antar.

Apalagi pengguna Grab maupun Gojek sudah sangat banyak sehingga peluang menggaet calon pelanggan pun sangat besar.

4. Berikan Diskon Maupun Promo

Meskipun bisnis makanan yang Anda kelola memiliki banyak saingan, namun Anda bisa mengakalinya dengan memberikan diskon atau promo khusus. Hal ini tentunya sangat efektif mengingat konsumen sangat suka dengan diskon atau promo karena harganya lebih terjangkau.

Anda bisa berikan diskon seperti gratis ongkos kirim, potongan harga, atau sejenisnya. Bisa dikatakan ini adalah salah satu cara bisnis makanan online yang cukup efektif.

5. Selalu Tampilkan Review dan Testimoni

Menampilkan review dan juga testimoni juga memberikan dampak besar pada bisnis apapun dan itu termasuk pada jenis makanan. Perlu diketahui bahwa semakin banyak respon positif dari konsumen sebelumnya, maka semakin besar peluang calon konsumen untuk membeli di tempat Anda.

Kalaupun ada respon kritik, sebaiknya Anda segera meresponnya dengan cepat sehingga menunjukan Anda profesional dalam melayani adanya keluhan konsumen.

Dari ulasan di atas, kita bisa tahu kalau cara bisnis makanan online untuk ibu rumah tangga itu gampang-gampang susah. Meskipun begitu, jika dijalani dengan konsisten, maka bukan tidak mungkin bisnis makanan Anda bisa tumbuh lebih besar. Untuk memberikan kemudahan dalam manajemen keuangan dalam bisnis makanan, tidak ada salahnya jika mencoba POS Lite by ESB.

Software POS Lite by ESB ini memberikan kemudahan untuk para pebisnis industri makanan dan minuman. Ditambah lagi, software ini sudah banyak dipakai untuk industri makanan kecil hingga kelas atas sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dengan memakai ESB ini, maka sistem keuangan bisnis Anda akan berjalan mudah.

1 Comment
Leave a Reply