Coba Program Kasir Ini untuk Bantu Efisiensi Bisnis Restoranmu - Smartertech
Thu. Feb 9th, 2023
Program Kasir

Bisnis kuliner seperti misalnya bisnis restoran masih menjadi salah satu primadona di kalangan pengusaha. Ada beberapa alasan tentunya yang mendasari hal ini, seperti misalnya yang utama adalah potensi keuntungan dan target pasar yang luas. Maka wajar saja, jika kemajuan teknologi pun juga merambah industri ini. Salah satunya adalah dengan penggunaan program kasir pada operasional bisnis restoran.

Bagaimana Program Kasir Bantu Efisiensi Bisnis?

Program Kasir

Program kasir memang dinilai menjadi salah satu inovasi teknologi yang sangat memudahkan pekerjaan dan transaksi bisnis dengan berbagai fitur-fitur yang ada di dalamnya. Apa sajakah itu? Berikut adalah berbagai fitur program kasir yang bisa bantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis restoranmu!

1. Fitur Rekap Otomatis dan Real Time

Banyak sekali pekerjaan yang akan terbantu dengan kehadiran program kasir. Seperti misalnya urusan perhitungan transaksi dan penyusunan laporan. Jika sebelumnya segala sesuatu yang ada hubungannya dengan pembuatan laporan keuangan harus dikerjakan manual satu per satu kini bisa dikerjakan secara otomatis.

Dalam pengerjaan manual, proses ini pun terkadang memakan waktu yang cukup lama. Karyawan pun dituntut setidaknya dua hingga tiga kali mengeceknya sebelum menyerahkan semua laporan keuangan. Belum lagi kemungkinan terjadinya kesalahan akan lebih rawan terjadi akibat human error. Selain menghemat waktu, program juga akan memberikan ketepatan dan keakuratan data laporan dan analisis untuk kemajuan bisnis di kemudian hari.

2. Fitur Pencatatan Orderan dan Penerimaan Transaksi

Berkat fitur program kasir yang satu ini seluruh proses transaksi yang terjadi dalam restoran kamu akan tercatat secara otomatis. Dengan begitu, sistem kerja karyawan di restoran kamu pun akan lebih cepat. Tak hanya itu, kerja mereka pun akan jauh lebih efektif dan sistematis. Dengan demikian, karyawan dapat lebih fokus untuk melayani pelanggan yang datang. Sehingga setiap orderan maupun komplain dapat ditanggapi dan dilayani dengan cepat dan tepat.

3. Program Kasir dengan Fitur Login: Pembatasan Akses

Tentu kamu tidak bekerja sendirian dalam menjalankan bisnis restoran. Dengan begini, maka penyalahgunaan hak akses dapat terjadi oleh siapa saja. Namun hal ini dapat kamu hindari jika mulai menggunakan program kasir yang dapat membantu dalam melacak dan mencatat seluruh transaksi di restoran kamu sehingga bisa meminimalisir terjadinya  kecurangan. 

Selain itu, sistem ini memiliki proses otorisasi antar level jabatannya. Seorang manajer dapat melihat seluruh proses transaksi termasuk nominal yang terkumpul dalam proses operasionalnya. Sementara itu, staf biasa hanya dapat melihat transaksi biasa misalnya transaksi berupa barang. Dengan begitu, setiap karyawan hanya memiliki akses sesuai peran dan posisi pekerjaannya. Kecurangan pun dapat lebih mudah diawasi dan diatasi sejak awal.

4. Program KasirFitur Multi Platform

Program kasir hingga saat ini sudah banyak didukung dengan kemampuan dapat terhubung pada berbagai platform dan perangkat yang berbeda. Berbagai perangkat seperti ponsel pintar maupun tablet dapat terintegrasi dengan kasir restoran. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi jika tidak dapat mengecek transaksi harian saat kamu sedang berada di luar restoran. Meski mobilitas tinggi, semuanya tetap aman terkontrol, deh!

5. Program Kasir dengan Fitur Dukungan Teknologi Cloud

Tentu kamu sudah paham bahwa apapun perusahaan kamu, penyimpanan data adalah hal yang penting dalam satu perusahaan, termasuk bisnis restoran. Tak sedikit pengusaha restoran khawatir akan kehilangan data penting mereka terutama yang menyangkut data transaksi. Namun saat ini kebanyakan program kasir restoran menggunakan teknologi cloud sehingga kamu dapat mengaksesnya dengan mudah selama kamu terhubung dengan internet.

6. Fitur Integrasi dengan Program Kasir Lainnya

Poin ini tak kalah penting dan tak boleh diremehkan adalah kemampuan program kasir untuk terintegrasi dengan berbagai software lainnya. Jika kamu ingin mulai menggunakan sistem yang baik untuk restoran kamu, cobalah untuk memilih sistem restoran yang lengkap. Software restoran yang baik biasanya akan terintegrasi dengan modul-modul penting lainnya mulai dari software CRM, software akuntansi, inventaris, sistem pembelian dan tentunya sistem POS restoran.

7. Fitur Varian dan Pencarian Produk

Fitur yang terdapat pada program kasir ini memungkinkan kamu untuk membuat daftar varian produk yang ada. Daftar ini dapat dikatakan sebagai tempat untuk mengelompokkan barang-barang sesuai dengan kategorinya. Maka dari itu, semua produk atau menu akan tercatat dengan rapi dan sistematis. Dengan begini, kamu tidak perlu lagi kesulitan dalam membuat data produk yang ada.

Selain itu, memiliki beberapa varian produk yang harus diatur setiap harinya memang bukanlah perkara mudah. Jika sebelumnya kamu bisa mengelompokkan produk berdasarkan kategorinya, kini selanjutnya kamu dapat mencarinya dengan mudah melalui fitur pencarian produk. Cukup masukkan keyword pencarian, informasi tentang barang atau produk akan mudah ditemukan. Tentu saja, kamu harus memberi nama yang sesuai dengan identifikasi produk, agar tidak menyulitkan saat proses pencarian.

8. Program Kasir dengan Fitur Metode Pembayaran

Di era sekarang, pembayaran tidak selalu tunai, melainkan juga non tunai dengan berbagai metode pembayaran. Melalui program kasir, cara pembayaran bisa dilakukan dengan lebih bervariatif dan prosesnya relatif cepat. Program ini memudahkan pelanggan untuk membayar melalui berbagai payment gateway dengan mudah dan aman. Belum lagi jika ada berbagai penawaran spesial atau diskon dengan metode pembayaran tertentu, ini akan sangat disukai oleh pelanggan. Dalam penyusunan laporan, kemudahan ini juga dirasakan untuk merekap semua transaksi dari berbagai channel pembayaran.

Itulah beberapa fitur yang ditawarkan oleh program kasir dalam memudahkan pekerjaan kamu dan karyawan kamu di restoran. Tentunya dengan penggunaan teknologi ini, kamu akan membutuhkan anggaran lebih untuk biaya langganan maupun perangkat pendukung lainnya. Namun, mengingat efektifitas yang ditawarkan, sepertinya hal ini patut kamu pertimbangkan.

Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis restoran, memilih program yang tepat akan memberikan pengalaman dan kemudahan terbaik untuk bisnis restoranmu. Salah satunya dengan menggunakan program kasir yang ditawarkan ESB POS, yang merupakan program kasir yang cocok sekali untuk kebutuhan bisnis F&B baik dari skala kecil, menengah, maupun besar. Aplikasi ini telah terintegrasi secara efektif dan efisien untuk memudahkan proses transaksi bisnis restoranmu.

Keandalan ESB POS sudah dibuktikan dan dirasakan hingga saat ini oleh berbagai bisnis kuliner, mulai dari UMKM hingga restoran besar seperti Starbucks, Boga Group, Ismaya Group, dll. Hal itu karena ESB POS bisa mengintegrasikan dengan baik seluruh alur pemesanan, mulai dari kasir, kitchen, waiter/waitress, dan food runner. Program kasir ini dijamin bisa memudahkanmu dalam mengurus operasional bisnis mulai dari otomasi transaksi, digital payment, manajemen meja, manajemen karyawan, manajemen menu, hingga manajemen stok bahan baku dan marketplace B2B. Gimana? Tertarik untuk menggunakan program kasir di bisnismu?

By Sekar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *