Cara Simpel Membuat Laporan Keuangan Restoran - Smartertech

Cara Simpel Membuat Laporan Keuangan Restoran

CARA SIMPEL MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN RESTORAN

Salah satu indikator bisnis yang baik adalah laporan keuangan yang teratur. Laporan keuangan ini berguna untuk menganalisa dan mengevaluasi jalannya bisnis tersebut. Restoran sebagai salah satu usaha bisnis kuliner perlu memiliki laporan keuangan yang baik agar kondisi keuangan dapat dipantau dengan baik pula.

Kunci utama dari keuangan bisnis adalah mengurangi kerugian dan mengoptimalkan nilai keuntungan. Keuntungan inilah yang membuat bisnis dapat tumbuh dan bertahan. Bagaimana sih cara sederhana membuat laporan keuangan suatu bisnis restoran? Simak beberapa poin di bawah ini ya!

LAPORAN KEUANGAN RESTORANsumber: unsplash

1.    Manajemen Uang Masuk dan Keluar

Dalam mengelola bisnis, setiap uang yang masuk dan keluar harus selalu dipantau dan dikelola dengan tepat dan cermat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan pengambilan keputusan yang mengakibatkan kerugian di kemudian hari. Tentunya semua bisnis mengharapkan jumlah uang masuk lebih banyak daripada jumlah uang yang keluar.

BACA JUGA : Seberapa Pentingkah Aplikasi Kasir Restoran untuk Mendukung Sebuah Bisnis?

2.    Mencatat Seluruh Transaksi yang Ada

Selain arus uang masuk dan uang keluar, penting bagi pelaku bisnis untuk merekam setiap pendapatan dan beban yang dimiliki perusahaan. Catatan transaksi ini dapat dibantu dengan adanya bukti transaksi yang ada seperti nota, faktur, kwitansi, dan lain sebagainya. Termasuk penggunaan kartu kredit yang dimiliki perusahaan juga harus termonitor dengan baik ya penggunaannya!

3.    Melakukan Pendataan Inventaris

Dalam bisnis restoran tentu memiliki persediaan bahan baku maupun alat operasional seperti mesin, peralatan dapur, maupun sarana lainnya. Keseluruhan inventaris yang dimiliki perusahaan harus didata dengan baik secara konsisten dan keseluruhan. Hal ini bertujuan agar aset dan persediaan yang dimiliki perusahaan selalu terpantau dengan tepat untuk menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal pula.

4.    Perhitungan Laba Rugi Secara Periodik

Laba dan rugi yang dihasilkan oleh suatu bisnis perlu dilaporkan secara berkala, misalnya setiap minggu atau setiap bulan. Laporan laba dan rugi ini bertujuan untuk mengevaluasi jalannya usaha dan menganalisis pengambilan keputusan yang tepat dalam mengembangkan bisnis.

5.    Penggunaan Software Akuntansi Online

Meskipun setiap perusahaan telah memiliki tim akuntan dalam mengerjakan fungsi akuntansi secara berkala, namun adanya software akuntansi online dapat memudahkan pekerjaan tim akuntan sehingga waktu kerja dapat berjalan lebih efisien. Selain itu, sistem terintegrasi yang dimiliki software akuntansi online dapat dengan cermat melakukan pembukuan serta membantu melakukan analisa keuangan perusahaan secara komprehensif. Software terbaik termasuk sistem Point of Sale (POS), software keuangan, dan perangkat lunak untuk mengintegrasikan keduanya.

Nah, sekarang Anda sudah ketahui cara membuat laporan keuangan restoran. Terapkan cara-cara yang sudah dibagikan di atas, untuk bisnis restoran yang lebih rapi dan efisien!

Leave a Reply