Ciptakan Ekosistem Digital Bisnis Restoran dengan Teknologi Terbaru, Yuk Simak! - Smartertech

Ciptakan Ekosistem Digital Bisnis Restoran dengan Teknologi Terbaru, Yuk Simak!

Bisnis Restoran

Bisnis restoran bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak akan pernah mati, karena semua orang membutuhkan makanan dan minuman. Namun menjalankan bisnis ini juga bisa menjadi sangat sulit, apalagi jika baru saja terjun ke bisnis ini tanpa adanya pengalaman.

Banyak sekali hal atau proses yang bisa terjadi kesalahan, dari mengurus keuangan, operasional, transaksi, produk, dan masih banyak lagi. Memperhatikan keseluruhan hal tersebut sebagai pemula di bisnis restoran bisa di bilang hal yang mustahil.

Tapi dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, kamu bisa menggunakan sebuah ekosistem digital, dimana sebuah bisnis restoran dapat memanfaatkannya. 

Namanya saja ekosistem, berarti semua hal dalam restoran harus berhubungan. Dari customer yang datang, transaksi, pembuatan makanan, penyediaan supply, dan sistem jual beli semuanya harus terhubung.

BACA JUGA : Restoran Naik Kelas! Berikut Rekomendasi Aplikasi Restoran Bisa Bikin Makin Untung

Salah satu ekosistem digital terbaik yang ada di Indonesia yaitu ESB dari PT Esensi Solusi Buana. ESB memiliki beberapa produk seperti aplikasi kasir serta sistem yang saling mendukung satu dengan lainnya, sehingga menciptakan ekosistem digital yang akan memudahkan penggunanya.

Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki ESB beserta kegunaannya:

1. Aplikasi Restoran ESB Order

ESB Order berfungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk melakukan order atau pemesanan. Ada beberapa cara dan keunggulan yang dapat customer lakukan dengan ESB Order ini yaitu:

        1. Pesanan untuk dibawa (pick-up)
        2. Makan di tempat (dine-in)
        3. Pesan Antar (delivery)

Memesan menggunakan ESB Order sangat mudah karena kamu cukup  scan barcode dan pilih salah satu jenis order di atas, lalu semua pesananmu akan langsung masuk ke sistem ESB POS yang ada di kasir. Selanjutnya,  kamu cukup membayar ke kasir atau melalui website restoran menggunakan uang digital.

2. ESB POS (Point Of Sales)

ESB POS adalah sistem kasir digital yang akan menerima pesanan dari pelanggan, baik yang memesan via ESB Order maupun walk in di restoran akan masuk dan diterima oleh kasir. Secara bersamaan dapur juga akan menerima pesanan dan langsung menyiapkan pesanan. Pada ESB POS ini, pemilik bisnis restoran juga dapat melihat semua transaksi, stok barang,  pembelian stok bahan baku, dan juga laporan keuangan secara langsung di manapun dia berada.

3. ESB Core 

ESB Core adalah sebuah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang merupakan  sebuah sistem yang bertujuan untuk membantu operasional bisnis restoran kamu secara keseluruhan. Dari penjualan, pembelian, manajemen inventori, dan juga laporan keuangan. Jadi dengan adanya sistem ini bisnis restoran kamu bisa tetap berjalan walaupun kamu berada di luar restoran.

Nah itulah teknologi ekosistem digital yang diciptakan oleh ESB untuk para pebisnis di Indonesia. Tentunya dengan menggunakan teknologi tersebut, bisnis restoran tidak lagi terlalu menakutkan, karena kamu bisa menjalani bisnis dengan efisien dan mudah.

Leave a Reply