Cari Tahu Sistem Cloud ERP & Manfaatnya Bagi Bisnis Restoran - Smartertech

Cari Tahu Sistem Cloud ERP & Manfaatnya Bagi Bisnis Restoran

Cloud ERP

Istilah software atau sistem ERP (Enterprise Resource Planning) tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pemilik bisnis terutama pada bisnis berskala besar. Pelaku bisnis dari berbagai sektor terutama bisnis yang telah memiliki banyak cabang dan ratusan hingga ribuan karyawan, tentunya ingin agar seluruh operasi bisnisnya berjalan cepat dan lancar tanpa adanya hambatan sedikitpun. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola seluruh kegiatan bisnis secara efisien adalah dengan menerapkan sistem Cloud ERP. Sebelumnya apa sih sistem cloud ERP itu sendiri?

BACA JUGA : Digital Supply Chain: Sebagai Langkah Memudahkan & Modernisasi Bisnis Restoran

Sistem ERP sendiri berfungsi untuk menyederhanakan berbagai kegiatan dalam berbagai aspek perusahaan. Sistem ini dapat mengintegrasikan seluruh departemen dalam perusahaan, seperti keuangan, pemasaran, inventaris, SDM, penjualan, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa hingga saat ini ada dua model ERP yang ditawarkan di pasaran, yakni ERP berbasis on-premise (konvensional) dan ERP berbasis Cloud.

Meskipun keduanya memiliki tujuan dan fungsi yang sama, namun kini banyak perusahaan yang telah beralih menggunakan Cloud ERP karena dinilai lebih efisien dan mudah digunakan. Cloud ERP sendiri secara definisi dapat diartikan sebagai generasi ERP (enterprise resources planning) yang merupakan aplikasi dan banyak digunakan pada manajemen suatu perusahaan modern. Perbedaan utama Cloud ERP dengan ERP konvensional adalah pada Cloud ERP semua aktivitas bisnis dan basis infrastrukturnya terletak di “cloud” yakni komputasi server pada data center.

Berikut berbagai manfaat Cloud ERP bagi bisnis restoran Anda!

Cloud ERPsumber : unsplash

  1. Menyederhanakan Proses Bisnis

Sistem ERP menyederhanakan berbagai proses yang kompleks seperti perencanaan produksi, pelacakan inventaris, pembuatan laporan keuangan, dan lain-lain. Sebagai contoh, departemen akuntansi tidak perlu menghabiskan banyak waktu atau menggunakan banyak spreadsheet untuk membuat laporan laba rugi atau arus kas. Sistem ERP memungkinkan mereka untuk menghasilkan laporan akurat hanya dengan beberapa klik saja. Sehingga laporan keuangan bisnis restoran Anda dapat disusun lebih cepat, mudah, dan akurat tentunya.

  1. Menghemat Biaya

Dengan sistem ERP, perusahaan dapat mengurangi biaya administrasi dan operasional karena sebagian besar proses bisnis diotomatiskan. Perusahaan dapat memangkas biaya yang digunakan untuk tenaga kerja karena sebagian pekerjaan dapat diselesaikan lebih mudah dan cepat melalui software atau sistem Cloud ERP. Perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli beberapa aplikasi yang berbeda untuk setiap manajemen. Selain itu, dengan laporan bisnis yang lengkap dan akurat, perusahaan juga dapat memprediksi pendapatan, permintaan konsumen, kebutuhan inventaris, dan lain-lain sehingga dapat mengatur anggaran dengan lebih bijaksana.

  1. Meningkatkan Efisiensi

Sistem ERP membantu perusahaan menghilangkan pekerjaan manual sehingga berbagai proses dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Misalnya, pencarian stok bahan baku di gudang dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik sehingga perusahaan dapat melakukan proses produksi dengan lebih cepat. ERP juga menungkinkan pemangku kepentingan untuk melihat KPI dari setiap divisi di perusahaan melalui dashboard sehingga mereka tidak perlu menemui manajer dari setiap divisi secara langsung hanya untuk menanyakan progress pekerjaan.

  1. Mengintegrasikan informasi

Perangkat lunak ERP memungkinkan setiap departemen untuk mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan tanpa mengganggu pekerjaan departemen lain. Sebagai contoh, departemen persediaan ingin mengetahui stok bahan baku di gudang dan permintaan pelanggan. Dengan bantuan sistem kolaboratif, mereka tidak perlu meminta datanya dari departemen penjualan, karena mereka bisa menghasilkan data tersebut langsung dari sistem.

  1. Memberikan Data Bisnis yang Akurat

Laporan bisnis berperan penting dalam proses pengambilan keputusan. Alat pelaporan canggih dalam sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporan mendalam yang akurat sehingga memudahkan mereka untuk membuat prakiraan (forecast) yang dapat membantu mengembangkan bisnis restoran mereka.

  1. Meningkatkan Mobilitas

Sistem ERP berbasis cloud atau situs web memungkinkan pemilik bisnis untuk memantau operasi bisnis mereka kapanpun dan dimanapun mereka berada dengan menggunakan perangkat seluler. Tanpa ERP, pemilik bisnis harus hadir secara fisik di kantor hanya untuk memastikan bahwa seluruh operasional berjalan lancar. Ini sulit dilakukan jika mereka memiliki banyak cabang restoran yang lokasinya saling berjauhan.

  1. Memaksimalkan Produktivitas

Karena berbagai pekerjaan berulang dihilangkan dan digantikan dengan fungsi software atau sistem ERP, karyawan dapat lebih fokus ke pekerjaan inti mereka dan mereka memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas atau proyek lain.

  1. Mengoptimalkan Keamanan Data

Perusahaan tidak perlu khawatir mengenai keamanan data, sebab sistem ERP memonitor titik akses dengan ketat. Pembatasan terhadap data juga dapat dikontrol oleh admin yang mengelola sistem, sehingga perusahaan dapat menjadikan sistem ERP mereka aman seperti yang mereka inginkan. Cloud ERP menjaga seluruh data penting perusahaan dengan aman. Data tetap dapat tersimpan secara offline ketika jaringan internet terputus dan akan di-sinkronisasi ketika jaringan internet kembali terhubung.

  1. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Sistem ERP memberikan akses cepat kepada Anda untuk melihat informasi dan riwayat pelanggan sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik. Perangkat lunak ini juga membantu Anda meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mempercepat proses order fulfillment.

  1. Meningkatkan Daya Saing

Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen dan perubahan teknologi yang begitu cepat, penting bagi Anda untuk mengadopsi sistem modern supaya Anda dapat memenangkan persaingan di industri bisnis restoran.

Solusi ERP dirancang untuk menawarkan fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan skalabilitas untuk pertumbuhan bisnis. Dengan perangkat lunak ERP yang tepat, bisnis restoran Anda dapat bersaing secara efektif dan efisien. Penting bagi Anda untuk bijak dalam memilih perusahaan penyedia software atau sistem ERP untuk mendapatkan fitur dan pelayanan terbaik.

ESB yang telah berdiri sejak tahun 2015 dengan klien yang telah mencapai angka ribuan bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk partner bisnis Anda. Melalui ESB Core, Anda sebagai pemilik bisnis dapat memonitor seluruh lingkup proses bisnis hanya dengan menggunakan 1 software. Anda akan disuguhkan ERP sederhana dengan fungsi terlengkap yang dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam menjalankan bisnis. Software ESB Core memiliki teknologi terbaik yang membantu melindungi aset Anda dari fraud. Tidak hanya itu, teknologi ini ditawarkan dengan harga terjangkau yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis F&B skala kecil sekalipun. Keistimewaan lainnya, ESB Core telah terhubung dengan Banking API, sehingga proses pembayaran menjadi lebih aman dan mudah tanpa perlu pindah aplikasi. Hingga saat ini, ESB telah dipercaya oleh berbagai perusahaan ternama dan telah digunakan pada ribuan outlet yang tersebar di Indonesia.

Leave a Reply